Satria Hotma Hizkia
@N19-SATRIA
Kerjasama
yang Sesungguhnya
Kata Kunci : Kerjasama, Tujuan, Bersama
1.
Pendahuluan
Pada dasarnya sesuatu
yang dikerjakan sendiri dengan yang dikerjakan bersama orang lain akan memiliki
proses dan hasil yang berbeda. Jika kita mengerjakan sesuatu hanya seorang diri
padahal seharusnya itu dapat dikerjakan secara bersama-sama maka tentunya akan ada
keterbatasan jika dalam prosesnya diperlukan kegiatan bertukar pikiran, namun
sebaliknya jika sesuatu yang seharusnya
dikerjakan seorang diri namun kita malah melakukannya dengan berkerjasama, maka
tentunya akan ada keterbatasan juga dalam prosesnya yakni adanya pendapat-pendapat
yang dirasa tidak perlu dari anggota kelompok.
Kerjasama yang benar
adalah ketika semua individu yang ada dalam suatu kelompok belajar atau tim
dapat mengerti tujuan dari kegiatanya dan mengerti tugasnya masing-masing, yang
nantinya keberhasilan masing-masing individu dari setiap tugas yang berbeda
dalam kelompok tersebut akan menjadi sinergi yang dapat menjadikan keberhasilan
dari tujuan bersama tersebut.
2.
Permasalahan
2.1
Apa pengertian
kerjasama menurut para ahli ?
2.2
Apa tujuan kerjasama
?
2.3
Apa aspek dalam
kerjasama dalam belajar ?
2.4
Apa kriteria
bekerjasama ?
3.
Pembahasan
3.1
Definisi Kerjasama Menurut Ahli
Menurut Lewis Thomas dan Elaine B.
Johnson ( 2014, h. 164) kerjasama adalah pengelompokan yang terjadi di antara
makhlukmakhluk hidup yang kita kenal.
Menurut Robert L. Clistrap dalam
Roestiyah (2008, h. 15) menyatakan “Kerjasama adalah merupakan suatu kegiatan
dalam berkelompok untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu tugas secara
bersama-sama”, dalam kerjasama ini biasanya terjadi interaksi 47 antar anggota
kelompok dan mempunyai tujuan yang sama untuk dapat dicapai bersama-sama.
Sarwono (2011:139) kerjasama merupakan
bentuk kelompok yang terdiri dari lebih dari seseorang yang melakukan tugas
dengan sejumlah peraturan dan prosedur. Bowo dan Andy menjelaskan bahwa dalam
pelaksanaan kerjasama harus tercapai keuntungan bersama (2007:50-51),
Pelaksanaan kerjasama hanya dapat tercapai apabila diperoleh manfaat bersama
bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya(win-win). Apabila satu pihak
dirugikan dalam proses kerjasama, maka kerjasama tidak lagi terpenuhi. Dalam
upaya mencapai keuntungan atau manfaat bersama dari kerjasama, perlu komunikasi
yang baik antara semua pihak dan pemahaman sama terhadap tujuan bersama.
3.2
Tujuan
Kerjasama
Menurut Modjiono (2009, h. 61) pada
situs (http.//ayomengajar indonesia.co.id/2012/12/belajar-kelompok.html)
menerangkan bahwa tujuan kerjasama sebagai berikut:
1) Untuk
mengembangkan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah
2) Mengembangkan kemampuan bersosialisasi dan
komunikasi.
3) Menumbuhkan rasa percaya diri terhadap
kemampuan siswa.
4) Untuk dapat memahami
dan menghargai satu sama lain antar teman.
3.3
Aspek
Kerjasama dalam Belajar
Aspek kemampuan kerjasama yang digunakan
pada kegiatan pembelajaran oleh Eggen dan Kauchak dalam Apriono (2011: 167) yaitu:
(1) Dengan sopan mendengarkan oranglain
berbicara dan baru berbicara setelah oranglain selesai bicara
(2) Berinterupsi dengan sopan
(3) Menghargai ide orang lain
(4) Menangkap ide orang lain dengan tepat
sebelum menyatakan tidak setuju
(5) Mendukung setiap partisipasi anggota
kelompok.
3.4
Kriteria
Bekerjasama
Kriteria kemampuan kerjasama berdasar
hasil penelitian Maasawet (2011: 21) adalah:
1) Memberi informasi sesama anggota
kelompok
2) Dapat menyelesaikan perselisihan yang
terjadi
3) Menciptakan suasana kerjasama yang
akrab
4) Bertukar ide dan pendapat kepada
anggota kelompok
5) Mendukung keputusan kelompok
6) Menghargai masukan dan keahlian
anggota lain
7) Berpartisipasi melaksanakan tugas
8) Mengahrgai hasil kerja kelompok.
Referensi
Apriono, D. 2011. Meningkatkan
Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Belajar Melalui Pembelajaran Kolaboratif.
Jurnal Prospektus, IX (2).
Lakoy, Amanda Carolina. 2015. Pengaruh
Komunikasi, Kerjasama Kelompok, dan Kreativitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada
Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA (981-991) Vol.3 No.3.
Maasavet, E. T. 2011. “Meningkatkan
Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi
Melalui Penerapan Strategi Inkuri
Terbimbing Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Samarinda. Samarinda”. Jurnal
Bioedukasi, 2 (1).
Pratiwi, Ari Ika, dkk. 2018. Peningkatan
Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan
Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi
Edukatika 8 (2).
Sarwono. S.W. 2011.Psikologi Remaja. PT
Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar