Senin, 09 Desember 2019

KERJASAMA



Disusun oleh : Andi Muhamad Iskandar (@P16-ANDI)

PENDAHULUAN

Setiap orang dalam menjalankan hidup ini tentu tidak bisa dilakukan seorang diri. Tentu harus melakukan interaksi dan juga hubungan dengan orang lain. Hal tersebut tidak terlepas dari kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Salah satu interaksi satu sama lain yang dilakukan oleh manusia adalah dengan melakukan kerjasama.
Secara umum definisi dari istilah tersebut adalah upaya untuk menggapai tujuan untuk kepentingan bersama yang dikerjakan oleh suatu kelompok ataupun oleh beberapa orang. Hal ini dapat terjadi saat sekumpulan individu yang saling terkait memiliki keinginan, kepentingan dan juga tingkat sadar yang sama guna bekerjasama yang bertujuan meraih suatu keinginan dan juga tujuan bersama-sama.


PERMASALAHAN
  1. Kurangnya budaya kerjasama di masyarakat luas.
  2. Banyaknya kerjasama dalam hal negatif yang dilakukan oleh masyarakat.


PEMBAHASAN

Pengertian kerjasama

Pengertian kerjasama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan. Kerjasama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.

Pengertian kerjasama menurut para ahli

  • harles H. Cooley

Menurut Charles makna kerjasama adalah suatu kegiatan yang muncul apabila seseorang sudah bahwa mereka mempunyai tujuan dan keinginan yang sama dan juga mempunyai pengetahuan dan ilmu cukup serta memiliki kesadaran pada dirinya guna mencukupi dan mencapai kepentingan itu.

  • Pamudji

Pengertian kerjasama menurut pamudji merupakan suatu pekerjaan yang dikerjakan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang melibatkan interaksi antara individu-individu yang saling bekerja bersama hingga tujuannya tercapai. Ia juga mengatakan unsur penting dari bekerja bersama adalah individu-individu, tujuan yang sejalan, serta terjadinya interaksi.

  • Rosen

Menurut seorang ahli yang bernama Rosen kerjasama adalah suatu sumber yang dipercaya begitu efektif pada kualitas dalam pelayanan khususnya pada bidang ekonomi terutama dalam hal jual beli.

  • Tangkilisan

Tangkilisan mengatakan kerjasama merupakan suatu sumber kemampuan dan kekuatan yang hadir dari dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan pengaruh keputusan dan juga tindakan kelompok atau organisasi.
Perry dan Thompson
Mereka berpendapat bahwa definisi kerjasama adalah suatu kegiatan yang punya suatu tingkat-tingkat yang berbeda dari mulai tahap koordinasi dan juga kooperasi hingga terbentuknya kolaborasi di suatu kegiatan bersama.

Unsur-Unsur Kerjasama

Dari pengertian kerjasama di atas, maka ada beberapa aspek yang terkandung dalam kerjasama, yaitu:

Dua orang atau lebih

Artinya kerjasama akan ada kalau ada minimal dua orang/pihak yang melakukan kesepakatan. Oleh karena itu, sukses tidaknya kerjasama tersebut ditentukan oleh peran dari kedua orang atau kedua pihak yang bekerjasama tersebut.

Aktivitas

Menunjukkan bahwa kerjasama tersebut terjadi karena adanya aktivitas yang dikehendaki bersama, sebagai alat untuk mencapai tujuan dan ini membutuhkan strategi (bisnis/usaha).

Tujuan/target

Merupakan aspek yang menjadi sasaran dari kerjasama usaha tersebut, biasanya adalah keuntungan baik secara financial maupun nonfinansial yang dirasakan atau diterima oleh kedua pihak.

Jangka waktu tertentu

Menunjukkan bahwa kerjasama tersebut dibatasi oleh waktu, artinya ada kesepakan kedua pihak kapan kerjasama itu berakhir. Dalam hal ini, tentu saja setelah tujuan atau target yang dikehendaki telah tercapai.

Tujuan kerjasama

Dalam menjalankan setiap hal di dunia ini tentunya memerlukan tujuan dalam pelaksanaannya. Dengan adanya tujuan yang dicanangkan akan membuat proses dan juga arah suatu kegiatan tersebut menjadi fokus dan tidak melebar ke mana-mana. Termasuk juga dalam kegiatan bekerja bersama-sama juga memiliki tujuan yang dimaksudkan.
Tujuan secara umum dari melakukan dan membangun relasi bersama adalah :

  • Meningkatkan rasio peluang untuk mencapai keberhasilan
  • Secara luas dapat meningkatkan kesatuan dan persatuan dalam suatu negara
  • Membuat pelaku kegiatan ini menjadi lebih saling mengenal
  • Menjadi sarana untuk saling mengemukakan opini dan berpendapat

Manfaat Kerjasama

Dalam melakukan suatu kegiatan tentu akan diikuti dengan adanya timbal balik yang diberikan. Timbal balik tersebut bisa bersifat negatif ataupun positif. Dalam melakukan suatu kegiatan secara bersama-sama tentu juga memiliki timbal balik ataupun juga manfaat bagi orang atau kelompok melakukan kegiatan ini. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut.

  • Memicu munculnya semangat kesatuan dan persatuan dalam diri seseorang
  • Mempererat ikatan bagi orang ataupun kelompok yang melakukan kegiatan ini
  • Dengan melakukan hal bersama-sama suatu kegiatan dapat menjadi lebih ringan
  • Menyelesaikan suatu kegiatan dengan bersama-sama akan membuat pekerjaan menjadi cepat selesai

Prinsip-Prinsip Umum Kerjasama

Agar dapat berhasil melaksanakan kerjasama, maka dibutuhkan prinsip-prinsip umum sebagaimana yang dijelaskan oleh Edralin dan Whitaker dalam Keban (2007:35). Prinsip umum tersebut terdapat dalam prinsip good governance, yaitu:

  • Transparansi
  • Akuntabilitas
  • Partisipatif
  • Efisiensi
  • Efektivitas
  • Konsensus
  • Saling menguntungkan dan memajukan


SIMPULAN

Kerjasama merupakan suatu hal yang sangat penting, pada saat ini setiap orang harus memiliki kemampuam berkerjasama yang baik, karna tanpa kemampuan tersebut tentu kita akan mengalami kesulitan untuk melakukan sesuatu. Oleh Sebab itulahi dari sekitulah mulailah melatih kemampuan bekerjasaama.


DAFTAR PUSTAKA

https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-kerjasama/
https://jurnalmanajemen.com/kerjasama/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar