Minggu, 22 Desember 2019

Sikap Proaktif

Ardy Triananda
@N08-Ardy

Sikap proaktif artinya sikap yang selalu melihat ke depan. Proaktif bukan hanya sekedar aktif, namun mampu melihat ke depan dan berpikir apa yang bisa ia lakukan. Sikap ini jelas dibutuhkan sebagai pendukung visi/cita-cita yang dimiliki seseorang. Dengan kata lain, proaktif artinya memiliki action. Orang-orang proaktif sadar betul kemampuan untuk bisa mengubah hal-hal yang masih negatif menjadi positif. Namun mereka juga sadar ada batas-batas dalam mengubah hal-hal negatif tersebut. Proaktif juga percaya bahwa rintangan itu bukan hambatan.

Cara berfikir proaktif berarti adalah suatu aksi atau sebuah cara berfikir aktif dimana seseorang mengkontrol situasi dengan lebih dahulu memikirkan sesuatu yang akan terjadi daripada menunggu sesuatu hal terjadi dan memikirkan solusi untuk masalah yang akan datang. Orang-orang yang berfikir secara proaktif tidak hanya duduk diam dan menunggu sebuah jawaban datang dengan sendirinya. Orang yang berfikir secara proaktif akan berfikir kritis dengan cara yang kreatif.

Ciri-ciri pribadi proaktif
Seseorang yang berfikir secara proaktif memiliki beberapa ciri ciri yang seperti berikut :
·         Inisiatif
Orang yang berfikir secara proaktif akan mempunyai banyak ide ide yang kreatif untuk pekerjaannya. Mereka tidak ingin mendapatkan hal - hal yang negatif kemudian hari, sehingga mereka cenderung untuk lebih dahulu memberi sebelum diminta.
·         Tanggung jawab
Daripada kita berbohong akan sesuatu yang telah kita buat karena kesalahan kita sendiri , lebih baik kita jujur untuk mengakui kesalahan kita dan siap bertanggung jawab. Dengan mengakui kesalahan, hal tersebut tidak akan mempermalukan kita selama kesalahan tersebut bisa kita perbaiki dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
·         Solutif
Orang yang memiliki cara berfikir cara seperti ini memiliki ide dan solusi – solusi yang dapat di selesaikan. Orang yang proaktif memiliki jalan alternatif yang ketiga untuk menyelesaikan masalah , maka dari itu orang yang memiliki cra berfikir proaktif akan lebih cerdas dalam menyelesaikan masalah.
·         Positif
Dengan selalu memandang hal secara positif. Orang yang berfikir secara proaktif tidak akan melihat masalah sebagai suatu kesusahan tetapi mereka akan melihat makna dibalik suatu permasalahan tersebut.

Manfaat bersikap proaktif
Dengan memiliki sifat proaktif, maka anda akan mendapatkan banyak manfaatnya. Manfaat tersebut antara lain:
1.      Bertanggung jawab atas pilihan-pilihannya sendiri
2.      Berpikir sebelum bertindak
3.      Tidak mudah tersinggung
4.      Cepat pulih bila terjadi sesuatu yang buruk
5.      Selalu mencari jalan untuk menjadikan segalanya terlaksana
6.      Fokus pada hal-hal yang bisa mereka ubah, dan tidak mengkhawatirkan hal-hal yang tidak akan bisa mereka ubah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar