Senin, 14 Oktober 2019

Kalau Orang Lain Bisa, Kenapa Aku Tidak?

oleh : Rachmatika A.A 
(P18-ANANTIA, @JK 06)

I. Teori
     Prinsip hidup telah menciptakan berbagai tipe orang dengan tujuan yang berbeda. Prinsip hidup sangat penting bagi kehidupan, karena dengan memiliki prinsip hidup kita berarti mempunyai sebuah ketegasan yang kita ambil dalam hidup. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki prinsip hidup artinya hidupnya tanpa pedoman, tanpa sikap, tanpa pendirian, akan mudah terbawa arus dan akhirnya kehidupan pun dapat dipastikan tidak mengalami kemajuan.


II. Pembahasan
   Prinsip atau pendirian sangat penting dalam kehidupan. Orang yang memiliki prinsip artinya memiliki ketegasan sikap dalam hidupnya. Memiliki prinsip hidup membuat arah hidup fokus ada tujuan tertentu, agar optimis menggapai masa depan. Hidup tanpa prinsip adalah hidup tak terarah, akan mudah terpengaruh dan akan mudah terbawa arus kehidupan. Saat ini banyak orang yang merasakan krisis prinsip hidup. Tak tahu harus berbuat apa dan tak tahu tujuan hidupnya apa dan bagaimana. Banyak pula otang yang kemudian ikut-ikutan menjiplak prinsip hidup orang lain. Padahal prinsip itu tidak sejalan dengan suara hati atau mengabaikan hati nurani akan mengakibatkan kesengsaraan bahkan kehancuran. 
    Didalam mempertahankan prinsip hidup tersebut ada kaitannya dengan benteng pertahanan iman yang kita miliki masing-masing. Dimana semakin kuat benteng iman kita dalam mempertahankan prinsip hidup yang kita miliki maka kita tak akan pernah terpengaruh akan godaan dan bujukan orang lain yang berujung menggoyahkan prinsip hidup yang kita miliki. Memang prinsip dalam hidup sangatkah kompleks kaitannya bisa juga berkaitan dengan iman tadi dan Ketuhanan, masa depan atau cita-cita, pola hidup atau kebiasaan, dan lain sebagainya. arti sesungguhnya prinsip dalam hidup adalah suatu hal yang menjadi pegangan, tujuan, patokan, impian yang harus dicapai oleh setiap orang guna memperoleh kesejahteraan yang abadi.   

Cara Memiliki Prinsip Hidup
1. Optimis dalam menghadapi situasi baru
2. Memulai dari hal yang kamu suka
3. Mencari teman yang baru dengan hobi yang sama
4. Sediakan waktu untuk bersantai
5. Menjaga motivasi
6. Melakukan yang terbaik untuk diri sendiri
7. Mencintai diri sendiri
8. Jangan lari dari tanggung jawab

Manfaat Memiliki Prinsip Hidup
1. Memiliki arah hidup yang terarah
2. Peka dalam menganalisis kondisi saat berada di manapun
3. Selalu berfikir positif
4. Mengigat Tuhan sebagai sang penolong
5. Menghindari kegagalan
6. Menumbuhkan semangat

III. Kesimpulan
    Dengan kita memiliki prinsip hidup, kita tentunya akan konsisten menjalani hidup. Akan lebih berkualitas karena paham apa yang diinginkan dalam hidup dan apa yang akan di tuju dengan prinsip hidupnya. Karena salah satu kunci kesusksesan adalah memegang teguh dan mengamalkan prinsip hidup dengan komitmen tinggi. Jika mampu berpegang teguh pada prinsip hidup, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kita harus melangkah dengan prinsip hidup yang positif, karena akan menjadikan prinsip hidup yang positif.

DAFTAR PUSTAKA 

Anonim. 2013. Keharusan Memiliki Prinsip Hidup. Dalam http://gestasagittarius.blogspot.com/2013/04/keharusan-memiliki-prinsip-hidup.html

Anonim. 2019. Pentingnya Punya Prinsip Hidup. Dalam https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar