Pengertian
Kerjasama
Pengertian kerjasama adalah
sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang atau juga lebih supaya dapat
mencapai tujuan ataupun target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga
disepakati secara bersama.
Dari pengertian tersebut dapat
kita pahami bahwa pentingnya kerjasama itu diperlukan ketika kita mempunyai
tujuan, target ataupun pencapaian yang sama terhadap dua orang atau lebih
dimana dalam mencapai tujuan, target ataupun pencapaian tersebut dibutuhkan
kerjasama yang didasari oleh solidaritas dua orang atau lebih tersebut dalam
melakukannya.
Manfaat
Bekerjasama
Saat kita mau mengembangkan sikap
kerja sama, banyak manfaat yang akan kita dapatkan, yaitu :
·
Meningkatkan efisiensi
Saat bekerja sama, kita bekerja
untuk tujuan yang sama sehingga pekerjaan akan selesai lebih cepat karena akan
saling berbagi tanggung jawab.
·
Mendapatkan pengalaman belajar
Kerja sama tim sangat penting
dilakukan, karena akan mempertemukan kita dengan anggota tim yang memiliki
latar belakang yang berbeda. Sehingga kita bisa mempelajari banyak pengetahuan
dari anggota kita yang lain sehingga bisa meningkatkan kemampuan dan
keterampilan diri kita. Disamping itu, memiliki banyak pengetahuan akan
meningkatkan kepercayaan diri kita.
·
Kemudahan berkomunikasi
Komunikasi adalah salah satu
aspek penting dalam kehidupan kita. Bekerja sama dalam tim membantu kita
mengembangkan keterampilan komunikasi, hal ini disebabkan karena dalam kerja
sama akan ada diskusi yang membuat kita terus berkomunikasi.
·
Dukungan Jaringan
Saat kita terlibat dalam kerja
sama tim, akan ada dukungan dan rasa saling memiliki sehingga akan membuat kita
tidak mudah menyerah. Selain itu anggota tim akan saling membantu, membangun
kepercayaan, member dan mendapatkan dukungan. Sehingga masa-masa sulit akan
terselesaikan dengan sendirinya dan kita akan mencapai tujuan kita.
Cara
Membangun Kerjasama
Tips
membangun kerja sama :
1. Berteman
dengan banyak orang
Dengan memiliki banyak teman
membuat kesempatan kita melakukan kerja sama semakin besar.
2. Tulus
Jangan karena kita ingin bekerja
sama kita terpaksa melakukan sesuatu, itu akan terlihat oleh orang yang kita
ajak kerja sama dan membuat hasil pekerjaan jadi tidak maksimal.
3. Jangan
egois
Semua orang mempunyai kelebihan
dan bukan kita saja yang mempunyainya untuk itu jangan hanya menonjolkan
“kitanya saja” semua orang tidak akan mau bekerja sama dengan orang yang egois.
4. Niat
Seperti yang sering saya katakan
semuanya berawal dari niat, niatkan kan lah untuk bekerja sama dengan orang
lain jadi kita akan melakukannya dengan ikhlas dan tidak terpaksa.
Contoh
Kerjasama
Contoh kerja sama dalam
kehidupan sehari-hari adalah :
·
Di rumah, bekerja sama
dalam membersihkan rumah bersama keluarga.
·
Di lingkungan
pendidikan, bekerja sama untuk membuat lingkungan kelas yang tenang.
·
Di lingkungan
masyarakat, kerja bakti membersihkan lingkungan agar menjadi bersih serta bebas
dari segala macam penyakit.
Daftar Pustaka
1.
Anonim. 2016. Pengertian
Kerjasama dan Manfaat Kerjasama. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html (Diakses Tanggal 7 Desember 2019)
2.
Jonathan. Pengertian Kerjasama Adalah: Manfaat
dan Bentuk-Bentuk Kerjasama. https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html (Diakses Tanggal 7
Desember 2019)
3.
Rivaldi Muhammad 2018. Bekerjasama Dalam Kebaikan
4.
Esterina Natalia. 2018. Pentingnya Kerjasama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar