Selasa, 26 September 2017

Rasa Tanggung Jawab
















Rasa Tanggung Jawab
Oleh: Ellyza Anggraini
@D19-Ellyza, @ProyekB04


 Tanggung Jawab adalah kesadaran diri manusia terhadap semua tingkah laku dan perbuatan yang disengaja atau pun tidak di sengaja. Tanggung jawab juga harus berasalah dari dalam hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus di tanggung jawabkan. Contohnya adalah seorang mahasiswa, seorang mahasiswa memiliki kewajiban untuk belajar agar mahasiswa itu sendiri dapat bertanggung  jawab atas hasil nya nanti apakah dia akan mendapat nilai A,B,C,D,atau E dan setelah lulus nanti mahasiswa harus bertanggung jawab atas kehidupannya sendiri.

Cara Menjadi Orang yang Bertanggung Jawab


1.    Ketahuilah bahwa tanggung jawab berhubungan dengan kewajiban, bukan hakJika seseorang merasa ragu saat ingin memberikan tanggung jawab yang lebih besar kepada Anda, mungkin karena selama ini Anda kurang peduli dalam memenuhi kewajiban yang menjadi tanggung jawab Anda.
2.    Buktikan bahwa Anda bisa melakukan hal-hal kecil dengan baik sehingga pantas menerima tanggung jawab yang lebih besar, baik di tempat kerja, di sekolah, atau saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler.
3.    Hentikan kebiasaan mencari-cari alasan. Dalam situasi apa pun, selalu ada hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan. Orang-orang yang tidak bertanggung jawab mudah sekali mempersalahkan h
4.    Ubahlah kata-kata yang Anda ucapkan begitu tersadar bahwa Anda sedang mencari alasan.
5.     Akuilah kesalahan Anda. Memperbaiki kesalahan adalah cara yang lebih baik untuk bertanggung jawab.

8     Ciri Pribadi Bertanggung Jawab
1.   Melakukan apa yang ia ucapkan, bukan tidak melakukan apa yang telah ia ucapkan.
2.    Komunikatif
3.    Memiliki jiwa "melayani" dengan sepenuh hati sekaligus menghilangkan pemikiran "Siapa yang butuh, dia yang harus menghubungi saya".
4.    Menjadi pendengar yang baik termasuk hal-hal yang bersifat masukan, ide, teguran maupun sanggahan yang menunjukkan perbedaan pendapat.
5.    Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang ia lakukan dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.
6.    Peduli pada kondisi
7.    Bersikap tegas. Jika posisi Anda sebagai atasan dan menemukan anak buah tidak bertanggung jawab, sudah seharusnya lah Anda menegurnya.
8.    Rajin memberi apresiasi

DAFTAR PUSTAKA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar