Selasa, 26 September 2017

TANGGUNG JAWAB

 @E16-Tania, @proyekA04


Tanggung jawab
Menurut Said Hamis Hasan, dkk (2010:10) menyatakan bahwa definisi tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat , lingkungan (alam, sosial, dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. Menurut KBBI, tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya). Seseorang harus mempunyai kesadaran dalam bertanggung jawab dalam hal melakukan tugas dan kewajibannya. Dengan kita bertanggung jawab maka kita dapat menilai berhasil atau tidaknya dalam melaksanakan tugas atau kewajiban. Jika kita bertanggung jawab dengan penuh maka kita akan berhasil. Sebagai seseorang mahasiswa mempunyai kewajiban untuk belajar, jika ia memenuhi kewajibannya (belajar) maka ia bertanggung jawab. Setiap manusia memiliki masing-masing tanggung jawab yang berbeda-beda.
Manfaat tanggung jawab
1. Pujian
Orang yang dapat melaksanakan tanggung jawabnya akan mendapatkan pujian. Orang yang bertanggung jawab membuktikan bahwa dirinya adalah orang yang dapat menguasai waktu diri dan waktu dengan baik
2. Memiliki banyak teman
Orang lain akan senang jika kita memiliki rasa tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban atau hal-hal lainnya.
3. Kepercayaan
Orang yang bertanggung jawab termasuk orang yang dapat dipercaya karena ia membuktikan dengan menyelesaikan tugas dan kewajibannya.
4. Menumbuhkan disiplin yang tinggi
Mampu mengerjakan tugas dan kewajiban dengan baik dan waktu yang tepat juga merupakan sifat displin
5. Dapat menghargai waktu
6. Dapat dipercaya sebagai pemimpin
Seseorang akan menjadi pemimpin jika ia bisa bertanggung jawab dalam hal tugas maupun yang lainnya.
7. Dihargai dan dihormati oleh orang lain
8. Sikap bertanggung jawab yang anda terapkan akan mendorongnya kesuksesan

Macam-macam tanggung jawab
1. Tanggung Jawab Terhadap Keluarga
Merupakan masyarakat kecil, keluarga terdiri dari suami-istri , ayah ibu dan anak anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarganya. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga tapi ketangung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan pendidikan dan kehidupan.
2. Tanggung Jawab Terhadap Masyarakat
Manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajar apabila segala tingkahlaku dan perbuatannya harus dipertaggung jawabkan kepada masyarakat.
3. Tanggung Jawab Terhadap Bangsa/Negeri

Bahwa setiap manusia adalah warga Negara suatu Negara dalam berpikir, berbuat, bertindak, serta tingkah laku manusia terikat oleh norma norma atau ukuran ukuran yang dibuat oleh Negara. Manusia tidak dapat berbuat semuanya sendiri bila perbuatan manusia itu salah maka ia harus bertanggung jawab kepada Negara.
4. Tanggung Jawab Terhadap Tuhan
Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengisi kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga dikatakan tindakan manusia tidak lepas dari hukuman hukuman Tuhan.

Ciri-ciri orang bertanggung jawab
1. Menanggung akibat perbuatanya.
Orang yang bertanggung jawab tidak akan lari dari perbuatan yang dilakukanya. Ia akanakan menghadapi sanksi atau hukumanya. Sebaliknya, orang yang tidak bertanggung jawab akan lari dari resiko yang ada, ia ia akan melemparkanya kepada orang lain, atau melakukan fitnahan pada orang lain. Perbuatan mengorbankan oranglain termasuk tindak kekerasan. Tindakan ini harus dihindari. Apapun bentuk resiko kita harus menaggungnya.
2. Tidak akan menyalahkan orang lain.
Pelaku perbuatan merupakan orang pertama yang akan menanggung akibat perbuatanya yang salah. Apabila kita salah, jangan lempar batu sembunyi tangan. Hal itu tidak baik. Kita yang berbuat, maka kita yang harus mempertanggung jawabkanya.
3. Menyadari kelemahan.
Perbuatan yang salah harus kita sadari sebagai bentuk kelemahan atau kekurangan diri kita. Mengakui kesalahan atau kelemahan merupakan perbuatan yang baik untuk melakukan kebaikan di kemudian hari.
4. Berusaha memperbaiki diri.
Upaya untuk menciptakan keadaan menjadi lebih baik dari sebelumnya merupakan perbuatan yang baik. Orang yang bertanggung jawab akan selalu berusaha memperbaiki diri dari segala kekurangan dan kelemahan serta kesalahan.

Daftar Pustaka
Anwar, Indra 2012. Karakter Tanggung Jawab dalam Pembelajaran. Indra-anwar.blogspot.co.id . Dalam http://indra-anwar.blogspot.co.id/2012/02/karakter-tanggung-jawab-dalam.html?m=1 . Diunduh 24 Februari 2012.
Hiskowanto 2009. Renunganku: Berbagi Pendapat saling Membangun. Hiskowanto.blogspot.co.id . Dalam http://hiskowanto.blogspot.co.id/2009/09/karakter-tanggung-jawab.html?m=1 . Diunduh 9 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar