Selasa, 12 September 2017

Pentingnya Sikap Kejujuran

@E22-Reno, @ProyekA02
Disusun Oleh Reno Bayu Aditya


Jujur merupakan sikap terpenting dan terpuji. Tapi entah kenapa orang jujur justru semakin berkurang keberadaanya. Semua ini terjadi karena mendapat beberapa pengaruh meliputi kebiasaan dan lingkungan sekitar. Disisi lain banyak orang yang kurang paham mengenai pentingnya kejujuran dalam kehidupan. Untuk memperbaiki kondisi seperti ini, seseorang harus paham tentang apa arti kata jujur dan apa pentingnya perilaku jujur untuk diri mereka sendiri.
            Definisi Kejujuran
Pengertian kata jujur adalah suatu perilaku yang mencerminkan adanya kesuesuaian antara hati, perkataan dan perbuatan. Apa yang diniatkan di hati, diucapkan secara lisan dan di gambarkan dalam sebuah perbuatan yang memang terjadi atau nyata. Disisi lain ada lawan sifat jujur adalah dusta. Jujur akan membawakan sebuah kepercayaan dan membuat hati kita terasa tenang, sedangkan dusta akan membawa keburukan berupa ketidakpercayaan dan membuat hati merasa gelisah.
            Membiasakan Perilaku Jujur
1.      Berpamitan kepada orang tua ketika pergi
2.      Mengembalikan uang sisa belanja, walau orang tua tidak tahu
3.      Mengembalikan barang barang yang di pinjam
4.      Tidak meminta sesuatu di luar kemampuan orang tua
5.      Membayar sesuatu sesuai dengan harga
6.      Memenuhi undangan orang lain ketika tidak berhalangan
7.      Mengatakan alasan yang jujur ketika datang terlambat / tidak masuk sekolah
Hikmah Berperilaku Jujur
1.      Memperluas pergaulan
Orang jujur akan lebih mudah bergaul  dan pasti di senangi dengan banyak orang. Sehingga orang lain akan merasa aman dan tak perlu khawatir terhadap perilaku orang jujur.
2.      Menjadikan hidup lebih tentram dan damai
Bila sifat jujur sudah diterapkan  dari dini, maka kehidupan pun akan menjadi damai,tentram, dan mendatang kepercayaan di linkungan sosial. Dan tidak menimbulkan kerugian terhadap orang lain.
3.      Mendapat ridho dari allah
Jujur membawa perilakunya senantiasa berkata dan berbuat baik. Sedangkan kebaikan akan membawa seseorang memperolah ridho dari allah SWT.
 Hubungan Kepercayaan dan Kejujuran
Kepercayaan dan kejujuran memiliki hubungan timbal balik yang sangat erat dan saling berkaitan satu dengan yang lain. Di setiap langkah dalam hidup kita, sebaiknya kita harus membiasakan diri untuk selalu menyertakan kejujuran dalam menempuhnya. Dengan adanya kejujuran dalam hidup, maka terbentuklah suatu rasa percaya dan dengan rasa percaya itu juga maka kita semakin bias membangun intregritas diri yang lebih baik. Kepercayaan juga kunci utama dalam sebuah keberhasilan.
            Kesimpulan
Dalam ajaran agama islam sangat menganjurkan setiap manusia berperilaku jujur, karena orang jujur memiliki nilai tambahan tersendiri dihadapan allah SWT, begitu juga dihadapan orang lain orang jujur sangat di hormati. Karena semua perkataannya selalu benar dan sesuai dengan kenyataan.
            Daftar Pustaka
-          Koko ,Andianto.2013.perilaku jujur dalam kehidupan sehari. Dalam http://rockzandianto.blogspot.co.id/2013/11/prilaku-jujur-dalam-kehidupan-sehari.html
-          Mulya, Nita.2014.makalah pendidikan agama islam tentang jujur. Dalam http://mulyanitanita.blogspot.co.id/2014/10/makalah-pendidikan-agama-islam-tentang.html
-          Aufa, Abhi.2017.jujur menuai berkah. Dalam http://titiantasbih.blogspot.com/2012/07/jujur-menuai-berkah.html
-          Pratiwi, Anggun.2012.Apa itu jujur. Dalam http://pratiwianggun17.blogspot.co.id/2012/11/apa-itu-jujur-anggun-pratiwi.html
-          Angga.2013.pendidikan karakter dan kejujuran. Dalam http://krsmwn.blogspot.co.id/2013/09/pendidikan-karakter-dan-kejujuran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar