Senin, 02 Desember 2019

'SEMANGKA' (Semangat Kaka)

Satria Hotma Hizkia
@N19-SATRIA





‘SEMANGKA’ (Semangat Kaka)



Kata Kunci :Semangat, Rutinitas, Positif

1.    Pendahuluan

Dalam menjalani rutinitas tentunya sesorang pernah berada pada titik jenuh. Anak-anak, remaja, hingga dewasa bahkan lansia bisa mengalami masa-masa dimana rutinitas sangatlah membosankan dan tidak ada semangat dalam menjalaninya. siswa dan mahasiswa biasanya jenuh dalam menjalani kegiatan belajar mengajar yang monoton, tugas yang banyak juga membuat tekanan pada diri. Apalagi tuntutan nilai yang ingin dicapai seringkali tak tercapai.

Oleh karena itu diadakan ekstrakulikuler ataupun unit kegiatan mahasiswa untuk mendistraksikan rasa jenuh dari kegiatan belajar mengajar. Beberapa orang justru ada yang semangat pada kegiatan ini dan meraih berbagai prestasi. Namun ada juga yang semangat pada kegiatan belajar saja dan menghiraukan kegiatan ekstrakulikuler tersebut. Tetapi ada juga yang semangat dan memfokuskan keduanya sehingga dapat berpestasi. Seperti makna yang terkandung dalam film pendek ‘Rutinitasi’ (Rutinitas Berprestasi) yang mengisahkan tentang seorang siswa SMA yang semangat dalam menjalani rutinitasnnya dan tetap berprestasi dalam hobinya membuat film.

Semangat atau tidaknya seseorang juga berkaitan dengan suasana hati atau mood. Suasana hati ini bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, ada orang yang mudah bersemangat karena hal-hal kecil seperti diberi semangat oleh orang-orang terdekat melalui kalimat-kalimat sederhana contohnya “semangat kaka”, ”semangat ya”, ”kamu pasti bisa kok’, ‘keep fighting’ dan lain-lain sebagainya. Namun ada juga yang sulit dibangkitkan semangatnya.

Kesuksesan dalam bidang apapun hanya akan dicapai jika kita melalui setiap prosesnya dengan semangat dan kerja keras. Namun untuk bisa selalu bersemangat untuk bekerja keras ini memiliki tantangannya sendiri. Tidak semua orang bisa selalu bersemangat menyongsong hari-harinya. Bahkan, banyak yang tanpa sadar bergumul dengan kemalasan, sehingga menurunkan kinerjanya.

2.    Permasalahan

2.1.  Bagaimana agar seseorang menjadi bersemangat ?

3.    Pembahasan

3.1.  Hal yang Membuat Seseorang Bersemangat

-   Selalu berpikir dan bersikap positif. 

Segala macam masalah di dunia ini akan terselesaikan dengan baik jika kita menyelesaikannya dengan pikiran positif. Ini dikarenakan orang yang berpikiran positif beranggapan bahwa persoalan serumit apapun akan bisa diselesaikan dengan baik, asalkan kita mau bersikap positif dan mengkomunikasikannya dengan cara yang efektif dan bijaksana.

Apakah berpikir dan bersikap positif berdampak pada semangat kerja keras? Ya, tentu saja. Orang yang bersikap dan berpikir positif akan merespon setiap tantangan pekerjaan dengan positif juga. Jika setiap pekerjaan direspon dengan positif, maka saat menjalaninya kita akan lebih bersemangat. 
Orang yang berpikir dan bersikap positif juga akan mendapatkan respon positif dari orang di sekitarnya. Orang tipe seperti ini lebih banyak memiliki sahabat, karena banyak orang ingin berteman dengannya. Dengan banyak teman yang mendukung, tentu secara otomatis meningkatkan semangat kita dalam bekerja juga.
 
-   Mengenal diri

Sebuah cara untuk selalu memiliki semangat hidup yang positif adalah dengan mengenal diri sendiri. Mengenal bagian-bagian dari diri sehingga kita bisa menata setiap bagian dari diri dengan baik. Kita harus memahami bagian mana yang merupakan fisik, pikiran dan jiwa. Dalam jiwa inilah terdapat EGO – AMARAH dan KEINGINAN. Sebuah bagian yang tidak dapat dipisah-pisahkan dari dalam diri kita. Jika kita dapat menatanya dengan baik, maka kita akan dapat memiliki semangat hidup yang selalu tinggi, semangat hidup yang dapat membuat hidup kita berjalan dengan tertata menuju kesuksesan yang hakiki.

- Rutinitas di Pagi Hari

Menurut astrolog Kyle Thomas, setiap zodiak memiliki kekuatan dan energi spesifik. Dengan begitu, rutinitas pagi yang tepat pada setiap zodiak bisa mendorong produktivitas seseorang selama sehari penuh. "Dengan berfokus pada cara-cara spesifik yang memanfaatkan kekuatan mereka, setiap zodiak bisa mengoptimalkan produktivitas kerja dan kesiapan di pagi hari," ucap Thomas. Beberapa kegiatan diantaranya adalah olahraga pagi, sarapan, bacaan motivasi mendengarkan musik dan lain-lain.

-   Tidur Cukup

Jika kita menginginkan kesehatan dan kebahagiaan. Ternyata tidur adalah jawabannya. Tidur bisa sebagai penentu kebahagiaan seseorang. Usahakan untuk tidur jangan terlalu larut malam dan juga biasakan untuk tidak memegang gadget sebelum tidur. Dengan menarapkan kebiasaan ini secara rutin perubahan positif pada tubuh kamu dapat dirasakan dalam kehidupan ke depannya dan di pagi harinya badan pun akan terasa lebih fresh.

-   Sabar, Ikhlas, dan Berdoa

Sabar, ikhlas, dan berdoa merupakan satu paket kebahagian yang hakiki. Apapun cobaan yang kita terima dalam hidup ini, kita harus selalu sabar dan ikhlas. Ingat, setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Hanya saja, kita harus selalu berdoa, bersabar, dan ikhlas menerimanya semua cobaan. Suatu saat akan ada kebahagiaan yang datang jika kita selalu menerapkan 3 poin tersebut.

Referensi

Asvi, Erlangga. 2015. Cara Membangkitkan Semangat Hidup.
http://www.teen.co.id/read/7789/8-tips-agar-selalu-semangat-dan-penuh-energi-positif-saat-mulai-menjalani-hari.

https://ariesadhar.com/2011/06/25/distraksi.

https://www.modalrakyat.id/blog/5-cara-dan-tips-agar-semangat-dalam-bekerja.

Novita, Mila. 2019. Rutinitas Pagi Hari yang Bikin Semangat Berdasarkan Zodiak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar