Selasa, 26 September 2017

TANGGUNG JAWAB

 
@D09-Huda, @ProyekB04
oleh : Muhammad Huda

A.      PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Pengertian tanggung jawab dalam Kamus Umum Bahasa Besar Indonesia adalah keadaan dimana wajib menanggung segala sesuatu, sehingga berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.
Adapun tanggung jawab secara definisi merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Tanggung jawab bersifat kodrati, yang artinya tanggung jawab itu sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia dan yang pasti masing-masing orang akan memikul suatu tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dilihat dari dua sisi, yaitu:
1.     Dari sisi yang berbuat
2.     Dari sisi yang kepentingan pihak lain.
B.     JENIS-JENIS TANGGUNG JAWAB
1.     Tanggung jawab kepada Allah
2.     Tanggung jawab kepada keluarga
3.     Tanggung jawab kepada masyarakat
4.     Tanggung jawab kepada Bangsa Negara
C.    MANFAAT MEMILIKI SIKAP TANGGUNG JAWAB
1.     Anda akan lebih dihargai dan dihormati
2.     Tidak memudahkan Anda untuk berbuat kesalahan
3.     Anda akan mendapatkan banyak kepercayaan, baik diorganisasi, masyarakat maupun tempat Anda bekerja
4.     Anda akan lebih berhati-hati dalam bertindak
5.     Anda akan lebih fokus pada solusi dan juga pengembangan diri Anda
6.     Anda akan memegang kendali dalam setiap sisi
7.     Sikap bertanggung jawab yang Anda terapkan akan mendorong tercapai kesuksesan
8.     Anda akan lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus Anda selesaikan
9.     Anda tidak akan merasa capek dengan mencari alasan atas kebohingan Anda
10. Orang lain merasa lebih tenang dan nyaman ketika berada disamping Anda

Contohnya saya sebagai seorang mahasiswa mempunyai kewajiban belajar. Bila saya belajar, maka hal itu berarti saya telah memenuhi kewajiban. Berarti pula saya telah bertanggung jawab atas kewajiban saya. Sudah tentu bagaimana kegiatan belajar saya, itulah kadar pertanggung jawabannya. Bila pada ujian saya mendapat nilai A, B atau C itulah kadar pertanggung-jawabannya.
Bila saya malas belajar, dan saya sadar akan hal itu. Tetapi saya tetap tidak mau belajar dengan alasan capek, segan dan lain-lain. Padahal saya akan menghadapi ujian. Ini berarti bahwa saya tidak memenuhi kewajiban saya sebagai mahasiswa, berarti pula saya tidak bertanggung jawab.

KESIMPULAN
          Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sesuatu sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Setiap manusia memiliki tanggung jawab yaitu tanggung jawab terhadap Alloh SWT, tanggung jawab terhadap keluarga, tanggung jawab terhadap masyarakat dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

DAFTAR PUSTAKA :
·        Naufal Muttaqien, 12 Juni 2013, dalam http://www.kompasiana.com/nopalmtq/mengenal-arti-kata-tanggung%20jawab_5529e68b6ea8342572552d24, (diakses tanggal 26 September 2017)
· Rahmatfitriyanto, 2016, “Tanggung Jawab dalam Islam”, dalam http://rahmadfitriyanto.blogspot.co.id/2016/04/tanggung-jawab-dalam-islam.html (Diakses pada 26 September 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar