Jumat, 22 September 2017

Manusia yang Tanggung Jawab


Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga dapat berwujud seperti perwujudan kesadaran dan kewajiban. Tanggung jawab itu bersifat mutlak artinya setiap manusia yang hidup mempunyai tanggung jawabnya masing-masing. Tanggung jawab adalah salah satu elemen penting dalam menjalani kehidupan. Tanpa adanya tanggung  jawab manusia akan terlena karena tidak mempunyai suatu beban yang harus di tanggungnya. Tanggung jawab terbagi menjadi beberapa bentuk lagi, yaitu:

1. Tanggung jawab terhadap Tuhan


Kita sebagai umat yang beragama tentu mempunyai tanggung jawab yang harus kita penuhi terhadap tuhan. Tuhan menciptakan kita bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan kita diberi sangat banyak tanggung jawab. Kita harus menjalankan semua perintahNYA dan menjauhi larangangaNYA. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum tuhan yang telah diatur sedemikian rupa dalam berbagai kitab suci bergai melalui macam-macam agama.

2. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Manusia yang bisa memenuhi rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri akan menjadi mansia yang unggul.

3. Tanggung jawab terhadap keluarga
Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari ayah, ibu, anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tanggung jawab terhadap keluarga tidak hanya dipikul oleh seorang ayah melaikan setiap anggota keluarga mempunyai tanggung jawab yang sama. Tanggung jawab ini menyangkut menjaga nama baik keluarga, kesejatrahan, keselamatan, dan kehidupan
4. Tanggung jawab terhadap masyarakat
Manusia merupakan makhluk sosial yang dimana untuk melakukan sesuatu hal memerlukan bantuan manusi lain. Tanpa adanya suatu komunikasi maka bantuan dari manusia lain tidak bisa di dapatkan. Maka dari itu kita harus menjaga dan ikut bertanggung jawab terhadap apa yang ada di lingkungan masyarakat.
5. Tanggung jawab terhadap Negara
Dalam berpikir, berbuat, bertindak, dan bertingkah laku manusia terikat oleh norma-norma yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara terhadap apa yang telah ia perbuat. Kita harus menjaga nama baik bangsa dan Negara kita sendiri dengan prestasi-prestasi anak bangsa.
Tanggung jawab itu seperti halnya ibarat perangko dan lemnya, mengapa demekian? Karena kita hidup kita di dunia butuh rasa tanggung jawab atas hal apa saja. Kita disini tidak boleh menggunakan keegoisan kita, karena kita butuh oorang lain untuk melngkapi hidup kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar