Selasa, 26 September 2017

Tanggung Jawab

Tanggung Jawab
@D22-Maytasya
Disusun oleh Maytasya Fadhila



Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.  Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang di sengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti bebrbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Apabila ia tidak mau bertanggung jawab maka ada pihak lain yang memaksakan tanggung jawab itu. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Tanggung jawab juga ciri manusia berabad (berbudaya).
Jenis-Jenis Tanggung Jawab
a.      Tanggung Jawab Terhadap Diri Sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi.
b.      Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi juga tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan, pendidikan dan kehidupan.
c.       Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukan sebagai makhluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku daan perbuatannya harus dipertanggung jawabkan.
d.      Tanggung Jawab Terhadap Bangsa dan Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa setiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berfikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma atau ukuran-ukuran yang dibuat oleh negara. Bila perbuatan manusia itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara.
e.       Tanggung Jawab Terhadap Allah SWT
Allah SWT menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya, manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap perinta Allah SWT. Sehingga tindakan atau perbuatan manusia tidak bisa lepas dari pengawasan Allah SWT yang di tuangkan dalam kitab suci AL-Qur’an melalui agama islam.

Bagaimana cara menjadikan diri kita sebagai orang yang bertanggung jawab? Berikut ini adalah tips agar anda menjadi pribadi yang bertanggung jawab:
1.      Berani menerima kesalahan
2.      Berhenti mengeluh
3.      Belajar mengelola keuangan
4.      Konsisten pada jadwal
5.      Hindari kebiasaan menunda

Itulah beberapa tips cara agar menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Menjadi pribadi yang bertanggung jawab artinya anda harus bisa mengatur semua kegiatan yang anda lakukan dan tidak menyalahkan kesalahan kita kepada orang lain.

Daftar Pustaka:
-          Zainudin, Alfarisi.2012.Pengertian Tanggung Jawab. Dalam http://zaysscremeemo.blogspot.co.id/2012/06/pengertian-tanggungjawab.html?m=1
-          Tips Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab. Dalam http://plazaonly.blogspot.com/2016/05/tips-cara-agar-menjadi-pribadi-yang.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar