Rabu, 25 Desember 2019

Miliki Sikap Proaktif untuk Dapat Berpikir Out Of The Box

Oleh @N12-ALFINA, Alfina Septiyadevi

Berbagai sikap dan sifat yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan salah satunya adalah sikap proaktif. Sikap Proaktif adalah sikap seseorang yang mampu membuat pilihan dikala mendapatkan stimulus. Menurut Covey, seseorang yang bersikap proaktif mampu memberi jeda antara datangnya stimulus dengan keputusan untuk memberi respon. Pada saat jeda tersebut seseorang yang proaktif dapat membuat pilihan dan mengambil respon yang dipandang terbaik bagi dirinya. Proaktif di definisikan sebagai “Kemampuan memilih respon”.

Sikap Proaktif manusia selalu memiliki tujuan, bergerak maju, dan berorientasi ke masa depan, serta secara internal memunculkan perilakunya sendiri. Sikap Proaktif sangat berguna bagi manusia terutama dalam menghadapi rintangan maupun dalam berinteraksi dengan manusia lain. Sikap proaktif menunjukkan tingkat kecerdasan emosi atau bisa kita sebut EQ yang tinggi. Berikut adalah ciri-ciri individu proaktif, yaitu :
1.      Orang proaktif selalu bertanggung jawab.
2.      Orang proaktif menfokuskan upaya untuk mempengaruhi lingkungan.
3.      Berfokus pada lingkaran pengaruh.
4.      Orang proaktif hidup berpusat pada prinsip .

Kata proaktif bukan hanya bermakna mengambil inisiatif tetapi di dalamnya ada juga tanggung jawab, aktif bertindak, dan memegang prinsip. Menurut Jamil Azzaini, Orang yang proaktif akan segera enter (masuk) mengerjakan yang bisa dikerjakan, bukan terlalu sering berkata entar (nanti). Orang yang proaktif melakukan sesuatu bukan karena emosional alias reaktif, tetapi dengan didasari oleh kesadaran, tanggungjawab dan prinsip-prinsip yang diyakininya. Individu yang proaktif akan memegang prinsip berpikir out of the box. Maksudnya adalah berkembangnya pola pikir seseorang dengan mampu membuat pemikiran yang tidak biasa atau pemikiran yang mengandung inovasi. Perubahan perilaku yang perlu dilakukan untuk dapat mengasah think out of the box, yaitu
1.      Berhenti menyalahkan, mulailah mengambii tanggung jawab
Orang yang biasa berpikir out of the box  cepat mengambil tindakan dan siap bertanggung jawab atas tindakannya.  Seringkali dianggap aneh, bahkan ditertawakan ketika datang dengan ide-ide yang tak biasa.
2.      Berhenti Komplain, mulailah berorientasi pada solusi
Sedikit-sedikit mengeluh, kemudian protes. Selalu mencari celah yang bisa membuatnya melontarkan ganjalan adalah ciri kebanyakan orang yang tak memiliki tujuan. Orang yang berpikir out of the box biasanya fokus pada upaya mencari solusi yang paling tepat dari setiap permasalahan. 
3.      Berhenti defensif, mulailah proaktif
Bertahan dari serangan mungkin pilihan paling aman. Tapi itu sesungguhnya menunjukkan sikap pasif dan ketidakberdayaan. 
4.      Berpandangan Terbuka dan penuh rasa ingin tahu
Rasa keingintahuan yang  besar mendorongnya untuk mencari cara atau pendekatan yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan informasi.

Sikap Proaktif selalu mempertimbangkan hal apa yang akan terjadi jika melakukan suatu tindakan, sehingga selalu menjaga agar perilaku dan tindakannya selalu positif bagi masyarakat. Dengan adanya Sikap Proaktif, kita dapat mengembangkan diri agar kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab, dapat memotivasi orang lain di lingkungannya, memegang teguh prinsip-prinsip yang bersifat positif bagi kita dan orang lain, dan dapat bermanfaat di berbagai bidang yang terdapat dalam masyarakat. 

Sumber :
Setowibowo Haryo. 2019. Apa yang Dimaksud dengan Sikap Proaktif. Online
Purwatiningtyas. 2019. Mengembangkan Sikap Proaktif Terhadap Tuntutan Perubahan. Online
Anonim.2019. Cara Berpikir Out Of The Box. Online
Azzaini Jamil. 2016. Proaktif. Online
https://www.kubikleadership.com/proaktif/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar