Jumat, 11 Oktober 2019

Peduli itu HARUS


@P08-AL VARLO,

Abstrak :

Sikap peduli sangat berperan penting dalam kehidupan kita yang sebagaimana manusia itu adalah mahluk sosial yang artinya kita hidup tidak sendiri, hidup butuh orang sekitar kita orang yang bisa memberikan dampak baik pada diri kita saat ini dan masa yang akan datang. Peduli  tidak hanya kepada diri sendiri, tapi peduli terhadap orang-orang bahkan lingkungan yang kita tempati.

Kata Kunci : peduli, ciri-ciri, remaja, cara mendidik

I.                 PendahuluaN

Kepedulian didasarkan pada hasrat secara penuh untuk membina ikatan dengan orang lain dan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun bagaimanapun cara terbaik untuk memahami apa itu kepedulian adalah dengan cara meihat bagaimana kepedulian tersebut dipraktikan. Kepedulian juga dapat didefenisikan sebagai sesuatu yang memiliki tiga komponen, yaitu :
1.     Pemahaman dan empati kepada perasaan dan pengalaman orang lain 
2.    Kesadaran kepada orang lain 
3.    Kemampuan untuk bertindak berdasarkan perasaan tersebut dengan perhatian dan empati.

II.               Permasalahan

Di jaman yang serba modern ini banyak sekali orang-orang yang mulai 
lalai terhadap apa yang sudah menjadi kepeduliannya. Kita ambil sebagai contoh, seorang pelajar lebih memilih untuk bermain atau berkutat dengan smartphone masing-masing dibanding mengerjakan pekerjaan atau tugas rumah (PR) yang sudah menjadi tanggung jawab seorang pelajar. Adalagi seorang ibu yang lebih mementingkan karirnya dibanding melaksanakan tanggung jawabnya menjadi seorang istri atau ibu rumah tangga. Lalu bagaimanakah cara kita memisahkan apa yang menjadi tanggung jawab untuk kita dan apa yang menjadi kesenangan.

III.        Pembahasan

·                     Pengertian peduli
Orang-orang yang peduli adalah orang-orang yang tidak bisa tinggal diam, melihat kelemahan, sikap berpangku tangan dan membiarkan keadaan-keadaan yang buruk terus terjadi di masyarakat.
Sikap peduli adalah suatu sikap untuk senantiasa ikut merasakan penderitaan orang lain, ikut merasakan ketika penderitaan sebagian masyarakat lain sedang sakit, ikut merasa bersedih ketika sebagian saudara-saudara kita ditimpa musibah bencana, kesulitan atau ditimpa keadaan-keadaan yang memberatkan dan membangkitkan rasa kasihan dan iba.

·                     Manfaat peduli
- Menumbuhkan rasa kasih sayang
- Menumbuhkan rasa toleransi antar sesama 
- Menumbuhkan sikap positif 
- Mengurangi rasa egois

·                     Jenis - jenis peduli
* Kepedulian yang berlangsung saat suka maupun duka
Kepedulian sosial merupakan keterlibatan pihak yang satu kepada pihak yang lain dalam turut merasakan apa yang sedang dirasakan atau dialami oleh orang lain. 

* Kepedulian pribadi dan bersama
Kepedulian bersifat pribadi, namun ada kalanya kepedulian itu dilakukan bersama. Cara ini penting apabila bantuan yang dibutuhkan cukup besar atau berlangsung secara berkelanjutan.

* Kepedulian yang sering lebih mendesak       
Kepedulian akan kepentingan bersama merupakan hal yang sering mendesak untuk kita lakukan. Caranya dengan melakukan sesuatu atau justru menahan diri untuk tidak melakukan sesuatu demi kepentingan bersama.

IV.             Kesimpulan
Orang-orang yang peduli adalah orang-orang yang tidak bisa tinggal diam, melihat kelemahan, sikap berpangku tangan dan membiarkan keadaan-keadaan yang buruk terus terjadi di masyarakat. Orang-orang peduli adalah mereka yang terpanggil melakukan sesuatu dalam rangka memberi inspirasi, perubahan, kebaikan kepada lingkungan di sekitarnya. Ketika ia melihat suatu keadaan tertentu, ketika ia menyaksikan kondisi masyarakat maka dirinya akan tergerak melakukan sesuatu. Apa yang dilakukan ini diharapkan dapat memperbaiki atau membantu kondisi di sekitarnya. Faktor yang mempengaruhi turunnya kepedulian yaitu tekhnologi (Hp, TV, Game).

DAFTAR PUSTAKA

Tabi’in, A. 2017. Menumbuhkan Sikap Peduli Pada Anak Melalui Interaksi Kegiatan Sosial. Dalam file:///C:/Users/us3r/Downloads/3100-10177-1-SM.pdf

Anonim. 2016. Cara Mengembangkan Kepeduli. [Online]. Tersedia : http://id.wikihow.com/Mengembangkan-Kepedulian [3 Oktober 2016]

Dalam https://esqtraining.com/pentingnya-punya-prinsip-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar