Laman

Minggu, 08 Desember 2019

KERJASAMA ANTAR SISWA

KERJASAMA ANTAR SISWA
Oleh : Hana Muyesca (@P10-HANA)

Abstrak :
Pada dasarnya perjanjian kerjasama umumnya berawal dari adanya perbedaan kepentingan para pihak bersangkutan. Perumusan hubungan perjanjian kerjasama senantiasa diawali proses negosiasi yang dicoba dipertemukan melalui adanya kesepakatan para pihak.
Kata Kunci :
Kerja sama
I.                   Pendahuluan
Kerjasama merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Eliane B. Johson terjemahan Ibnu Setiyawan (2011: 168) menyatakan melalui kerjasama, siswa juga dapat menumbuhkan sifat toleransi dan perasaan mengasihi kepada siswa yang lain. Dengan kedua hal tersebut akan membuat hubungan siswa menjadi harmonis satu sama lain.
II.                Permasalahan
Apa manfaat kita melakukan kerjasama ?
III.             Pembahasan
3.1  Pengertian Kerjasama
Ketrampilan bekerjasama (Cooperative skills) menurut Johnson dan
Johnson (2009) adalah “Kemampuan siswa untuk berperilaku kooperatif dengan
orang lain dalam kelompok dalam menyelesaikan tugas-tugas bersama”.
3.2  Manfaat Kerjasama
Kerjasama memiliki berbagai manfaat. Dengan bekerjasama, siswa dapat mengembangkan berbagai kemampuan yang mungkin belum diasah, juga untuk memudahkan siswa dalam mencapai tujuan. Seperti yang disebutkan Harmin (dalam Isjoni, 2014: 24) “Kerjasama antar siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat memberikan berbagai pengalaman. Mereka lebih banyak 13mendapatkan kesempatan berbicara, inisiatif, menentukan pilihan dan secara umum mengembangkan kebiasaan baik”. Penjelasan dari pemaparan tersebut adalah sebagai berikut:
a)      Mendapatkan kesempatan berbicara
di dalam kerja kelompok, setiap siswa akan mendapatkan kesempatan berbicara untuk mengeluarkan pendapatnya. Hal ini akan melatih siswa untuk berani berbicara, mengembangkan rasa percaya diri dan mengembangkan kecerdasan verbalnya.
b)      Inisiatif
Ketrampilan inisiatif juga perlu untuk dikembangkan dalam diri siswa. Di
dalam kelompok, siswa diharapkan mampu mengembangkan sikap inisiatif atau sikap tanggap dengan kegiatan di dalam kelompok
c)      Menentukan Pilihan
Menentukan pilihan di dalam kerjasama, contohnya menentukan pilihan
ketua kelompok, menentukan jawaban yang akan diberikan terhadap
pertanyaan guru dan menentukan untuk berpartisipasi aktif terhadap
kelompok.
d)     Mengembangkan kebiasaan baik
Kebiasaan baik yang dimaksudkan dalam kerjasama seperti mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap kewajiban, melatih kemampuan akademik, melatih kemampuan interaksi dengan teman, mengembangkan rasa percaya diri serta meningkatkan motivasi siswa.
IV.             Kesimpulan
Kerja sama antar siswa adalah hal yang penting karena dapat menghasilkan manfaat, diantaranya adalah mendapat kesempatan berbicara, inisiatif, menentukan pilihan, mengembangkan kebiasaan baik.
V.                Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar