Selasa, 05 September 2017

MENGENAL DIRI SENDIRI

MENGENALI DIRI SENDIRI




                                       @D06-Rebekka , proyekB01
                                                                       Oleh : Rebekka oktavia nainggolan





MENGENALI DIRI SENDIRI

1.     Pengertian mengenal diri Sendiri
Mengenal diri merupakan salah satu ciri khas manusia, sebagai makhluk istimewa, terutama karena memiliki akal budi dan kehendak yang bebas.mengenal diri sendiri mencakup pemahaman tentang potensi yang dimiliki dan mengetahui cara-cara pemanfaatannya serta cara-cara pengembangannya yang sesuai. Banyak orang yang tidak mengenal diri sendiri karena tidak tau caranya.
Manusia memiliki dua entitas yaitu jasmani dan rohani. Entitas jasmani secara menyeluruh dapat diketahui, namun entisitas secara rohani manusia sangat sulit mengetahui secara keseluruhan untuk
terungkap karena mengenal diri sendiri bukanlah perkara yang mudah.
            mengenal diri sendiri adalah suatu keberhasilan memahami hal-hal yang penting tentang diri sendiri, yang membantu dalam usaha membangun sikap baik dan positif pada diri sendiri, mau menerima dan mengembangkan diri sendiri.
            Kita manusia diutamakan mengenal diri sendiri dalam mengenal kepribadian, watak, bakat dan potensi,serta dapat memetakan diri sendiri perihal kekuatan dan kelemahan.

2.     Tujuan mengenal diri sendiri
a.      Untuk memahami dan mengenal dirinya serta mampu mengembangkan kemampuannya.
b.      Agar terbentuk percaya diri serta prinsip hidup menuju kehidupan yang sejahtera. Sikap dan perilaku percaya diri adalah kemampuan mengekspresikan diri atau mengemukakan hak-hak pribadi serta mempertahankannya tanpa melanggar hak orang lain

3.     Cara mengenali diri sendiri
Penelusuran bakat dan kepribadian diri sendiri melalui, kebersamaan kita dengan orang lain untuk membandingksn diri kita dengan orang di sekitar kita, membaca buku-buku pengenalan diri, meninjau kembali pengalaman sehari-hari, memiliki kegigihan dalam mengejar cita, ketekunan dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, kesetiaan dalam menepati janji, kepekaan terhadap lingkungan.

4.     Konsep diri sendiri / Gambaran tentang diri sendiri
Sering kali kita membandingkan diri kita dengan orang lain, umumnya melihat orang lain lebih beruntung, dan mulai berandai andai.
keasyikan membanding-bandingkan membuat kita lupa diri sendiri.
Setiap manusia memiliki kelebihan tertentu, tapi yang semua bisa memiliki adalah kejujuran, keberanian, ketekunan, kemurahan, kerendahan hati, karena hal tersebut tidak lahir dengan sendirinya melainkan muncul dari diri yang ingin mengembangkannya.
“Tidak ada orang yang sempurna” setiap orang memiliki kelebiihan dan kekurangan.yang terpenting adalah bagaimana kita menyikapi kelebihan dan kelemahan kita.

        Terdapat empat potensi manusiawi yang perlu dipelihara dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya, yaitu potensi badaniah, potensi mental intelektual, potensi mental spiritual, dan potensi sosial emosional.
Untuk memanfaatkan, memelihara dan meningkatkan kinerjanya,perlu mengenalinya secara lebih mendalam tentang potensi diri.
meningkatkan dan mengembangkan potensi diri, satu-satunya jalan yang tercepat adalah melalui proses pembelajaran.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar