Minggu, 22 Desember 2019

PROAKTIF


Muhammad Arifin (N14-ARIFIN)

PROAKTIF

Pengertian Proaktif
Menurut E. Koswara, Proaktif merupakan suatu keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku berasal dari dalam diri manusia itu sendiri.Dan juga dikatakan oleh Stephen R. Covey tetang pengertian proaktif yakni suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri kita sendiri.Hidup yang kita jalani berasal dari berbagai macam bentuk keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi.Beberapa merupakan hal-hal yang dipersiapkan dan dilakukan untuk menjadi manusia yang proaktif. Secara umum, proaktif merupakan sikap seseorang yang mampu mengenali kesempatan dan memanfaatkanya sehingga menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik. Tidak hanya sekedar bereaksi tetapi berdiam diri ditempat, ia memiliki inisiatif untuk melakukan aksi terhadap perubahan.
Contoh yang sering kita temui saat ini yakni sikap yang ditunjukkan oleh para aktivis lingkungan hidup untuk membersihkan sampah di sungai. Ini merupakan contoh sikap proaktif untuk menjaga lingkungan agar sampah tidak menumpuk di sungai yang dapat menyebabkan banjir. Lain halnya dengan orang yang bersikap reaktif, mereka hanya berkoar-koar jika sudah terjadi banjir dan menyalahkan berbagai pihak yang ia rasa bertanggung jawab terhadap bencana tersebut seperti pemerintah yang tidak tanggap atau masyarakat yang sembarangan membuang sampah.Orang proaktif biasanya lebih fokus bekerja dan berusaha agar dapat melakukan perubahan dalam ruang lingkup yang lebih luas sehingga dampak perubahan itu juga lebih besar. Lalu, orang proaktif memegang prinsip-prinsip yang ia anggap benar. Prinsip itulah yang dituangkan dalam bentuk nilai-nilai yang akan mengarahkan sikap dan perilakunya sehingga setiap sikap dan perulakunya selalu berpegang pada prinsip yang dianut.
ciri-ciri orang proaktif berikut ini:
  • Cenderung aktif
  • Memiliki inisiatif yang tinggi
  • Tenang alias nggak gampang tersinggung
  • Berpikir sebelum bertindak
  • Bertanggungjawab atas tindakannya
  • Dapat mengambil keputusan bahkan di situasi yang paling sulit

5 Langkah menjadi proaktif dalam bekerja
1. Memprediksi
Agar proaktif, Anda harus terlebih dahulu mengembangkan pandangan ke depan. Orang proaktif jarang sekali tertangkap terkejut. Belajarlah untuk mengantisipasi masalah dan kejadian. Memahami cara kerja, mencari pola, mengenali rutinitas biasa, praktek sehari-hari, dan siklus alami yang ada dalam bisnis Anda.

Pada saat yang sama, jangan biarkan diri Anda menjadi puas. Gunakan imajinasi Anda ketika mengantisipasi hasil masa depan. Jangan hanya mengandalkan pengalaman yang lalu untuk selalu menjadi prediktor yang akurat untuk masa depan tapi gunakan kreativitas dan logika Anda. Pikirkan beberapa skenario bagaimana sebuah peristiwa bisa terungkap. Orang proaktif selalu dapat bersikap mandiri.

2. Mencegah
Orang proaktif akan meramalkan potensi hambatan yang dapat terjadi dan mengerahkan upaya mereka untuk menemukan cara mengatasinya sebelum mereka berubah menjadi hambatan hambatan “beton”. Ketika kita tampil untuk mengupayakan masalah yang dihadapi, tapi sebagian besar orang mungkin justru mengatakan bahwa itu sulit untuk diatasi. Jangan biarkan diri Anda terpengaruh dan terhanyut dengan perasaan ketidakberdayaan. Ketika tantangan datang lakukan pendekatan, upayakan untuk segera memegang kendali dan hadapi sebelum berkembang menjadi masalah besar.

3. Perencanaan
Jelas bahwa orang proaktif merencanakan masa depan. Jangan hanya berpikir dalam konteks “sekarang” dan sebagai gantinya, melihat ke depan dan mengantisipasi konsekuensi jangka panjang. Membawa masa depan ke masa kini, apa yang dapat Anda lakukan hari ini untuk memastikan keberhasilan besok? Jangan membuat keputusan dalam ruang hampa, setiap keputusan memiliki kaitan dalam rantai peristiwa yang mengarah ke satu kesimpulan akhir. Dalam rangka membuat keputusan yang terbaik, Anda harus tahu di mana Anda saat ini, dan di mana Anda ingin berakhir.

4. Berpartisipasi
Orang proaktif tidak sebagai pengamat yang menganggur, mereka adalah peserta aktif. Agar proaktif, Anda harus terlibat. Anda harus mengambil inisiatif dan menjadi bagian dari solusi. Menyadari bahwa diri Anda adalah sepotong bagian dari keseluruhan dan bahwa Anda mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tindakan orang lain. Jangan hanya bersikap reaktif terhadap mereka. Namun terlibat bersama-sama dan gunakan pengaruh serta berikan kontribusi.

5. Bertindak
Menjadi proaktif berarti memanfaatkan waktu dengan melakukan tindakan yang efektif. Anda perlu bersikap tegas dan bersedia untuk melakukan pekerjaan SEKARANG. Penundaan bukanlah pilihan. Miliki ownership atas kinerja Anda sendiri. Anda perlu bertanggung jawab dan berdiri di belakang keputusan Anda sendiri. Menjadi proaktif berarti Anda telah mengambil langkah-langkah yang hati-hati dan bijaksana. Sehingga Anda memilih jalan yang tepat. Anda tidak perlu reaktif dengan lingkungan Anda.
Kesimpulan
Menurut E. Koswara, Proaktif merupakan suatu keyakinan bahwa penyebab dan sumber tingkah laku berasal dari dalam diri manusia itu sendiri.Dan juga dikatakan oleh Stephen R. Covey tetang pengertian proaktif yakni suatu sikap untuk bertanggung jawab atas hidup diri kita sendiri.
ciri-ciri orang proaktif berikut ini:
  • Cenderung aktif
  • Memiliki inisiatif yang tinggi
  • Tenang alias nggak gampang tersinggung
  • Berpikir sebelum bertindak
  • Bertanggungjawab atas tindakannya
  • Dapat mengambil keputusan bahkan di situasi yang paling sulit
5 Langkah menjadi proaktif dalam bekerja
·         1. Memprediksi
·         2. Mencegah
·         3. Perencanaan
·         4. Berpartisipasi
·         5. Bertindak
Daftar Pustaka
A.B.Satyoko.2016. Mengapa Sikap Proaktif Itu Penting. https://www.dictio.id/t/mengapa-sikap-proaktif-itu-penting/1587. ( akses 22 December 2019)
Anonim.2019. Ini Dia Bedanya Sikap Proaktif dan reaktif Kamu Yang Mana. https://ens-stan.com/blog/ini-dia-bedanya-sikap-proaktif-dan-reaktifkira-kira-kamu-yang-mana. ( akses 22 December 2019)
Anonim.2014. Langkah Untuk Menjadi Proaktif Dalam Bekerja. https://www.blj.co.id/2014/12/05/5-langkah-untuk-menjadi-proaktif-dalam-bekerja/. ( akses 22 December 2019)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar