Kerja Sama
Kerja sama, atau kooperasi merujuk pada praktik seseorang atau kelompok yang lebih
besar yang bekerja di khayalak dengan tujuan atau kemungkinan metode
yang disetujui bersama secara umum, alih-alih bekerja secara terpisah
dalam persainganApa
yang dimaksud dengan kerjasama (cooperation)? Pengertian
kerjasama adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau
kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
Kerjasama
merupakan interaksi yang sangat penting bagi kehidupan manusia karena manusia
adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan.
Kerjasama
bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan
dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan
bersama.
Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli
Dalam sosiologi,
definisi kerja sama adalah bentuk interaksi sosial dengan sifat asosiatif yang
terjadi ketika ada kelompok masyarakat yang punya pandangan sama untuk
mewujudkan tujuan bersama. Berikut adalah pengertian kerjasama menurut
para ahli:
1. Pamudji
Menurut Pamudji, pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan
dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama
sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa
unsur utama kerjasama ada tiga yakni adanya individu individu, adanya interaksi
dan adanya tujuan yang sama.
2. Charles H. Cooley
Seorang ahli bernama Charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan
timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan
sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri
untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.
3. Rosen
Menurut Rosen, pengertian kerjasama adalah sumber yang dianggap sangat
efisien untuk kualitas pelayanan terutama dalam konteks kerjasama bidang ekonomi
khususnya jual beli.
4. Thomson dan Perry
Menurut Thomson dan Perry, pengertian kerjasama adalah kegiatan
yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi
sampai terjadinya kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.
5. Tangkilisan
Menurut Tangkilisan, pengertian kerjasama adalah sumber kekuatan
yang muncul dalam sebuah organisasi sehingga bisa mempengaruhi keputusan juga
tindakan organisasi.
Artikel lain: Pengertian
Struktur Organisasi
Pengertian Kerjasama dalam Dunia Bisnis
Menurut BusinessDictionary, pengertian kerjasama adalah
pengaturan kemitraan saling menguntungkan yang dilakukan secara sukarela oleh
dua bidang usaha atau lebih. Kerjasama ini menjadi hal yang menguntungkan
karena beberapa permasalahan menjadi lebih ringan.
Selain itu, kerjasama tidak hanya soal mencari dana saja. Beberapa
pebisnis lebih suka menjalin relasi yang menguntungkan dengan sesama
kompetitor.
Daripada bersaing yang akhirnya membuat stres, lebih baik saling
melengkapi hal-hal yang tidak dimiliki. Terlebih saat darurat. Misalnya seorang
suplier ikan. Ketika pada suatu hari ia kehabisan stok, ia bisa mencari ikan ke
suplier lainnya.
Jenis-Jenis Kerjasama
Dalam dunia bisnis, setiap anggota yang tergabung dalam sebuah kerjasama
harus berkontribusi baik ini dalam bentuk ide, dana, properti atau
gabungannya. Karena ini digotong oleh beberapa bidang usaha tentu saja
pembagian saham, hak-hak menejemen, liabilitas akan berbeda.
1. Bagi Hasil
Ini
adalah bentuk kerjasama bisnis yang paling sederhana. Dalam dunia kemitraan,
sistem bagi hasil dan biasanya dilakukan oleh pelaku bisnis kecil. Misalnya
kita mengajak teman, saudara atau sanak keluarga untuk menjadi pemodal.
Pembagian hasil ini nantinya akan diatur bersama sesuai kesepakatan.
2. Membuat Peluang Usaha
Sistem
ini biasa dikenal dengan Business Oportunity yang menawarkan keuntungan
pada orang lain atau badan usaha yang menjalankannya. Misalnya seorang penulis
yang menerbitkan buku, kemudian dia mengajak kerjasama seseorang untuk membantu
menjualkannya.
Nanti
keuntungannya akan dibagi oleh penulis buku dan pemasar. Cara ini hampir mirip
dengan sistem waralaba.
3. Build, Operate and Transfer (BOT)
Jenis
kerjasama ini umumnya dipakai di bisnis properti.
Sistem BOT ini mengandalkan kemampuan seseorang untuk melobi pemilik tanah
untuk diajak kerjasama. Biasanya tanahnya dioperasikan untuk membangun usaha
dalam jangka waktu tertentu.
Di
tahap selanjutnya, seseorang mengembalikan tanah tersebut kepada pemilik dan
memberikan keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang disetujui.
4. Joint Venture
Joint
Venture adalah
sistem patungan yang dilakukan oleh beberapa orang. Yang menguntungkan dari
sistem ini adalah pembagian resiko. Selain itu, sistem joint venture ini juga
termasuk dalam kegiatan pemodal asing dan ini juga sudah diatur oleh pemerinah.
Tentu saja kerjasama ini sangat menguntungkan, antara lain:
- Mendapatkan modal dari Asing
- Mendapatkan lebih banyak pengalaman karena kita juga bisa mempelajari menejemen mereka
- Bisa menembus pasar luar negeri
- Akses pihak asing menembus sumber lokal jadi lebih mudah
- Dengan menggunakan mitra lokal, pihak asing lebih mudah menjangkau pasar domestik
5. Merger
Secara
sederhana, merger diartikan sebagai penggabungan dengan melibatkan dua perseroan
atau lebih yang nanti melahirkan perseroan baru. Merger juga bisa
disebut dengan akuisisi sebuah perusahaan untuk dikembangkan. Dalam hal ini,
salah satu perusahaan akan tetap berdiri dan sisanya akan dilebur kedalam
perusahaan tersebut.
Kebaikan
sistem merger ini bisa melebur kompetitor dan menciptakan perusahaan yang baru
namun lebih kuat dalam menghadapi persaingan pasar. Selain itu,tujuan utama
merger adalah memperbesar modal dan mengembangkanjalur produksi.
6. Konsolidasi
Perbedaan
antara merger dan konsolidasi adalah
merger salah satu perusahaan masih berdiri dan melebur yang lain, sementara
konsolidasi melebur dua atau lebih perusahaan dan melahirkan nama baru. Karena
semua perusahaan sudah melebur, maka status hukumnya sudah hilang.
Nah,
keuntungan konsolidasi ini adalah penyelamatan sebuah produksi yang nyaris
bangkrut dan mengurangi pesaing. Disamping itu, jalur distribusi lebih aman dan
perseroan jadi lebih besar.
7. Waralaba atau Franchising
Waralaba ini adalah pemanfaatan kekayaan intelektual
sebuah bidang usaha/ merk yang telah disetujui oleh kedua belah pihak. Sistem
ini juga bisa dikatakan sebagai jalur pendistribusian terkahir kepada konsumen,
namun pihak frenchisor memberikan hak pada pelaku bisnis untuk memakai nama,
merk dan prosedur khasnya.
Jenis
usaha yang paling sering menggunakan sistem ini adalah kedai minuman, jajanan
dan kuliner lainnya. Uniknya, waralaba luar negeri lebih banyak peminatnya
karena sudah tumbuh besar. Namun demikian, bukan berarti waralaba lokal tidak
bagus karena banyak sekali waralaba lokal yang bertumbuh pesat.
Daftar
Pustaka
https://id.wikipedia.org/wiki/Kerja_sama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar