Jumat, 22 September 2017

Aplikasikan Tanggung Jawab

@ProyekA04, @E09-Maulani
Oleh Maulani Nurtilawah
 
A. Pengertian
Menurut Naufal Mutaqien Tanggung jawab secara definisi merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban.
Dalam AL-Quran surat Al-Anam ayat 164 dinyatakan bahwah tanggung jawab tersebut akan dimintai pertanggung jawaban apabila telah memenuhi syarat-syarat tertentu,seperti pengetahuan,kemampuan, serta kesadaran dan seorang yang berdosa tidak dapat memikul dosa orang lain, dan kami tidak akan menyiksa sebulum kami mengutus seorang rasul (QS. Al-Israa 17:15) .Allah tidak membebani seorang kecuali sesuai dengan kemampuannya (QS. Al-Baqarah 2:286). 
Sari gabungan kedua ayat diatas, kita dapat memetik dua kaidah yang berkaitan dengan tanggung jawab, yaitu
1. Manusia tidak dimintai untuk mempertanggung jawabkan apa yang tidak diketahui atau tidak mampu dilakukannya. 
2. Manusia tidak dituntut untuk mempertanggung jawabkan apa yang tidak dilakukannya, sekalipun hal tersebut diketahuinya.

B. Macam-macam tanggung jawab
1. Tanggung jawab terhadap Tuhan,
2. Tanggung jawab terhadap diri sendiri,
3. Tanggung Jawab terhadap keluarga
4. Tanggung jawab terhadap masyarakat
5. Tanggung Jawab kepada bangsa dan negara.

C. Aplikasi tanggung jawab dalam kehidupan 
1. Tidak melakukan hal-hal bodoh yang dapat membahayakan keselamatan sendiri (contoh: merokok, narkoba, minum-minuman keras).
2. Berempati terhadap orang lain, karena apalagi yang dapat kita lakukan untuk membuat kita lebih menjadi “manusia” selain memiliki empati untuk orang lain dan dunia.
3. Belajar, karena mengedukasikan diri sendiri adalah hal yang menyenangkan dan dapat merelaksasikan diri. Pengetahuan sangat penting bagi diri masing-masing individu.
4. Ikut berpartisipasi dalam acara kenegaraan (contoh: upacara bendera) karena berpartisipasi dalam event kenegraaan akan membuat kita mencintai dan menghargai negara kita sendiri.
5. Menjadi pelajar yang teladan, karena dengan menjadi seorang yang pintar kita dapat mengikuti berbagai kejuaraan dan mengharumkan bangsa dan negara.
6. Membanggakan keluarga khususnya keluarga, karena membanggakan orang terdekat kita akan membawa kepuasan tersendiri dan akan menambah keharmonisan keluarga.
7. Berbakti terhadap orang tua, karena tanpa mereka kita daka ada didunia ini. 
8. Berdoa, berdoa selalu memohon ampunan dari-Nya kaen semua yang didunia adalah fana.

D. Kesimpulan
Tanggung jawab adalah ciri manusia beradab (berbudaya). Manusia merasa bertanggung jawab karena ia menyadari akibat baik atau buruk perbuatannyaitu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian atau pengorbanannya. Untuk memperoleh atau meningkatkan kesadaran bertanggung jawab perlu ditempuh usaha melalui pendidikan, penyuluhan, keteladanan dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

DAFTAR PUSTAKA 
Muttaaqien,N. 2013. Mengenai Arti Tanggung jawab. Kompasiana dalam http://www.kompasiana.com/nopalmtq/mengenal-arti-kata-tanggung%20jawab_5529e68b6ea8342572552d24
Satrio, M. _____. Tanggung jawab manusia dalam Islam. A. dalam https://www.academia.edu/15167418/Tanggungjawab_manusia_dalam_islam
Syifa. 2016. Tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari. WordPress.com dalam https://syifamss.wordpress.com/2016/06/23/tanggung-jawab-dalam-kehidupan-sehari-hari/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar