Senin, 09 Desember 2019

Kerjasama yang Sesungguhnya

Satria Hotma Hizkia
@N19-SATRIA





Kerjasama yang Sesungguhnya



Kata Kunci : Kerjasama, Tujuan, Bersama
1.    Pendahuluan
Pada dasarnya sesuatu yang dikerjakan sendiri dengan yang dikerjakan bersama orang lain akan memiliki proses dan hasil yang berbeda. Jika kita mengerjakan sesuatu hanya seorang diri padahal seharusnya itu dapat dikerjakan secara bersama-sama maka tentunya akan ada keterbatasan jika dalam prosesnya diperlukan kegiatan bertukar pikiran, namun sebaliknya jika  sesuatu yang seharusnya dikerjakan seorang diri namun kita malah melakukannya dengan berkerjasama, maka tentunya akan ada keterbatasan juga dalam prosesnya yakni adanya pendapat-pendapat yang dirasa tidak perlu dari anggota kelompok.

Kerjasama yang benar adalah ketika semua individu yang ada dalam suatu kelompok belajar atau tim dapat mengerti tujuan dari kegiatanya dan mengerti tugasnya masing-masing, yang nantinya keberhasilan masing-masing individu dari setiap tugas yang berbeda dalam kelompok tersebut akan menjadi sinergi yang dapat menjadikan keberhasilan dari tujuan bersama tersebut.

2.    Permasalahan
2.1    Apa pengertian kerjasama menurut para ahli ?
2.2    Apa tujuan kerjasama ?
2.3    Apa aspek dalam kerjasama dalam belajar ?
2.4    Apa kriteria bekerjasama ?

3.    Pembahasan
3.1    Definisi Kerjasama Menurut Ahli
Menurut Lewis Thomas dan Elaine B. Johnson ( 2014, h. 164) kerjasama adalah pengelompokan yang terjadi di antara makhlukmakhluk hidup yang kita kenal.

Menurut Robert L. Clistrap dalam Roestiyah (2008, h. 15) menyatakan “Kerjasama adalah merupakan suatu kegiatan dalam berkelompok untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas secara bersama-sama”, dalam kerjasama ini biasanya terjadi interaksi 47 antar anggota kelompok dan mempunyai tujuan yang sama untuk dapat dicapai bersama-sama.

Sarwono (2011:139) kerjasama merupakan bentuk kelompok yang terdiri dari lebih dari seseorang yang melakukan tugas dengan sejumlah peraturan dan prosedur. Bowo dan Andy menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan kerjasama harus tercapai keuntungan bersama (2007:50-51), Pelaksanaan kerjasama hanya dapat tercapai apabila diperoleh manfaat bersama bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya(win-win). Apabila satu pihak dirugikan dalam proses kerjasama, maka kerjasama tidak lagi terpenuhi. Dalam upaya mencapai keuntungan atau manfaat bersama dari kerjasama, perlu komunikasi yang baik antara semua pihak dan pemahaman sama terhadap tujuan bersama.

3.2    Tujuan Kerjasama
Menurut Modjiono (2009, h. 61) pada situs (http.//ayomengajar indonesia.co.id/2012/12/belajar-kelompok.html) menerangkan bahwa tujuan kerjasama sebagai berikut:
1)    Untuk mengembangkan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah
2)  Mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan komunikasi.
3)  Menumbuhkan rasa percaya diri terhadap kemampuan siswa.
4) Untuk dapat memahami dan menghargai satu sama lain antar teman.


3.3    Aspek Kerjasama dalam Belajar
Aspek kemampuan kerjasama yang digunakan pada kegiatan pembelajaran oleh Eggen dan Kauchak dalam Apriono (2011: 167) yaitu:
(1) Dengan sopan mendengarkan oranglain berbicara dan baru berbicara setelah oranglain selesai bicara
(2) Berinterupsi dengan sopan
(3) Menghargai ide orang lain
(4) Menangkap ide orang lain dengan tepat sebelum menyatakan tidak setuju
(5) Mendukung setiap partisipasi anggota kelompok.

3.4    Kriteria Bekerjasama
Kriteria kemampuan kerjasama berdasar hasil penelitian Maasawet (2011: 21) adalah:
1) Memberi informasi sesama anggota kelompok
2) Dapat menyelesaikan perselisihan yang terjadi
3) Menciptakan suasana kerjasama yang akrab
4) Bertukar ide dan pendapat kepada anggota kelompok
5) Mendukung keputusan kelompok
6) Menghargai masukan dan keahlian anggota lain
7) Berpartisipasi melaksanakan tugas
8) Mengahrgai hasil kerja kelompok.


Referensi

Apriono, D. 2011. Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Jurnal Prospektus, IX (2).


Lakoy, Amanda Carolina. 2015. Pengaruh Komunikasi, Kerjasama Kelompok, dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA (981-991) Vol.3 No.3.

Maasavet, E. T. 2011. “Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi

Melalui Penerapan Strategi Inkuri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Samarinda. Samarinda”. Jurnal Bioedukasi, 2 (1).

Pratiwi, Ari Ika, dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (2).

Sarwono. S.W. 2011.Psikologi Remaja. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar