Selasa, 05 September 2017

Mengenal Diri Sendiri


Di susun oleh : Reno Bayu Aditya
@E22-Reno @proyekA01

Setiap manusia cenderung berfikir mengembangkan dirinya sendiri menjadi lebih baik, lebih matang dan lebih mantap. Di sisi lain setiap manusia memiliki kemampuan dan keunikan tersendiri dan tidak bias ditiru oleh orang lain. 
Sejauh mana kemampuan seseorang  terwujud sangat ditentukan oleh seberapa jauh keiningin untuk perkembangan terhadap konsep diri seseorang dan seberapa jauh seseorang tersebut merasa dirinya perlu belajar agar lebih baik lagi.
Hal ini dapat diketahui dengan cara mengenal dirinya.  Mengenal diri sendiri berarti memperoleh pengetahuan tentang keseluruhan diri, yaitu kita dapat menyadari kelebihan/kekurangan yang dimiliki pada diri sendiri. Disini akan membahas apa saja mengenai materi mengenal diri sendiri.

Pengertian
Mengenali diri sendiri adalah kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa kelebihanku, apa perananku, dan apa keinginanku. Kesadaran dan pemahaman ini akan mempermudah diri sendiri dalam mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya. Mengenal diri merupakan salah satu ciri khas manusia, sebagai makhluk istimewa, terutama karena memiliki akal budi dan kehendak bebas.
          
  Manfaat mengenali diri sendiri
1)      Seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya, sehingga kita dapat menyadari apa saja kekurangan yang ada pada diri kita sendiri. Sehingga memuat kita termotivasi dalam mengatasi setiap kelemahan.
2)      Mampu Menentukan Jalan Hidup, Dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Mulai dari pilihan dalam berkarir, asmara, tempat berlibur, dan lain sebagainya. Bila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu kita jauh lebih mudah menentukan pilihan yang tepat.
3)      Mampu Hidup Bermasayarakat. Dalam hidup bermasyarakat, tentu kita dihadapkan pada ragam kepribadian. Beda kepribadian, cara bersosialisasinya juga beda. Sehingga kita dapat berfikir dan bisa memahami karakter orang lain.
4)       Mampu Mengetahui Potensi Diri. Saat mencoba mengenali diri, tentu kita mendapati beberapa potensi yang kita punya. Dengan mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri, kita bisa mengoptimalkannya untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan.





Cara mengenal diri
1)      Pengalaman sehari-hari seperti sabar/tidak dalam antrian, kegigihan dalam mengejar cita, ketekunan dalam menjalankan tugas, kesetiaan menepati janji, kepekaan terhadap lingkungan, dll. Tinjau kembali pengalaman-pegalaman tersebut.
2)      Kebersamaan dengan orang lain, hal ini diperlukan untuk membandingkan dengan orang lain, apa perbedaan-persamaan, dan di mana kekhususan kita. Kita bisa mengambil contoh dari sikap dan tutur kata.
3)      Refleksi pribadi missal dengan cara rekoleksi, tafakkur, tahajud, wirid, dan puasa.  Perpaduan dari berbagai cara mengenal diri, dapat memberi pemahaman yang semakin baik tentang diri. pemahaman yang semakin baik sangat membantu untuk menerima dan mengembangkan diri.
4)      .Kaca mata orang lain atau penilaian orang lain lebih obyektif. Sering kali kita mendapat masukan atau arahan tentang perilaku kita di mata mereka.

Kepribadian diri
Kepribadian adalah keseluruhan sikap, ekspresi, perasaan, temparmen, ciri khas dan juga prilaku seseorang. Sikap perasaan ekspresi dan tempramen tersebut akan terwujud dalam tindakan seseorang kalau di hadapkan kepada situasi tertentu. Setiap orang memiliki kecenderungan prilaku yang tetap terus menerus secara konsisten dalam menghadapai situasi yang sedang di hadapi, sehingga jadi ciri khas pribadinya.
                  
Watak atau sifat
Definisi watak manusia adalah karakter bawaan dari lahir, atau sifat turun temurun dari gen ayah dan ibu yang lebih dominan. Watak bisa mempengaruhi tingkah laku seseorang. Namun disisi lain perilaku seseorang bisa diatur dan dibentuk, tergantung oleh lingkungan dimana manusia itu beradaptasi dan interaksi.
Daftar pustaka



Tidak ada komentar:

Posting Komentar