Selasa, 15 Oktober 2019

Baca ini hidupmu akan berubah


 AL VALRO, @P08-AL VARLO

PERINSIP HIDUP

                Teori

orang yang tidak memiliki prinsip hidup artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupan pun dapat dipastikan tidak mengalami kemajuan.

Kata kunci: sikap,pedoman,kemajuan

II.               Pembahasan

Cara hidup sukses yang sebenarnya adalah tidak terlalu mempedulikan soal tujuan, mereka yang sukses akan lebih fokus pada proses setiap hari yang bisa mereka lakukan dan selalu mencari solusi untuk menghadapi masalah yang ada didepan mereka sekarang, goal/tujuan hanyalah patokan kemana mereka harus pergi tapi diperjalanannya mereka bisa berubah-ubah dan fleksibel mengikuti keadaan yang ada, bahkan tujuan kitapun bisa saja berganti setiap saat, memiliki tujuan saja tidak akan membawa Anda kemanapun, action dan tindakan adalah yang paling penting, khususnya tindakan apa yang Anda lakukan sekarang juga.
Now or never
Prinsip utama orang sukses adalah now or never, lakukan sekarang atau tidak sama sekali, jika mereka memiliki suatu tujuan/keinginan yang ingin dicapai maka pertanyaannya hanya mau atau tidak, kalau mau maka segera lakukan dan cari cara apapun untuk menggapainya, kalau tidak ya tidak usah sama sekali dikerjakan.
Yang kita lakukan sekarang harus penuh dengan kesadaran dan tanggung jawab,yaitu:

ü    Optimis menghadapi situasi baru
Setiap kesempatan dan hal baru yang kamu temui, kamu bisa  mendapatkan manfaat atau kesulitan. Kalau situasi tersebut membuat kamu hampir putus asa, berusahalah untuk tetap optimis dan ambil hikmahnya.

ü   Memulai hari dari hal yang disukai
Bela, hal pertama yang kamu lakukan setelah bangun tidur ternyata berpengaruh besar pada mood kamu seharian, lho. Mulai besok pagi, cobalah untuk melakukan hal yang kamu suka, misal beraktivitas sambil mendengarkan musik atau memasak sarapan favorit.

ü   Mencari teman yang baru dengan hobi yang sama
Mendapatkan teman saat kecil tentu lebih mudah jika dibandingkan mencari teman saat dewasa. Kalau kamu ingin menambah teman dan wawasan baru, bergabunglah dengan komunitas yang sesuai dengan minat kamu.

ü   Kebahagian selalu datang kepada dirimu
Jangan bayangkan kalau kebahagiaan adalah hal yang sulit dicapai. Coba deh diingat lagi, apakah kamu merasa bahagia ketika program televisi favorit kamu mulai, atau ketika kamu bisa bersantai dengan keluarga?

ü   Sediakan waktu untuk bersantai
Karena aktivitas yang padat dan waktu yang sempit, kadang kita lupa untuk beristirahat dan melihat keindahan di sekeliling kita. Luangkan waktu sekitar 15 menit dalam sehari untuk mengapresiasi hal-hal positif di sekitarmu.

ü   Jaga kesehatan
Kesibukan sebaiknya nggak dijadikan alasan untuk nggak menjalani gaya hidup sehat. Kalau kamu memang nggak ada waktu olahraga di pagi hari, kamu bisa berolahraga saat weekend atau memilih jalan kaki ke tempat yang nggak terlalu jauh. Perhatikan juga nutrisi makanan yang kamu makan.

ü   Menjaga motivasi
Saat mengerjakan tugas yang nggak kamu suka, hidupkan semangat kamu dengan memberi motivasi. Misal ketika kamu malas bersih-bersih rumah, beri reward kepada diri sendiri kalau kamu bisa memesan makanan favorit setelah seisi rumah bersih.

ü   Lakukan yang terbaik untuk diri
Kemampuan dan keahlian tiap orang memang berbeda, namun bukan berarti kamu bisa menggunakan kemampuan kamu setengah-setengah. Lakukan yang terbaik bukan untuk orang lain, tapi untuk dirimu sendiri. Kamu tentu selalu memilih yang terbaik untuk diri kamu, kan?

ü   Masalah adalah sebuah tantangan
Ketika kamu hanya menyalahkan orang lain atas masalah yang muncul, maka masalah tersebut nggak akan bermanfaat untuk kamu. Di balik masalah, tersimpan kesempatan buat kamu untuk tumbuh lebih kuat.

ü   Enggak semua yang dilihat itu benar
Media sosial berdampak positif jika penggunanya paham betul cara mengelolanya dan bisa berpikir kritis. Rasa iri yang muncul karena melihat teman yang hidupnya terlihat sempurna di media sosial adalah fakta bahwa kamu belum memahami media sosial itu sendiri.

ü   Mencintai diri sendiri
Saat merasa down, mintalah teman, bos, keluarga atau pacar untuk menulis hal-hal positif pada dirimu. Simpan dan bacalah tulisan mereka setiap kali kamu merasa putus asa. Jadikan tulisan mereka sebagai bukti bahwa kamu punya sesuatu yang lebih dari apa yang kamu pikirkan.

ü   Jangan lari dari tanggung jawab
Semakin cepat kamu menghadapi persoalan dan menyelesaikan tanggung jawab, hidup kamu akan terasa lebih ringan. Memangnya kamu mau hidup dengan gelisah karena dikejar tanggung jawab?

III.                KESIMPULAN

Dengan kita memiliki prinsip hidup, kita tentunya akan konsisten menjalani hidup. Akan lebih berkualitas karena paham apa yang diinginkan dalam hidup dan apa yang akan di tuju dengan prinsip hidupnya. Karena salah satu kunci kesusksesan adalah memegang teguh dan mengamalkan prinsip hidup dengan komitmen tinggi. Jika mampu berpegang teguh pada prinsip hidup, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kita harus melangkah dengan prinsip hidup yang positif, karena akan menjadikan prinsip hidup yang positif.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2013. Keharusan Memiliki Prinsip Hidup. Dalamhttps://solusik.com/prinsip-cara-hidup-orang-sukses/
Dalamhttps://www.popbela.com/career/inspiration/megadini/15-cara-pandang-yang-menunjukkan-seseorang-bersikap-dewasa-menjalani-hidup/full

Tidak ada komentar:

Posting Komentar