Kamis, 06 Desember 2018

Hadapi Masalah dengan Mengendalikan DIri

Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Masalah sering membuat kita sangat emosional. Dalam kehidupan ini banyak masalah dan rintangan hidup yang selalu menghantui kita dan banyak hal yg selalu menghalang-halangi jalan tujuan hidup kita ke sesuatu tujuan, baik dalam beraktivitas kerja, keluarga, persahabatan. Maka dari itu perlu adanya pengemdalian diri.  

    Pengendalian diri merupakan kemampuan diri dalam mengendalikan perilaku untuk mencapai tujuan tertentu. Seorang individu dengan pengendalian diri yang baik dapat memahami benar konsekuensi akibat tindakan yang akan mereka lakukan. Menurut Chalhoun dan Acocella (1990) mendefinisikan pengendalian diri (self control) sebagai pengaturan proses-proses fisik, psikologis, dan perilaku seseorang, dengan kata lain serangkaian proses yang membentuk dirinya sendiri.

    Cara kita mengendalikan diri haruslah diniatkan pada diri kita. karena jika kita tidak niatkan, maka tidak akan berjalan lancar. Ada beberapa cara untuk mengendalikan diri dalam masalah yang membuat kita emosi seperti :
1. Menenangkan diri
2. Menghindari kafein (Stress)
3. Berpikir positif
4. Sabar dan ikhlas
    Maka dari itu, untuk mengendalikan diri dibutuhkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu pada diri kita sendiri dan faktor eksternal yaitu lingkungan seperti keluarga dan teman. karena faktor tersebut yang dapat mempengaruhi kita. jika faktor tersebut mempengaruhi yang baik, maka akan baik pula dalam mengimplementasikannya.
    Dalam mengendalkan diri memang cukup sulit jika tidak diniatkan dengan baik. maka itu, kita harus tetap bersabar dan tenang dalam menghadapi masalah dikehidupan ini. karena jika kita tenang, maka masalah tersebut akan ringan dalam menyelesaikannya,

DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2017. Dengan artikel "3 Cara Mendewasakan Diri dalam Menghadapi Masalah" dan https://dosenpsikologi.com/cara-mendewasakan-diri-dalam-menghadapi-masalah . Diakses pada 6 Desember 2018.
Shaby, Alee. 218. Dengan artikel "Anti Panik! Ini 7 Cara Efektif Mengontrol Diri Saat Merasa Khawatir" dan https://www.idntimes.com/life/inspiration/al-735/7-cara-efektif-mengontrol-diri-saat-merasa-khawatir-c1c2/full  Diakses pada 6 Desember 2018.
Raziatulakmal. 2017. Dengan artikel "Mengendalikan Diri Cara yang Bijak dalam Menghadapi Masalah" dan https://steemit.com/indonesia/@raziatulakmal17/mengendalikan-diri-cara-yang-bijak-dalam-menghadapi-masalah-2017818t02646601z . Diakses pada 6 Desember 2018.
Yudion, Herman. 2018. Dengan artikel "7 Cara Efektif Mengendalikan Emosi Diri Sendiri" dan https://www.tipspengembangandiri.com/cara-mengendalikan-emosi/ . Diakses pada 6 Desember 2018.
Rahayu, Srikandi. 2015. Dengan artikel "Pengertian Pengendalan Diri" dan http://seputarpengertian.blogspot.com/2015/08/pengertian-pengendalian-diri.html . Diakses pada 6 Desember 2018.
Rinagunawa. 2017. Dengan artikel "Apa yang dimaksud dengan pengendalian diri - self control?" dan https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-pengendalian-diri-self-control/8224 . Diakses pada 6 Desember 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar