Selasa, 26 September 2017

Tanggung Jawab

Oleh : Jevon Anastasius



Tanggung Jawab Bukan Pilihan
Pengertian Tanggung Jawab
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu. Dalam bahsa Inggris, responsibility dapat berarti tanggung jawab, kewajiban atau beban yang harus ditanggung.
Kata Alkitab tentang Tanggung Jawab
Menurut Bilangan 11:11, tanggung jawab berarti beban, sedangkan dalam ayat 14, tanggung jawab berarti tugas. Roma 8;12 (bis) mengatakan, “…..itulah sebabnya, saudara-saudara kita mempunyai tanggung jawab, tetapi bukan tanggung jawab kepada tabiat manusia, kita tidak perlu hidup menurut keinginannya”. Sementara itu, Gal.5:6 disebutkan….”Sebab masing-masing orang memikul tanggung jawab sendiri”.
Dasar Kita Bertanggung Jawab
1. Allah yang menjadi pemilik segala sesuatu yang ada
2. Manusia dipercayakan untuk mengurus segala sesuatu yang ada
3. Manusia akan mempertanggung jawabkan semua yang dilakukan
Tanggung Jawab Orang Kristen
1. Terlibat Dalam Pelayanan Perkerjaan Tuhan
Pelayanan bukan hanya tugas majelis atau hamba Tuhan. Ada orang Kristen (anggota tubuh Kristus) yang dipilih jadi hamba Tuhan yang bertugas secara khusus melayani Tuhan yaitu bagaimana memperlengkapi orang-orang Kristen untuk melayani Tuhan. Ketika Tuhan minta kita terlibat dalam pelayanan, tidak berarti Allah tidak sanggup mengerjakannya. Allah itu Allah yang Maha Kuasa sehingga Dia bisa melakukan apa saja tanpa bantuan kita. Pada waktu menciptakan alam semesta dengan hanya berfirman maka semuanya terjadi. Ajaib sekali saat menggenapkan karya keselamatan itu Ia melimpahkan manusia yang sudah diselamatkan itu untuk bersama-sama dalam pelayanan. Ketika Tuhan mau menyelamatkan manusia, Tuhan memakai manusia di dunia untuk melakukan tugas pelayanan. Kita bersyukur, ketika Tuhan memberikan tugas pelayanan , Dia memberi kemampuan, potensi dan karunia kepada kita. Tuhan ingin setiap kita berfungsi dengan karunia yang diberikan. Kalau semua anggota tubuh (misal : mata, telinga atau mulut) sama maka kita merasa takut. Jadi setiap anggota tubuh ada tugas dan tanggung jawabnya. Semuanya itu berbeda satu dengan lain, tetapi semuanya indah, berguna dan berfungsi untuk membangun tubuh Kristus. Jangan hanya menjadi orang Kristen yang datang ikut kebaktian dan setelahnya pulang ke rumah. Tuhan menempatkan kita di gereja ini bukannya tanpa tujuan. Tuhan mempunyai rencana agar kita membangun gereja ini. Banyak hal yang bisa dikerjakan misal : penyambut tamu, kolektan, tim besuk, paduan suara dll.
2. Memberitakan Injil
Mat 28:19-20 (Pergi dan jadikan semua bangsa muridKu). Orang Kristen harus pergi keluar dari tembok gereja untuk memberitakan Injil pada orang-orang yang ada di luar. Itu tanggung jawab setiap orang yang sudah diselamatkan. Injil tidak boleh berhenti pada diri kita. Injil tidak boleh dibatasi 4 tembok dalam gereja ini. Yesus mengatakan, “Pergilah keluar dari gereja ini”. Sehingga ini menjadi tanggung jawab setiap orang yang diselamatkan Tuhan supaya orang-orang yang belum percaya,  boleh percaya dan mengenal Tuhan. Injil bisa sampai ke dalam hidup dengan berbagai cara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar