Senin, 09 Desember 2019

KERJASAMA DALAM ISLAM.

KERJA SAMA.



PENDAHULUAN.

KERJASAMA merupakan sebuah pekerjaan yang dilakukan orang lebih agar dapat mencapai tujuan ataupun sasaran telah direncanakan dan disepakati secara bersama. Selain itu kerjasama dapat diartikan sebagai suatu tindakan di dalam pekerjaan yang dilakukan oleh 2 orang atau lebih untuk bisa mencapai tujuan demi keuntungan bersama.

PENGERTIAN KERJA SAMA DALAM ISLAM

Dalam Islam di perbolehkan syirkah atau bekerjasama. Pengertian syirkah adalah suatu akad antara dua pihak atau lebih, yang bersepakat untuk melakukan suatu usaha/bisnis dengan tujuan memperoleh keuntungan.Rukun syirkah ada tiga: pihak-pihak yang bersirkah, obyek yang di sirkah (dikerjasamakan), dan shigat atau ijab qabul perjanjian syirkah. Sedangkan syirkah secara garis besar terbagi dua yaitu Syirkah amlak dan Syirkah akad. Bedanya jika amlak kerjasama tanpa ada unsur pengelolaan sedangkan syirkah akad ada unsur pengelolaan untuk tujuan memperoleh keuntunganDalam KERJA SAMA DALAM ISLAMdi bidang property yang biasa digunakan adalah syirkah akad. Dalam Syirkah akad ada 5 macam model kerjasama :1. Model Inan, yaitu kerjasama yang semua pihak ikut mengeluarkan modal dan mengelola.2. Model Abdan, yaitu kerjasama yang masing-masing pihak hanya mengelola tanpa mengeluarkanmodal3. Model Mudharabah, yakni kerjasama pihak yang satu hanya mengelola, dan yang satu hanya mengeluarkan model.4. Model wujud, yaitu kerjasama yang salah satu pihak kontribusinya karena ketenaranya atau ketokohannya Sehingga nama besarnya bisa jadi modal kerjasama5. Model Mufawadhah, yaitu kerjasama gabungan dari beberapa model syirkah diatas biasanya terjadi ketika dalam perjalanan kerjasama ada pihak yang keluar atau adanya kebutuhan baru sehingga model kerjasama atau syirkahnya berubahDiantara lima model syirkah diatas yang paling sering digunakan dalam kerjasama properti adalah syirkah inan dan mudharabah.


Manfaat Kerjasama.

Berikut  kerjasama ialah :

·         Mempererat persaudaraan
·         Menumbuhkan rasa motivasi
·         Pekerjaan lebih cepat selesai
·         Pekerjaan akan lebih ringan


Kesimpulan.

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Kerjasama sangat diperlukan di dalam kehidupan sehari-hari, terlebih lagi jika kita ingin mencari jalan untuk masalah yang terjadi dalam kelompok yang dimana tiap orang mempunyai pendapat yang bebeda-beda. Dilakukan kerjasama untuk saling menyuarakan pendapat yang nantinya akan diambil keputusan dengan persetujuan dari setiap orang di kelompok tersebut dan dapat menyelesaikan masalah yang terjadi. Nilai persaudaraan juga bertambah erat jika kita selalu menerapkan kerjasama dalam menyelesaikan masalah terlebih lagi dalam lingkungan bermasyarakat.


Daftar Pustaka.




1 komentar: