KERJASAMA
ANTAR SISWA
Oleh
: Hana Muyesca (@P10-HANA)
Abstrak
:
Pada
dasarnya perjanjian kerjasama umumnya berawal dari adanya perbedaan kepentingan
para pihak bersangkutan. Perumusan hubungan perjanjian kerjasama senantiasa
diawali proses negosiasi yang dicoba dipertemukan melalui adanya kesepakatan
para pihak.
Kata Kunci :
Kerja
sama
I.
Pendahuluan
Kerjasama merupakan
salah satu hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Eliane B.
Johson terjemahan Ibnu Setiyawan (2011: 168) menyatakan melalui kerjasama,
siswa juga dapat menumbuhkan sifat toleransi dan perasaan mengasihi kepada
siswa yang lain. Dengan kedua hal tersebut akan membuat hubungan siswa menjadi
harmonis satu sama lain.
II.
Permasalahan
Apa manfaat kita
melakukan kerjasama ?
III.
Pembahasan
3.1 Pengertian
Kerjasama
Ketrampilan bekerjasama
(Cooperative skills) menurut Johnson dan
Johnson (2009) adalah
“Kemampuan siswa untuk berperilaku kooperatif dengan
orang lain dalam
kelompok dalam menyelesaikan tugas-tugas bersama”.
3.2 Manfaat
Kerjasama
Kerjasama memiliki
berbagai manfaat. Dengan bekerjasama, siswa dapat mengembangkan berbagai
kemampuan yang mungkin belum diasah, juga untuk memudahkan siswa dalam mencapai
tujuan. Seperti yang disebutkan Harmin (dalam Isjoni, 2014: 24) “Kerjasama
antar siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat memberikan berbagai
pengalaman. Mereka lebih banyak 13mendapatkan kesempatan berbicara, inisiatif,
menentukan pilihan dan secara umum mengembangkan kebiasaan baik”. Penjelasan
dari pemaparan tersebut adalah sebagai berikut:
a) Mendapatkan
kesempatan berbicara
di dalam kerja
kelompok, setiap siswa akan mendapatkan kesempatan berbicara untuk mengeluarkan
pendapatnya. Hal ini akan melatih siswa untuk berani berbicara, mengembangkan
rasa percaya diri dan mengembangkan kecerdasan verbalnya.
b) Inisiatif
Ketrampilan inisiatif
juga perlu untuk dikembangkan dalam diri siswa. Di
dalam kelompok, siswa
diharapkan mampu mengembangkan sikap inisiatif atau sikap tanggap dengan
kegiatan di dalam kelompok
c) Menentukan
Pilihan
Menentukan pilihan di
dalam kerjasama, contohnya menentukan pilihan
ketua kelompok,
menentukan jawaban yang akan diberikan terhadap
pertanyaan guru dan
menentukan untuk berpartisipasi aktif terhadap
kelompok.
d) Mengembangkan
kebiasaan baik
Kebiasaan baik yang
dimaksudkan dalam kerjasama seperti mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap
kewajiban, melatih kemampuan akademik, melatih kemampuan interaksi dengan
teman, mengembangkan rasa percaya diri serta meningkatkan motivasi siswa.
IV.
Kesimpulan
Kerja sama antar siswa
adalah hal yang penting karena dapat menghasilkan manfaat, diantaranya adalah
mendapat kesempatan berbicara, inisiatif, menentukan pilihan, mengembangkan
kebiasaan baik.
V.
Daftar
Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar