Sabtu, 19 Oktober 2019

Prinsip hidup



ABSTRAK

Pada era ini banyak orang yang hidup tanpa memegang sebuah prinsip, terutama para anak muda. Banyak anak muda yang hidup tanpa memiliki prinsip, padahal sebuah prinsip tidak bisa kita anggap remeh. Banyak orang-orang yang sukses itu karena meraka memiliki sebuah prinsip yang selalu mereka pegang teguh, dan karena prinsip juga lah para orang-orang sukses tersebut bisa bangkit kembali setelah mereka mengalami keterpurukan. Oleh sebab itulah sebuah prinsip hidup harus dimiliki oleh setiap manusia, agar mereka memiliki sebuah pegangan hidup




Pendahuluan
 Prinsip hidup atau biasa disebut juga  dengan pandangan hidup adalah merupakan sebuah pedoman atau pandangan untuk berpikir dan bertindak pandangan hidup yang dimiliki pada umumnya dimasyarakat adalah pandangan yang sesuai dengan agama dan norma-norma yang berlaku di masyarakat. Suatu pandangan hidup merupakan hal yang mutlak untuk dimiliki oleh setiap manusia didunia ini. Karena dengan memiliki pandangan hidup seseorang dapat mengarahkan kehidupannya kedepan nanti. Dan dengan pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang akan membuat atau mebentuk jati diri dari seseorang tersebut
prinsip hidup bahagia
1 Berkompromilah dengan kata-kata kamu
Kata-kata tidak kalah tajamnya dengan pedang. Bisa melindungi kamu dari gangguan, atau malah membunuh kamu sendiri. Berhati-hati dalam berkata menjadi satu kunci untuk menjaga diri kamu tetap aman dan bahagia. Sebuah kata akan menjadi sugesti, dan secara tak sadar kita membuat perjanjian pertama dengan diri kita lewat kata-kata itu.

Berkata lah dengan bijak, kepada diri-sendiri ataupun kepada orang lain. Buatlah kebahagiaan dengan diri kamu lewat kata-kata. Hindari lah penggunaan kata yang bernuansa gosip, menjelekkan orang lain, apalagi diri-sendiri. Namun, mulailah untuk mengapresiasi lingkungan, diri kita sendiri, dan dunia ini lewat rantaian kata-kata itu.

2. Jangan baperan
Sedikit senggol, dibawa kehati. Sekecil kritikan dimasukin ke hati, semua pemikiran orang dan asumsinya dibawa ke hati. Hidup tidak akan pernah menjadi aman, tentram dan bahagia kalo sedikit-dikit kita masukin ke hati. Justru efeknya akan terbalik. Kita tidak akan pernah merasakan kebahagiaan kalo semuanya kita masukin ke hati dan perasaan.

Ada yang meledek sedikit, dimasukin ke hati. Dihina sedikit dibawa perasaan. Percayalah itu tidak akan pernah menghasilkan kebahagiaan. Ketika kita tidak membawa perasaan dalam situasi apapun, dalam hinaan apapun, dalam perkataan apapun, situasi akan terasa mudah dikendalikan. Tidak ada konflik batin yang sebenarnya lebih sakit daripada konflik fisik. Jadi jangan mudah baperan untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup.

3. Jangan membuat asumsi
Di situasi apapun, jangan pernah membuat asumsi. Benar kata pepatah, asumsi kadang membunuh. Membuat asumsi sama halnya membuat kompromi dengan diri kita sendiri. Ironinya, setiap asumsi yang kita buat selalu diikuti dengan keyakinan bahwa asumsi itu benar dan terjadi. Dan ketika asumsi itu salah dan tidak terjadi, kita membuat konflik dengan diri kita sendiri. kita mengacaukan kebahagiaan kita sendiri hanya karena memikirkan sesuatu yang belum terjadi tapi diyakini benar terjadi. Simpel tapi menyusahkan.

Oleh karena itu, berhenti membuat asumsi pada hal apapun mengurangi kita merasakan apa yang tidak ingin kita rasakan. Hati dan perasaan pun akan lebih tentram dan hidup pun akan terasa lebih enteng dijalani.

Tidak berasumsi dan tidak membawa perasaan dalam hal apapun terbukti menjadi ramuan manjur untuk mendapatkan kebahagiaan hidup. Sebaliknya, berasumsi dan membawa perasaan dalam situasi apapun membuat kita dipenjara oleh pikiran kita sendiri, oleh hati kita sendiri. Itulah yang menutup pintu kebahagiaan untuk kita semua.

4. Lakukan yang terbaik
Apapun pekerjaannya, kegiatannya, tantangannya, tetap lakukan secara maksimal. Melakukannya dengan cara yang terbaik. Karena ketika hasil apapun yang didapat, melakukan hal yang terbaik membuat kita bisa mengapresiasi kerja dan hal kecil yang sudah kita lakukan.

Melakukan yang terbaik tidak akan menghasilkan sesuatu yang sama. Semua berubah dan akan terus berubah. Bisa jadi kita melakukan yang terbaik menghasilkan yang terbaik dan menghasilkan sesuatu yang tidak kita inginkan. Tapi, apapun itu, melakukan yang terbaik, tidak lebih tidak kurang, akan membawa kita pada kepuasan tertentu.


 Manfaat Memiliki Prinsip Hidup
1. Memiliki arah hidup yang terarah
2. Peka dalam menganalisis kondisi saat berada di manapun
3. Selalu berfikir positif
4. Mengigat Tuhan sebagai sang penolong
5. Menghindari kegagalan
6. Menumbuhkan semangat


Kesimpulan
    Dengan kita memiliki prinsip hidup, kita tentunya akan konsisten menjalani hidup. Akan lebih berkualitas karena paham apa yang diinginkan dalam hidup dan apa yang akan di tuju dengan prinsip hidupnya. Karena salah satu kunci kesusksesan adalah memegang teguh dan mengamalkan prinsip hidup dengan komitmen tinggi. Jika mampu berpegang teguh pada prinsip hidup, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kita harus melangkah dengan prinsip hidup yang positif, karena akan menjadikan prinsip hidup yang positi

Daftar pustaka
Anonim. 2019. Pentingnya Punya Prinsip Hidup. Dalam https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar