Kamis, 21 September 2017

Ayo Tanggung Jawab


 AYO TANGGUNG JAWAB



@D24-Alvian
Oleh : Alvian Fuadi


Pengertian
Bertanggung jawab adalah suatu perbuatan untuk siap menanggung segala sesuatu hal yang muncul sebagai akibat dari dilakukannya suatu aktivitas tertentu (Magdalena:2011). Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab adalah ciri manusia yang beradab. Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengadilan atau pengorbanan.

Pengalaman
Pada saat masih duduk di bangku kelas 6 SD, saya pernah memecahkan kaca jendela yang ada di SD tempat saya bersekolah. Saat itu saya sedang bermain bola bersama teman-teman saya di lapangan sekolah. Lapangan nya memang sangat dekat dengan suatu kelas dan saat itu pun belum ada pembatas atau pagar antara lapangan dengan kelas. Saat asik-asik nya bermain saya pun mendapatkan bola tepat dihadapan gawang lawan lalu saya pun menendang bola dengan harapan bola tersebut bisa masuk ke gawang lawan. Tapi kenyataan berkata lain, bola yang saya tendang mengenai jendela suatu kelas dan menyebabkan kaca nya pecah. Lalu saya pun langsung keluar untuk membeli kaca jendela yang sama persis dengan kaca yang pecah. Lalu saya kembali lagi dengan membawa kaca yang saya beli di tukang barang bekas. Saya dan teman-teman saya menyapu bekas pecahan kaca tersebut, penjaga sekolah yang memasang kaca dengan yang baru saya beli.

Jenis-jenis tanggung jawab
Berikut ini merupakan beberapa jenis tanggung jawab, yaitu :
      1. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupan manusia agar tanggung jawab langsung terhadap tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukuman-hukuman tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam jenis agama. Menerima hukuman di akhirat nanti atas apa yang telah kita lakukan selama hidup didunia ini.
      2. Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri itu menuntut kesadaran akan diri kita untuk memenuhi kewajiban sendiri dan mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
      3. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Sebagai anggota keluarga kita harus saling menjaga nama baik keluarga dengan sikap dan perbuatan yang kita lakukan di dalam kehidupan bermasyarakat.

      4. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
   Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain karena manusia kedudukannya sebagai makhluk sosial. Berinteraksi didalam suatu kehidupan masyarakat sangat dibutuhkan karena itu bisa membuat kita saling mengenal satu dengan yang lainnya.
       5. Tanggung Jawab Kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi bahwa tiap manusia, tiap individu adalah suatu warga negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang di buat oleh negara.

MANFAAT  TANGGUNG JAWAB
Manfaat dari tanggung jawab antara lain :
     1. Menumbuhkan rasa disiplin yang tinggi
     2. Dapat menghargai waktu
     3. Dapat dipercaya oleh orang lain baik dalam sisi pekerjaan ataupun yang lainnya
     4. Kesuksesan cepat di raih
     5. Memperoleh kebahagiaan

Daftar pustaka
-          -  Naufal muttaqien.2013.Mengenal arti kata “tanggung jawab”. Dalam http://www.kompasiana.com/nopalmtq/mengenal-arti-kata-tanggung-jawab_5529e68b6ea8342572552d24
 - Bondan Bagaskoro.2012.Manusia dan tanggung jawab. Dalam http://bondynamikaze.blogspot.co.id/2012/06/manusia-dan-tanggung-jawab.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar