Senin, 09 Desember 2019

CARA BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF

PENDAHULUAN
Latar Belakang
Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya dan setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah, manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, baik sesama manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya. Begitupun dalam aktivitas usahanya setiap orang selalu membutuhkan kehadiran dan peran orang lain. Tidak seorang pengusaha atau wirausaha yang sukses karena hasil kerja atau usahanya sendiri. Karena dalam kesuksesan usahanya, pasti ada peran orang atau pihak lain. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses usaha adalah sukses dalam kerja sama usaha. Kerja sama pada intinya menunjukkan adanya kesepakatan antara dua orang atau lebih yang saling menguntungkan.
Suatu Perusahaan bekerjasama dengan perusahaan lain dalam kegiatan bisnisnya adalah untuk memperoleh keuntungan atau menaikkan produktifitas perusahaan. Ada beberapa maksud dan tujuan perusahaan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain seperti memperbesar perusahaan, meningkatkan efisiensi, menghilangkan atau mengurangi resiko persaingan, menjamin tersedianya pasokan atau penjualan dan distribusi dan sebagainya.

Rumusan Masalah
1.               Apa itu kerjasama ?
2.               Apa manfaat kerjasama ?
3.               Bagai mana cara bekerja sama yang baik dan efektif ?

PEMBAHASAN
PENGERTIAN KERJASAMA
Sebagai makhluk sosial manusia tidak dapat dipisahkan dari komunitasnya dan setiap orang di dunia ini tidak ada yang dapat berdiri sendiri melakukan segala aktivitas untuk memenuhi kebutuhannya, tanpa bantuan orang lain. Secara alamiah, manusia melakukan interaksi dengan lingkungannya, baik sesama manusia maupun dengan makhluk hidup lainnya. Begitupun Anda, dalam aktivitas usahanya setiap orang selalu membutuhkan kehadiran dan peran orang lain. Tidak seorang pengusaha atau wirausaha yang sukses karena hasilkerja atau usahanya sendiri. Karena dalam kesuksesan usahanya, pasti ada peran orang atau pihak lain. Oleh karena itu, salah satu kunci sukses usaha adalah sukses dalam kerja sama usaha. Kerja sama pada intinya menunjukkan adanya kesepakatan antara dua orang atau lebih yang saling menguntungkan. Kerjasama bisa terjadi ketika individu-individu yang bersangkutan mempunyai kepentingan dan kesadaran yang sama untuk bekerjasama untuk mencapai tujuan dan kepentingan bersama.
Beberapa aspek yang terkandung dalam kerja sama, yaitu:
1)      Dua orang atau lebih, artinya kerja sama akan ada kalau ada minimal dua orang/pihak yang melakukan kesepakatan.
2)      Aktivitas, menunjukkan bahwa kerja sama tersebut terjadi karena adanya aktivitas yang dikehendaki bersama, sebagai alat untuk mencapai tujuan dan ini membutuhkan strategi (bisnis/usaha).
3)      Tujuan/target, merupakan aspek yang menjadi sasaran dari kerjasama usaha tersebut, biasanya adalah keuntungan baik secara finansial maupun nonfinansial yang dirasakan atau diterima oleh kedua pihak.
4)      angka waktu tertentu, menunjukkan bahwa kerja sama tersebut dibatasi oleh waktu, artinya ada kesepakan kedua pihak kapan kerjasama itu berakhir.
MANFAAT KERJASAMA
Pihak-pihak yang bekerja sama masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, keduanya berusaha menutupi kekurangan masing-masing dengan  kelebihan yang dimiliki oleh pihak lain atau pihak yang bermitra.
H. Kusnadi (2003) mengatakan bahwa berdasarkan penelitian kerja sama mempunyai beberapa manfaat, yaitu sebagai berikut: 
a.       Kerja sama mendorong persaingan di dalam pencapaian tujuan dan peningkatan produktivitas.
b.      Kerja sama mendorong berbagai upaya individu agar dapat bekerja lebih produktif, efektif, dan efisien.
c.       Kerja sama mendorong terciptanya sinergi sehingga biaya operasionalisasi akan menjadi semakin rendah yang menyebabkan kemampuan bersaing meningkat.
d.      Kerja sama mendorong terciptanya hubungan yang harmonis antarpihak terkait serta meningkatkan rasa kesetiakawanan.
e.       Kerja sama menciptakan praktek yang sehat serta meningkatkan semangat kelompok.
f.       Kerja sama mendorong ikut serta memiliki situasi dan keadaan yang terjadi dilingkungannya, sehingga secara otomatis akan ikut menjaga dan melestarikan situasi dan kondisi yang telah baik.

Moh. Jafar Hafsah (2000) melihat manfaat kerjasama, antara lain dibedakan atas:
a.       Manfaat produktivitas
b.      Manfaat efisiensi
c.       Manfaat jaminan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas.
d.      Manfaat dalam risiko

BEKERJASAMA YANG BAIK DAN EFEKTIF
Kerjasama yang cepat dalam mencapai tujuan adalah kerjasama yang baik dan efektif sehingga tepat sasaran. Menurut Rosemary Rein , seorang pembicara, penulis dan konsultan pelatihan yang menulis Blueprin for Succes With Bussiness Stephen Covey dan Ken Blanchard (dalam Petersoon 2010) mengungkapkan beberapa cara untuk mengembangkan tim kerja yang efektif. Berikut adalah beberapa sarannya :
1.             Komunikasi kan harapan yang jelas tentang kerjasama tim dan kolaborasi diharapkan
2.             Kerjaama sangat dihargai dan diakui, maka tidak dikehendakiuntuk berjalan sendiri
3.             Selalu mereview hasil kelompok
4.             Memberi kesempatan dengan hal yang menyenangkan
5.             Menggunakan “ice breker” untuk menyegarkan dan menyemangati kelompok

Ada tiga syarat yang harus dipenuhi untuk mencapai hasil yang maksimal dalam suatu kelompok kerja yang baik yaitu :
1)      Pembagian kerja yang jelas dan sesuai. Ada prinsip untuk hal ini yaitu the right man on the right place
2)      Bergantung kepada gaya kepemimpinan yang diterapkan
Paternalis dan otoriter à cenderung memaksa anggota kelompok memberikan hasi yang nyata sesuai dengan target.
Laissez-faire à pemimpin tidak memberikan arahan, sehingga akan membuang waktu yang banyak karena pola kerja dan tujuan yang tidak jelas.
Demokratis àpemimpin mampu memotivasi para anggota agar menghasilkan yang terbaik
3)      Komunikasi timbal diantara anggota kelompok maupun antara anggota kelompok dengan pimpinannya


DAFTAR PUSTAKA

Paterson,James.2010.Do Teams Work? Leadership for Student Acticities.National  Association of Secondary School Principals Edition. Reston. December 2010.Vol.39,Iss 4,p.9-12
Suwarjo.2011.55 Permainan dalam Bimbingan Konseling.Yogyakarta:Paramitra Publishing
http://semuamakalahpembelajaran.blogspot.com/2017/06/makalah-kerjasama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar