Kamis, 06 Desember 2018

Mampu Mengendalikan Diri


Disusun Oleh : @K18-Fierdian (41618010018)

Abstrak
Dalam keadaan tertentu kita kadang sulit untuk mengendalikan diri sendiri di mana banyak hal yang sangat membuat kita ingin marah dan berontak terhadap sesuatu hal yang membuat kita ingin marah. Semua itu timbul karena emosi yaitu perasaan yang timbul dalam diri kita sendiri secara alami itu bisa berupa amarah, sedih, senang, benci, cinta, bosan, dan sebagainya yang merupakan efek atau respon yang terjadi dari sesuatu yang kita alami.

Kata Kunci : Mengendalikan Diri

Pengertian
Pengendalian diri atau disebut juga kendali diri dapat pula diartikan sebagai suatu aktivitas pengendalian tingkah laku. Pengendalian tingkah laku mengandung makna, yaitu melakukan pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu sebelum memutuskan sesuatu untuk bertindak. Dengan menggunakan berbagai pertimbangan sebelum bertindak, individu tersebut mencoba untuk mengarahkan diri mereka sesuai dengan yang mereka kehendaki. Dengan kata lain, semakin tinggi kendali diri yang dimiliki seseorang semakin intens pengendalian terhadap tingkah laku.

Cara Untuk Mengendalikan Diri
1.     Atur irama pernapasan
Berdasarkan penelitian hanya 90 detik saja untuk neurikimia memutar kembali posisi kimia ke otak normal. Mengatur irama pernapasan adalah cara mengendalikan emosi yang bisa kamu lakukan segera. Kamu bisa memberikan jeda kepada pikaranmu yang sulit terkendali.
2.     Tahan amarah dan kendalikan diri
Memang saat sedang emosi kamu pasti tidak bisa mengontrol amarah. Tapi tetap cobalah untuk menahan amarahmu saat sedang emosi. Siklus agresi adalah siklus kemarahan yang terbentuk oleh eskalasi, eksplosi, dan pasca-eksplosi. Sehingga saat kamu marah dibutuhkan pengendalian diri agar aggression cycle tidak teratur. Jika mampu kendalikan diri lebih tenang kamu bisa mengendalikan beban pikiran secara logis.
3.     Kontrol tingkat kesadaran diri
Kesadaran diri dalam mengontrol emosi sangat penting, agar kamu tidak kehilangan kontrol terhadap tindakanmu. Jadi, bagaimana kamu akan mengendalikan diri, jika kamu saja tidak sadar apa yang telah kamu perbuat.
4.     Ubah sudut pandang
Jika kamu melakukan sesuatu pasti ada hikmahnya, entah itu baik atau buruk. Selalu ambil pelajaran dari setiap peristiwa yang kamu alami. Mungkin mulanya kamu belum memahami, tapi cepat maupun lambat kamu akan mengerti hikmah di balik itu semua.
5.     Lebih bijak dalam bertindak
Pengambilan tindakan tidak dilakukan tergesa-gesa dengan alasan cepat menyelasikan masalah, karena tindakan yang terkesan cepat bisa menyebabkan kesalahan fatal. Yang dibutuhkan untuk menyelesikan masalahmu bukanlah cepat atau tidak, melainkan ketepatan dan kebijaksaan bertindak.

Manfaat pengendalian diri
Seseorang yang melakukan kontrol diri (mujahadah an-nafs) akan memperoleh manfaat dan hikmah sebagai berikut :
1.     Hati semakin bersih dan tenang
2.     Memperoleh kebahagiaan lahir dan batin
3.     Diberi kemudahan oleh Allah SWT dalam mengerjakan amal shaleh
4.     Dijauhkan dari sifat-sifat tercela, seperti iri, dengki dan sombong
5.     Dicintai Allah SWT dan sesama manusia
6.     Mendapatkan hidayah yang sempurna dari Allah SWT
7.     Mendapatkan ridha dari Allah SWT

Kesimpulan
Pengendalian diri sangat dibutuhkan pada diri manusia, karena tanpa pengendalian diri manusia bisa terjebak dosa. Saat manusia berada di atas, saat manusia berada di bawah manusia harus bisa mengendalikan dirinya dan tetap rendah hatipada dasarnya sifat manusia tidak pernah puas, tetapi harus diimbangi oleh pengendalian diri, dengan adanya pengendalian diri bisa membawa kita lebih maju lagi. "Dengan adanya pengendalian diri di dalam diri kita, hidup kita akan lebih tenang.”

Daftar Pustaka
·       Unknown. 2017. 10 Cara Mengendalikan Diri Paling Jitu Untuk Kamu Yang Emosian. Online https://www.shopback.co.id/blog/cara-megendalikan-diri, diakses (06 Desember 2018).
·       Rahayu, Srikandi. 2015. Pengertian Pengendalian Diri. Online http://seputarpengertian.blogspot.com/2015/08/pengertian-pengendalian-diri.html, diakses (06 Desember 2018).
·       Ernawati, Luluk. 2014. Manfaat Dan Hikmat Kontrol Diri. Online http://pai-bp.blogspot.com/2014/08/manfaat-dan-hikmah-kontrol-diri.html, diakses (06 Desember 2018).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar