Jumat, 29 September 2017

SIKAP PEDULI

@D15-Lutfi, @ProyekB05
Oleh Lutfi Bayhaqi


pengertian sikap menurut Secord & Backman, sikap adalah keteraturan tertentu dalam hal perasaan, pemikiran, dan predisposisi tindakan (konasi) seseorang terhadap suatu aspek di lingkungan sekitarnya.

Peduli menurut KBBI adalah mengindahkan, memperhatikan’
Sikap peduli terhadap sesama seharusnya perlu selalu dijaga karena dalam hidup ini ada saling ketergantungan kita terhadap sesama. Salah satu contoh sikap peduli adalah kepedulian sosial. 

Kepedulian sosial
                                                        
Kepedulian sosial adalah perasaan bertanggung jawab atas kesulitan yang dihadapi oleh orang lain di mana seseorang terdorong untuk melakukan sesuatu untuk mengatasinya.
“Kepedulian Sosial” dalam kehidupan bermasyarakat lebih kental diartikan sebagai perilaku baik seseorang terhadap orang lain di sekitarnya.
Kepedulian sosial dimulai dari kemauan “MEMBERI” bukan “MENERIMA”
Bagaimana ajaran Nabi Muhammad SAW untuk mengasihi yang  KECIL dan Menghormati yang BESAR; orang-orang kelompok ‘besar’ hendaknya mengasihi dan menyayangi orang-orang kelompok ‘kecil’, sebaliknya orang ‘kecil’ agar mampu memposisikan diri, menghormati, dan memberikan hak kelompok ‘besar’.

Kepedulian sosial dibagi menjadi 3, yaitu:

*      Kepedulian yang berlangsung saat suka maupun duka.
*      Kepedulian pribadi dan bersama.
*      Kepedulian yang sering lebih mendesak.

Sumber kepedulian sosial berasal dari dua sumber, yakni :

©      Bersumber dari cinta
Kepedulian sosial muncul dari kepekaan hati untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari sering kita dengar istilah empati, yang dapat diartikan sebagai kesanggupan untuk memahami dan merasakan perasaan-perasaan orang lain seolah-olah itu perasaan diri sendiri.
©      Tidak karena macam-macam alasan
Kepedulian sosial yang kita kembangkan adalah kepedulian yang timbul dari hati yang terbuka mau berbagi untuk sesamanya tanpa didorong atau disertai alasan-alasan tanpa meminta imbalan apapun.

Kesimpulan

Peduli itu merupakan sesuatu kebahagiaan yang teramat menyenangkan karna
Dari kita peduli kita bisa sedikit mengurangi beban orang yang kita peduliakan/tolong.

Terima kasih

DAFTAR PUSTAKA
Azizah iim, 2012, kepedulian sosial, dalam
utami fitri, 2015, sikap peduli, dalam
dimas,2014, etika dan kepribadian, dalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar