Oleh:
MAY ROSE INDAH PRATIWI TEDJO
@N21-MAY
ABSTRAK
Di dalam suatu perusahaan maupun lembaga-lembaga, kerjasama
tim sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk bisa berhasil di dalam mencapai
tujuan. Kerjasama sebuah tim akan menjadi dorongan yang akan menjadi energi
ataupun motivasi bagi setiap individu yang tergabung di dalam sebuah tim kerja
tersebut. Apabila sebuah kerjasama tim bisa berjalan dengan baik, maka
kelancaran dalam berkomunikasi maupun rasa bertanggung jawab kepada setiap
individu yang ada di dalam sebuah tim kerja akan bisa terbentuk.
KATA KUNCI: KERJA SAMA
I. PENDAHULUAN
Pengertian kerjasama adalah sebuah
usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan
bersama. Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan
manusia karena manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan. Kerjasama
bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan
dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan
bersama.
II. PERMASALAHAN
1. Apa pengertian kerjasamai ?
2. Apa jenis-Jenis Kerjasama?
3. Bagaimana cara Kerjasama?
3. Bagaimana cara Kerjasama?
4. Apa Manfaat dari Kerjasama?
III.PEMBAHASAN
Pengertian Kerjasama
kerjasama merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh 2
orang atau lebih agar dapat mencapai tujuan ataupun sasaran telah direncanakan
dan disepakati secara bersama.
Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli1. Pamudji
Menurut Pamudji, pengertian
kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan
melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan
yang dinamis. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa unsur utama kerjasama ada tiga
yakni adanya individu individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama.
2.
Charles H. Cooley
Seorang ahli
bernama Charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan timbul jika orang
menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki
pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi
kepentingan kepentingan tersebut.
3. Rosen
Menurut Rosen, pengertian
kerjasama adalah sumber yang dianggap sangat efisien untuk kualitas pelayanan
terutama dalam konteks kerjasama bidang ekonomi khususnya jual beli.
4. Thomson
dan Perry
Menurut Thomson dan
Perry, pengertian kerjasama adalah kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda
dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai terjadinya kolaborasi
dalam suatu kegiatan kerjasama.
5. Tangkilisan
Menurut Tangkilisan,
pengertian kerjasama adalah sumber kekuatan yang muncul dalam sebuah organisasi
sehingga bisa mempengaruhi keputusan juga tindakan organisasi.
Pengertian Kerjasama dalam Dunia Bisnis
Menurut BusinessDictionary, pengertian kerjasama adalah
pengaturan kemitraan saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh
dua bidang usaha atau lebih. Kerjasama ini menjadi hal yang menguntungkan
karena beberapa permasalahan menjadi lebih ringan. Selain itu, kerjasama tidak
hanya soal mencari dana saja. Beberapa pebisnis lebih suka menjalin relasi yang
menguntungkan dengan sesama kompetitor. Daripada bersaing yang
akhirnya membuat stres, lebih baik saling melengkapi hal-hal yang tidak
dimiliki. Terlebih saat darurat. Misalnya seorang suplier ikan. Ketika pada
suatu hari ia kehabisan stok, ia bisa mencari ikan ke suplier lainnya.
Jenis-Jenis
Kerjasama
Dalam dunia bisnis, setiap
anggota yang tergabung dalam sebuah kerjasama harus berkontribusi baik ini
dalam bentuk ide, dana, properti atau gabungannya. Karena ini digotong
oleh beberapa bidang usaha tentu saja pembagian saham, hak-hak menejemen,
liabilitas akan berbeda.
1. Bagi Hasil
Ini adalah bentuk kerjasama bisnis yang paling
sederhana. Dalam dunia kemitraan, sistem bagi hasil dan biasanya dilakukan oleh
pelaku bisnis kecil. Misalnya kita mengajak teman, saudara atau sanak keluarga
untuk menjadi pemodal. Pembagian hasil ini nantinya akan diatur bersama sesuai
kesepakatan.
2. Membuat Peluang Usaha
Sistem ini biasa dikenal dengan Business Oportunity yang menawarkan keuntungan
pada orang lain atau badan usaha yang menjalankannya. Misalnya seorang penulis
yang menerbitkan buku, kemudian dia mengajak kerjasama seseorang untuk membantu
menjualkannya.
Nanti keuntungannya akan dibagi oleh penulis buku dan
pemasar. Cara ini hampir mirip dengan sistem waralaba.
3. Build, Operate and Transfer (BOT)
Jenis kerjasama ini umumnya dipakai di bisnis
properti. Sistem BOT ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk
melobi pemilik tanah untuk diajak kerjasama. Biasanya tanahnya dioperasikan
untuk membangun usaha dalam jangka waktu tertentu.
Di tahap selanjutnya, seseorang mengembalikan tanah
tersebut kepada pemilik dan memberikan keuntungan sesuai dengan kesepakatan
yang disetujui.
4. Joint Venture
Joint Venture adalah sistem patungan yang dilakukan oleh
beberapa orang. Yang menguntungkan dari sistem ini adalah pembagian resiko.
Selain itu, sistem joint venture ini juga termasuk dalam kegiatan pemodal asing
dan ini juga sudah diatur oleh pemerinah. Tentu saja kerjasama ini sangat
menguntungkan, antara lain:
·
Mendapatkan
modal dari Asing
·
Mendapatkan
lebih banyak pengalaman karena kita juga bisa mempelajari menejemen mereka
·
Bisa
menembus pasar luar negeri
·
Akses
pihak asing menembus sumber lokal jadi lebih mudah
·
Dengan
menggunakan mitra lokal, pihak asing lebih mudah menjangkau pasar domestik
5. Merger
Secara sederhana, merger diartikan sebagai
penggabungan dengan melibatkan dua perseroan atau lebih yang nanti melahirkan
perseroan baru. Merger juga bisa disebut
dengan akuisisi sebuah perusahaan untuk dikembangkan. Dalam hal ini, salah satu
perusahaan akan tetap berdiri dan sisanya akan dilebur kedalam perusahaan
tersebut.
Kebaikan sistem merger ini bisa melebur kompetitor
dan menciptakan perusahaan yang baru namun lebih kuat dalam menghadapi
persaingan pasar. Selain itu,tujuan utama merger adalah memperbesar modal dan
mengembangkanjalur produksi.
6. Konsolidasi
Perbedaan antara merger dan konsolidasi adalah merger
salah satu perusahaan masih berdiri dan melebur yang lain, sementara
konsolidasi melebur dua atau lebih perusahaan dan melahirkan nama baru. Karena
semua perusahaan sudah melebur, maka status hukumnya sudah hilang.
7. Waralaba atau Franchising
Waralaba ini adalah
pemanfaatan kekayaan intelektual sebuah bidang usaha/ merk yang telah disetujui
oleh kedua belah pihak. Sistem ini juga bisa dikatakan sebagai jalur
pendistribusian terkahir kepada konsumen, namun pihak frenchisor memberikan hak
pada pelaku bisnis untuk memakai nama, merk dan prosedur khasnya.
cara membuat kerjasama seperti berikut ini.
- Menentukan atau mempunyai Sebuah Tujuan
- Membuat pesan yang positif
- Menghargai pendapat dan juga kebiasaan rekan
kerja
- Menyiapkan profil
- Selalu fokus kepada kualitas
- Menawarkan dan memberikan bantuan
- Menunjukan antusiasme
Manfaat Kerjasama
Adapun manfaat yang didapatkan dengan
kerjasama, yaitu sebagai berikut :
IV. KESIMPULAN
kerjasama merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan oleh 2
orang atau lebih agar dapat mencapai tujuan ataupun sasaran telah direncanakan
dan disepakati secara bersama.
DAFTAR PUSTAKA
Mughnifar,
Ilham.2019. Pengertian Kerjasama, Manfaat, Bentuk, dan Contoh Kerjasama
https://materibelajar.co.id/pengertian-kerjasama/.
12 September 2019.
Jonathan. Pengertian
Kerjasama: Arti, Manfaat, dan Beberapa Bentuk Kerjasama
https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar