Sabtu, 02 September 2017

Kenali, Pahami dan Kembangkan

Mengenali Diri Sendiri




 @D14-Humairoh, @proyekB01
Disusun oleh : Humairoh












"Siapa aku?"
"Apa yang aku sukai?"
"Apa bakat aku?"

     Mungkin masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seperti itu didalam benak kita. Bahkan  banyak hal-hal yang belum kita ketahui dari diri kita dan mingkin masih terpendam manis. Yang harus kita ketahui adalah Setiap manusia memiliki potensi diri dan kelebihan masing-masing. Yang membedakan ialah cara mengembangkan potensi tersebut. Salah satu langkah awal untuk mengembangkan potensi yang ada didalam diri kita adalah dengan mengenal diri sendiri. Seseorang bisa dikatakan sukses apabila ia telah mengenal dirinya sendiri karena dengan begitu ia tahu apa tujuan hidupnya dan  Itu adalah kunci dari segala kesuksesan.

Apa itu mengenal diri?
         Mengenal diri adalah suatu proses untuk mengetahui siapa kita, potensi apa yang kita punya dan apa yang kita inginkan atau butuhkan. Selain itu mengenal diri adalah kunci kesuksesan karena dengan kita tahu diri kita seperti apa, minat dan bakat kita dimana, kita jadi tahu apa yang harus kita lakukan untuk mengembangkan potensi tersebut. Banyak dari kita yang sampai sekarang tidak tahu dirinya sendiri. Menurut John Robert Powers (1977),  konsep diri adalah ‘kesadaran dan pemahaman terhadap dirinya sendiri yang meliputi ; siapa aku, apa kemampuanku, apa kekuranganku, apa kelebihanku, apa perananku, dan apa keinginanku’Konsep diri menjadi dasar perilaku hidup sehari-hari yang disadari. Kesadaran dan pemahaman akan dirinya semakin mencerminkan prinsip hidup dan kehidupannya.
      Dalam psikologi ada konsep yang disebut Johari Window atau Jendela Johari, yang menggambarkan pengenalan diri kita. Ada empat jendela dalam Jendela Johari.
1.Jendela terbuka. Hal-hal yang kita tahu tentang diri sendiri, tapi orang lain pun tahu. Misalnya keadaan fisik, profesi, asal daerah, dan lain-lain
.2.Jendela tertutup. Hal-hal mengenai diri kita yang kita tahu tapi orang lain tidak tahu. Misalnya isi perasaan, pendapat, kebiasaan tidur, dan sebagainya
.3.Jendela buta. Hal-hal yang kita tidak tahu tentang diri sendiri maupun orang lain tidak tahu. Ini adalah wilayah misteri dalam kehidupan. 

Manfaatnya dan tujuan mengenal diri

1. seseorang dapat mengenal kenyataan dirinya, dan sekaligus kemungkinan-kemungkinannya, serta (diharapkan mengetahui peran apa yang harus dia mainkan untuk mewujudkannya.
2. Mampu menentukan jalan hidup
3. Mudah mencari solusi
4. Mampu mengetahui kelebihan dan kekurangan diri
5. Mampu hidup bermasyarakat

Cara mengenali diri

1. Bersikap terbuka (open minded) terhadap kritik, saran orang lain, dan mau menerima apa adanya demi perkembangan dirinya
2. Melalui penelusuran bakat dan kepribadian
3. Melalui pengalaman sehari-hari
4.Melalui kebersamaan dengan orang lain
5. Melalui refleksi dan perenungan diri pribadi merumuskan potret diri sendiri.

Kesimpulan
        Kita harus bisa mengetahui apapun potensi, kebutuhan, keinginan diri kita. Agar kita tahu tujuan hidup apa yang ingin kita capai saat ini bahkan di masa yang akan datang. Tak lupa, kita juga harus di sertai dengan tindakan nyata. Percuma saja jika kita punya kemampuan tapi tidak di kembangkan, karena yang tahu diri kita seperti apa itu hanya diri kita sendiri bukan orang lain.

Daftar pustaka 
https://oktaviantz.wordpress.com/2013/08/15/mengenalmenerimadan-mengembangkan-diri-sendiri/ (diakses 31 Agustus 2017)
https://dykaandrian.blogspot.com/2014/10/materi-pengenalan-diri (diakses 31 Agustus 2017)
https://gunadibenardo.wordpress.com/pengenalan-diri-sendiri/ (diakses 31 Agustus 2017)
http://d2vonline.blogspot.co.id/2012/03/manfaat-dan-tujuan-mengenal-diri.html (diakses 31 Agustus 2017)
http://www.psikoma.com/pentingnya-mengenali-diri-sendiri/amp/ (diakses 1 September 2017),

2 komentar: