Senin, 14 Oktober 2019

PRINSIP HIDUPKU




May Rose Indah Pratiwi Tedjo
@N21-MAY




ABSTRAK
Suatu pandangan hidup merupakan hal yang mutlak untuk dimiliki oleh setiap manusia didunia ini. Karena dengan memiliki pandangan hidup seseorang dapat mengarahkan kehidupannya ke depan nanti. Dan dengan pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang akan membuat atau membentuk jati diri dari seseorang tersebut. Jadi diri adalah gambaran suatu sifat atau karakter dari seseorang. Jati diri dalam setiap orang biasanya berupa prinsip hidup yang membuat seseorang tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan tempat dia berada. Jangan sampai prinsip hidup yang kita miliki melanggar yang sudah di atur dalam agama dan norma-norma dalam masyarakat dan hukum. Seseorang yang memiliki prinsip hidup pasti juga memiliki arah hidup. Arah hidup adalah adalah merupakan pemahaman terhadap jati diri itu sendiri. Yang berarti tujuan dari kehidupan itu sendiri. Arah hidup itu bagaikan sebuah rel kereta api  dimana merupakan bagian dari kereta api dan selalu akan menunjukan kemana tujuan dari kereta api tersebut. Demikianpun arah hidup sebuah bagian dari kehidupan yang akan menunjukan kemana tujuan hidup seseorang apakah dia menjadi orang yang sukses di dunia atau menjadi orang yang gagal dalam menjalani kehidupan. L

KATA KUNCI : PRINSIP HIDUP

PENDAHULUAN
Prinsip hidup atau biasa disebut juga  dengan pandangan hidup adalah merupakan sebuah draft atau konsep dari kehidupan yang akan kita jalani. pandangan hidup yang dimiliki pada umumnya dimasyarakat adalah pandangan yang sesuai dengan agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Setiap manusia dilahirkan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan. Ada yang diberi keindahan secara fisik, tetapi kurang di segi intelektual. Ada yang diberi kelebihan di bidang ekonomi, tapi kurang di bidang lain dan seterusnya. Begitulah manusia dimana kelemahan dan kelebihan selalu ada di dalam dirinya. Itu sebabnya manusia memiliki keunikan sendiri-sendiri.

PEMBAHASAN
Macam prinsip hidup yang bermanfaat bagi pribadi atau orang lain :
·   Dengarkan Apa Kata Hatimu
 “ percayalah pada suara hati anda jangan mudah terpengaruh omongan orang lain “
·   Meniru orang lain sama dengan bunuh diri
Kenapa? Karena setiap manusia itu terlahir unik dan berbeda, jadi ketika kita masih punya niatan meniru orang lain maka anda sama aja dengan bunuh diri.
·   Apapun karya mu walaupun jelek usahakan otentik dan nggak meniru siapa-siapa
·   Hidup itu terlalu singkat jadi ‘hidup’lah sekarang
Masalah yang banyak dialami adalah kamu pikir kamu punya cukup waktu. Sehingga kamu sering berkata “nanti saja” untuk segala sesuatu yang hendak kamu capai. Padahal, kenyataannya kamu tidak punya cukup waktu, hidup ini jauh lebih singkat dari yang orang bayangkan. Jangan berikan dirimu sendiri kelonggaran sehingga kamu bermalas-malasan. Mulai lakukan apapun yang hendak kamu capai sekarang juga.
·   Kegagalan bukan berarti kehancuran.
Ketika gagal, banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu dari yang seharusnya untuk tetap terpuruk dan merasa hancur. Dari banyak waktu itu, banyak juga orang yang tidak sadar untuk segera bangkit dan mengevaluasi kegagalan. Padahal, kegagalan bukan kehancuran. Kegagalan tidak berarti kamu tidak akan berhasil di masa depan. Justru karena kamu gagal sekarang, maka kamu akan lebih menghargai kemenangan yang menunggumu nanti.
·   Kamu sama sekali nggak pintar ketika merasa lebih pintar dari orang lain
Ya ampun hari ini masih ada yang merasa pintar atau bahkan merasa lebih pintar dari orang lain? Kita mungkin akan benar” pintar ketika orang lain yang menilai nya bukan diri kita sendiri. berawal dari pengalaman pribadi yang pernah merasa lebih pintar atau sombong lah bahasanya tetapi pada saat saya melakukan hal yang saya sombongi seakan akan ilmu yang sudah saya miliki lenyap seketika dan pada saat itu saya merasa menjadi orang paling goblok sedunia, maka janganlah merasa lebih pintar dari siapapun ingatt! karena di atas langit masih ada langit dan begitu pun seterusnya
·   Masalah adalah sebuah tantangan

Ketika kamu hanya menyalahkan orang lain atas masalah yang muncul, maka masalah tersebut nggak akan bermanfaat untuk kamu. Di balik masalah, tersimpan kesempatan buat kamu untuk tumbuh lebih kuat.
·   Tidak semua yang kamu lihat adalah benar

Media sosial berdampak positif jika penggunanya paham betul cara mengelolanya dan bisa berpikir kritis. Rasa iri yang muncul karena melihat teman yang hidupnya terlihat sempurna di media sosial adalah fakta bahwa kamu belum memahami media sosial itu sendiri.
DAFTAR PUSTAKA
Rikaarbaf. 2019. Prinsip hidup seseorang.
Doktorpc. 2014. Pentingnya seseorang memiliki prinsip hidup.
Stella. 2018. 10 prinsip hidup yang berhasil dipelajari orang sukses sejak dulu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar