Selasa, 12 September 2017

Pentingnya bersikap jujur

PENTINGNYA BERSIKAP JUJUR


@E13-Fajar,@ProyekA02
Oleh Fajar pambudi


PENTINGNYA UNTUK BERSIKAP JUJUR
Menurut fajar (2017) ,Bersikap jujur berarti memilih untuk tidak berbohong, mencuri, berbuat curang, atau menipu dengan cara apa pun. Sewaktu kita jujur, kita membangun kekuatan karakter yang akan memungkinkan kita untuk melakukan pelayanan yang besar kepada Allah dan sesama. Kita diberkati dengan kedamaian pikiran dan rasa hormat kepada diri sendiri serta akan dipercaya oleh Tuhan dan sesama.

Jika diartikan secara lengkap maka jujur merupakan sikap  seorang ketika berhadaapan dengan suatu atau pun fenomena tertentu dan menceritakan kejadian tersebut tanpa ada perubahan/modifikasi sedikit pun  atau bener-benar sesuai dengan realita yang terjadi.

  • 1. Kejujuran mendatangkan kebahagiaan
  • Sangat sulit memang untuk selalu bersikap jujur. Namun, ini adalah jalan terbaik untuk bisa merasakan kebahagiaan. Akan tetapi, hendaknya kejujuran juga disertai dengan pola pikir yang dewasa agar kejujuran yang kita lakukan tidak menyinggung perasaan orang lain karena apa yang kita lakukan atau ucapkan.
  • 2. Kejujuran mendatangkan ketenangan
  • Dengan selalu bersikap jujur tidak hanya kebahagiaan yang bisa kita rasakan, tapi juga ketenangan. Hal ini karena kita tidak perlu merasa takut karena merasa dikejar-kejar sesuatu akibat kebohongan yang kita lakukan. Oleh sebab itu, berusahalah meninggalkanlah apa yang meragukan menuju ke perkara yang tidak meragukan, sesungguhnya jujur adalah ketenangan sedangkan dusta adalah keraguan.
  • 3. Kejujuran mendatangkan pahala
  • Tuhan tidak pernah tinggal diam dan pasti akan membalas kita dengan pahala yang yang berlimpah jika kita bisa selalu bersikap jujur dalam kehidupan ini.
  • 4. Kejujuran mendatangkan rasa percaya diri
  • Dengan bersikap jujur kita akan selalu merasa optimis dalam melakukan segala sesuatu meskipun hasil yang diperoleh mungkin tidak memuaskan. Namun, di balik itu semua kita tidak perlu merasa takut akibat dibayang-bayangi oleh perasaan bersalah dari perbuatan yang kita lakukan.

Contoh sikap jujur
-tidak pernah mengambil atau merugikan orang lain
-tidak pernah membohongi diri sendiri atau orang lain
-selalu berkata sesuai dengan kenyataan
-dapat bertanggung jawab

                                         https://www.lds.org/youth/learn/yw/commandments/honest?lang=zho&clang=ind




Tidak ada komentar:

Posting Komentar