Rabu, 06 September 2017

INDAHNYA KEJUJURAN



Indahnya Kejujuran…
@D25-Bendy
Oleh Bendy Emeraldi Alvaro
 




Menurut Bendy (2017) , Jujur adalah suatu sifat seseorang yang menyatakan sesuatu apa adanya dan tidak ditambahkan atau dikurangkan. Sifat jujur ini harus dimiliki setiap manusia,karna jujur adalah cerminan sikap kita. Kejujuran dapat menjadi bekal untuk kita agar dapat dipercaya oleh orang lain. Dengan kita memiliki sifat jujur kita akan senantiasa takut untuk melakukan hal negative seperti berbuat curang.

Saya ingin berbagi pengalaman, jadi waktu itu saya sedang melaksanakan ulangan harian tepatnya pelajaran matematika. Mungkin karna soalnya susah beberapa teman saya saling mencontek. Karna saya tahu mencontek itu tidak baik jadi saya berusaha mengerjakan soal itu sendiri. Alhasil pada saat pembagian nilai ulangan nilai saya lebih besar daripada mereka yang mencontek. Dari cerita saya mungkin teman teman dapat mengambil nilai positifnya bahwa jujur itu akan membawa banyak manfaat.

Beberapa manfaat bersikap jujur, antara lain:
-Orang jujur disayangi teman
-Orang jujur akan mudah dipercaya
-Orang jujur mudah mendapatkan pekerjaan
Sangat merugi apabila seseorang tidak bersikap jujur karna banyak sekali manfaatnya.

Adapun kerugian apabila kita tidak bersikap jujur:
-Menyebabkan keraguan kepada dan diantara manusia
-Terjerumusnya seseorang ke dalam salah satu tanda munafik
-Hilangnya kepercayaan

Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali kejujuran yang dapat kita lakukan seperti:
-Melaksanakan amanat seseorang
-Menyimpan rahasia seseorang
-Tidak menyontek ketika mendapat tugas dari sekolah.

Sungguh nikmat apabila kita jujur dalam berbagai hal. Sudahkan kita berbuat jujur saat ini kawan??

Daftar Pustaka:
- Wildan, L Jihad.2013.Dusta dan akibatnya. Problinggo. Dalam https://media-dakwahku7.blogspot.co.id/2013/02/dusta-dan-akibatnya.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar