Selasa, 12 September 2017

Kenapa Sih Mesti Jujur ?

@D10-Khalil , @ProyekB02
Oleh Khalil Gibran Setiaman

Kenapa Sih Mesti Jujur ?




Definisi Jujur
Jujur adalah sebuah perkataan atau tindakan dengan sebenar-benarnya. Kenapa sih kita mesti jujur ? Karena kejujuran merupakan karakter dan keimanan seseorang. Karena dengan kita tidak jujur seseorang akan menilai karakter tidak baik dan akan membuat kita kehilangan kepercayaan dari seseorang. Karena kejujuran juga menilai apakah kita seseorang yang amanah. Walaupun begitu ada saja orang yang mengatakan  jujur demi kebaikan. Iyasih , demi kebaikan tetapi tetap saja yang namanya tidak jujur walaupun demi kebaikan itu tidak benar. Karena hanya akan menambah masalah di kemudian hari karena dalam islam kejujuran akan membawa kebaikan kedepannya.

Sebab-sebab manusia berbuat kejujuran

1. Mempunyai akal, karena dengan akal manusia bisa mengetahui manfaat dari kejujuran dan bahaya dari kebohongan, sehingga ia berbuat jujur.
2. Memiliki agama, karena agama memerintahkan pemeluknya untuk berkat jujur dan melarang berkata bohong.
3. Memiliki sifat muru’ah, orang yang memiliki sifat muru’ah tidak suka berkata bohong, tetapi ia lebih suka berkata jujur.
Allah SWT berfirman: Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.

Manfaat yang didapat ketika Jujur

Orang yang jujur akan dipercaya
Orang yang jujur akan dipercaya karena ia memiliki sifat dan sikap suka berterus terang, berbicara atau berbuat apa adanya.
Orang yang jujur banyak teman
Setiap orang tidak ada yang suka pada pembohong dan pendusta. Begitupun sebaliknya orang akan sangat menyukai seseorang yang memiliki sifat jujur. Oleh karena itu orang yang selalu berkata jujur memiliki banyak teman yang sangat saying kepadannya.
Orang yang jujur mudah dalam mendapatkan pekerjaan
Hal ini dapat dimengerti, sebab tidak ada seorang pemimpin suatu perusahaan menerima calon pegawai yang sudah jelas-jels orang itu pembohong dan pendusta. Jika diterima, berarti sudah merupakan konsekuensi dari perusahaan yang telah menerima seorrang pembohong tersebut dan siap-siap menjadi korban kebohongan orang tersebut.
Orang yang jujur dicintai Allah SWT
Jujur adalah perintah Allah. Orang yang melakukan kejujuran berarti menjalankan perintah Allah dan Allah sangat menyukai hamba –hamba Nya yang taat dan Allah membenci hamba-Nya yang ingkar.

Kesimpulan
Setelah membaca pemaparan diatas tentang kenapa sih kita harus jujur. Kita haruss lebih bias jujur terhadap diri kita masing-masing.

Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar