Selasa, 05 September 2017

Manfaat serta Pentingnya Mengenal Diri

@D20-Novia , @proyekB01
Disusun oleh Novia Nila Sutarman


APA SIH MANFAAT MENGENAL DIRI BUAT KITA?

Potensi diri adalah kemampuan dasar manusia yang siap untuk direalisasikan menjadi suatu kekuatan yang memiliki manfaat nyata dalam kehidupannya. Bakat adalah suatu karakteristik unik individu yang membuatnya mampu melakukan suatu aktivitas maupun tugas secara mudah dan sukses. Minat adalah usaha dan kemampuan untuk mempelajari serta mencari sesuatu. Sedangkan sikap adalah hasil belajar dan prkatek yang merupakan hasil perpaduan berbagai trait dan ability.
Seseorang tidak akan mampu mengubah keadaan diri sendiri selama tidak mengerti, tidak mengenali, dan tidak mencintai potensi dirinya sendiri. Untuk itu dibutuhkan keberanian dan kemauan untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki sebagai langkah awal untuk mengenali semua potensi yang ada.
Lalu potensi apa yang aku miliki? Pertanyaan ini nampaknya gampang-gampang sulit untuk dijawab.  Sebab seringkali penilaian kita terhadap diri kita sendiri meleset atau melenceng dari apa yang sebenarnya ada pada diri kita. Oleh karena itu, ketenangan dan kesiapan mental yang baik diperlukan untuk dapat mengenali potensi diri kita dengan tepat. Pada dasarnya potensi atau talenta tiap-tiap orang itu berbeda-beda satu dengan yang lainnya, meskipun ada kemiripan. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah dengan refleksi diri.
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan memahami diri sendiri, antara lain :
1.      Mampu Menentukan Jalan Hidup
Dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Mulai dari pilihan dalam berkarir, asmara, tempat berlibur, dan lain sebagainya. Bila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu kita jauh lebih mudah menentukan pilihan yang tepat. Ambil contoh kecilnya kita menyukai menulis, tentu kita dapat dengan mudah memilih berkarir di dunia tulis menulis.
2.   Mudah Mencari Solusi
Sebagai manusia biasa, tentu kita dihadapkan pada beberapa masalah entah itu masalah ringan maupun rumit. Kita akan lebih mudah mencari solusi tepat jika sudah mengenali diri sendiri. Ibarat orang sakit, obatnya beda-beda kan? Semisal dalam menyelesaikan masalah Anda butuh masukan orang lain, tentu Anda akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan meminta saran dari orang terdekat yang sudah menjadi pilihan Anda.
3.   Membantu Berkompromi dengan Diri Sendiri
Masih terkait dengan masalah.  Ketika kita dihadapkan pada sebuah masalah, dengan keberhasilan kita mengenali diri sendiri akan membantu kita untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.
4.   Mampu Hidup Bermasayarakat
Dalam hidup bermasyarakat, tentu kita dihadapkan pada ragam kepribadian. Beda kepribadian, cara bersosialisasinya juga beda. Untuk memahami kepribadian orang lain, tentu kita juga harus bisa mengenali kepribadian kita dulu. Bagaimana bisa mengenal orang lain dengan baik kalau belum bisa mengenal diri sendiri?
5.   Mampu Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan
Masing-masing individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat mencoba mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Kita bisa meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan. Bukankah hal ini sangat bermanfaat untuk kita?
6.   Mampu Menerima Kondisi Diri
Ketika kita mulai mengerti kelebihan dan kekurangan yang kita punya, tentu kita turut terbantu pula untuk menerima ikhlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Begitu juga keikhlasan menerima dan bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain. Supaya tidak ada perasaan iri maupun cemburu berlebih yang memberikan efek buruk.

Jadi, jelaslah bahwa memahami potensi diri itu sangatlah penting dan memang perlu diupayakan oleh setiap pribadi. Namun, yang perlu dingat adalah potensi itu bukanlah sebuah produk atau barang yang sudah jadi. Potensi atau talenta yang dapat meningkatkan kinerja (produktifitas) hidup kita adalah hasil atau produk dari pengalaman belajar dan pengalaman hidup kita sehari-hari yang sudah kita refleksikan.
Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkan dan mengaktualisasikan diri semaksimal mungkin dalam kehidupan, melalui berbagai potensi yang ada pada dirinya dan mulailah dari sekarang meraba-raba potensi diri lebih dalam untuk meraih harapan yang terbungkus angan-angan agar tiada menyesal di akhirnya !

DAFTAR PUSTAKA
http://ferdiansyahfahri.blogspot.co.id/2015/03/manfaat-dan-pentingnya-mengenali-bakat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar