Senin, 02 Desember 2019

Bersemangat Dalam Menjalani Hidup

Bersemangat Dalam Menjalani Hidup
Oleh : Wening Suciati (@P05-WENING)
Abstrak
Semangat adalah keadaan pikiran ketika batin tergerak untuk melakukan satu atau banyak tindakan. Jadi, semangat itu memiliki fungsi sebagai penggerak batin untuk bertidak. Seseorang yang memiliki semangat bagus, sikap dan perilakunya biasanya terlihat dinamis
 Hidup yang kita jalani harus dilakukan dengan penuh semangat agar apapun yang kita lakukan dapat berjalan sesuai dengan harapan.Semangat adalah suatu dorongan yang kuat untuk melakukan sesuatu atau mencapai sesuatu. Jadi untuk dapat bersemangat kita harus mempunyai sesuatu yang ingin dicapai, biasanya disebut tujuan atau bisa juga target. (Sawali.M 2011)
Memiliki sifat semangat mungkin sangatlah menarik dan terlihat menyenangkan, namun segala sesuatu tidaklah dicapai dengan mudah, pasti banyak sekali rintangan yang dihadapi sebelum memiliki sifat semangat dalam hidup seseorang.

I.     Pendahuluan
Fungsi dari semangat itu sendiri adalah sebagai penggerak batin untuk bertindak (Ruslani, 2015). Semangat itu sifatnya spiritual dimana batin tergerak untuk bertindak melakukan sesuatu.
 Mungkin secara tidak sadar kita memiliki sifat semangat disetiap hal yang kita lakukan setiap harinya. Darimana kita bisa tahu bahwa kita memiliki sifat semangat saat melakukan sesuatu, semua itu ditandai dengan kita senang melakukan hal itu tanpa ada rasa paksaan atau terpaksa saat melakukan aktivitas tersebut.

II.  Pembahasan
Bagaimana caranya untuk menambah semangat ? Semangat yang melemah bisa ditambah dengan beberapa hal dibawah ini, diantaranya adalah :
·                     Merasa HARUS bertindak
·                     Keinginan untuk melakukan sesuatu yang bermakna bagi diri sendiri, keluarga, kerabat dan orang banyak serta alam semesta
·                     Perasaan bertanggung jawab
·                     Merasa peduli terhadap sesama, dan lain-lain
Namun ada kalanya juga semangat yang kita miliki turun atau menghilang. Hal itu disebabkan oleh banyak faktor yang bisa kita temui, misalnya masalah dalam kehidupan pribadi, bagi pelajar tugas menumpuk yang tak kunjung selesai atau bagi anak kos yang kehabisan uang sebelum berganti bulan. Faktor keseharian seperti itu bisa menurunkan semangat yang kita miliki.

Namun jangan lah khawatir jika kamu mulai merasa kehilangan semangat, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan rasa semangatmu berikut tipsnya :

a)      Menceritakan masalah kepada orang lain.
Seperti hal pada umumnya, kita manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa melakukan segala hal selalu sendiri, terkadang kita memelukan orang lain untuk menyelesaikan masalah. Ceritakan masalahmu kepada orangtua, sahabat, atau pacar. Dengan meringankan masalah, anda bisa focus kembali dan bersemangat.

b)      Mencari hobby.
Jika kamu jenuh terhadap kegiatan sehari-hari, kamu bisa mulai mencari hobby atau kegiatan yang bisa membuat harimu lebih senang, missal dengan olahraga, mendengarkan musik, memelihara hewan dan hal-hal lainnya yang dapat mengembalikan rasa semangatmu untuk hari esok.

c)      Memotivasi diri.
Orang yang kehilangan semangat berarti kehilangan mtivasinya juga. Tanamkan pada diri anda dengan motivasi yang kuat, tujuan yang jelas , dan cara atau strategi untuk mencapainya. Dengan konsep seperti itu anda bisa lebih memiliki rasa semangat.

            Dengan demikian kita sudah mengetahui manfaat dari sifat bersemangat itu sendiri. Kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan kita yang sebenarnya. Sifat bersemangat merupakan kunci dari kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup, jika kita bersemangat makan segala hal yang dilakukan akan terasa mudah untuk dijalani.

DAFTAR PUSTAKA

·         Efendi, Dafa. 2014. Mengatasi Kehilang Semangat Hidup. Dalamhttp://defaefendi.blogspot.com/2014/08/mengatasi-kehilangan-semangat-hidup.html , diakses pada 6 Desember 2018.
·         Ruslani. 2015. Pengertian Tentang Semangat. Dalamhttp://www.ruslani.com/pengertian-tentang-semangat.html , diakses pada 6 Desember 2018.
·         Arya. 2012. Menumbuhkan rasa optimisme. dalamhttp://aryablogr.blogspot.co.id/2012/02/13-cara-menumbuhkan-optimisme-dalam.html , diakses pada 6 Desember 2018.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar