Kamis, 28 September 2017

Pentingnya kepedulian terhadap sesama

                                          @D13-Mega, @proyekB05
                                             Oleh: Mega Puspitasari



Apa sih peduli itu?
Peduli adalah kemampuan untuk berbagi dan peduli kepada orang lain. Ini seperti misalnya membantu korban bencana alam, menolong orang lain yang terkena musibah, ataupun meringankan seseorang yang lekas menerima ujian Tuhan seperti kecelakaan. Adapun bentuk-bentuk lain empati itu antara lain: memberikan masukan positif, memberikan pelayanan / memudahkan orang lain, mengembangkan orang lain, menjaga kesopanan dalam pergaulan, memahami aturan main yang berlaku, baik yang tertulis atau yang tidak tertulis, dan lain-lain. Dalam Al-Quran, bentuk peduli ini seperti dijelaskan dalam surat berikut:
”Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa."
 (Qs. Al-Maidah: 02)
Menurut Al-Quran, kesempurnaan peduli ini akan terwujud ketika seseorang yang sanggup melakukan dua hal (Ali Imron: 159). Pertama, sanggup mengekspresikan ucapan dan sikap yang tidak menyinggung atau menyakitkan (fadzdzon). Kedua, sanggup memberikan bantuan (gholiidzon). Banyak orang yang sikap dan ucapannya bagus tetapi tidak bisa berbuat apa-apa secara nyata. Banyak juga yang bisa membantu tetapi ucapannya menyakitkan. Ini empati juga, tetapi kesempurnaanya belumlah optimal.

Bagaimana cara meningkatkan rasa peduli?
•Cepat menangkap isi perasaan dan pikiran orang  lain (understanding others).
•Memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh orang lain. Memberi, bukan mengambil (service orientation), apalagi memanipulasi.
•Memberikan masukan-masukan positif atau membangun  orang lain (developing others).
•Mengambil manfaat dari perbedaan, bukan menciptakan konflik dari perbedaan (leveraging diversity).
•Memahami aturan main yang tertulis atau yang tidak tertulis dalam hubungan kita dengan orang lain (Political awareness).

Tahukah kamu? Ternyata berbagi itu tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi bagi diri sendiri juga. Kira-kira apa saja manfaatnya bagi diri kita, ya?

1.Membuat perasaan bahagia
Apa yang kita miliki akan berkurang jika kita bagikan kepada orang lain. Namun hal ini bisa membuat kita bahagia. Kenapa? Sebab, ketika menolong orang, otak kita akan memproduksi hormon dopamin. Dopamin ini adalah hormon yang menghasilkan perasaan bahagia.

2.Menularkan kebaikan
Sikap berbagi dan menolong sesama adalah kegiatan yang baik. Jika kita menolong orang lain, orang tersebut akan merasa senang. Ini membuat mereka biasanya akan berbuat baik juga kepada yang lain. Begitu seterusnya hingga banyak orang yang dengan senang hati berbagi.

3.Meningkatkan rasa peduli
Menolong dan berbagi akan melatih rasa peduli. Sebagai makhluk sosial, kita perlu menjaga hubungan yang baik dengan sesama. Jika ada yang sedang membutuhkan, alangkah baiknya kita membantu mereka. Karena hal ini bisa membuat mereka dan kamu sama-sama bahagia.

Perlu diingat, bahwa menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama itu sangatlah penting selain bisa menjalin silaturahmi dengan orang-orang disekitar kita juga bisa merasakan kebahagiaan untuk orang yang kita bantu ataupun untuk diri kita sendiri. Oleh karna itu mari kita tingkatkan kepudulian kita terhadap orang lain karna berbagi itu indah.

Daftar pustaka
Arsyad. 2013. Empati, kepedulian terhadap sesama dalam http://rasyisme.blogspot.co.id/2013/02/empati-kepedulian-terhadap-sesama.html?m=1
Kristyanti Yuliana. 2016. Pentingnya kepedulian terhadap sesama dalam
http://yulianakristianti.blogspot.co.id/2016/09/peduli-dengan-sesama-adalah.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar