Jumat, 08 September 2017

Pentingnya Jujur dizaman modern ini

Pentingnya jujur dizaman modern ini













@D18-Rifqi,@ProyekB02
Oleh Rifqi Baihaqi 
       
      Sebelum saya membahas tentang pentingnya jujur dizaman modern ini terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa yg dimaksud dengan jujur ?. jujur memliki banyak pengertian ada pengertian menurut bahasa , agama islam , istilah ,dll.
Pengertian jujur menurut Bahasa
      
       Dari segi bahasa, jujur dapat disebut juga sebagai antonim atau pun lawan kata bohong yang artinya adalah berkata tau pun memberi informasi yang tidak sesuai dengan kebenaran.
Pengertian jujur menurut istilah
      
      Sikap seseorang ketika berhadapan dengan sesuatu atau pun fenomena tertentu dan menceritakan kejadian tersebut tanpa ada perubahan/modifikasi sedikit pun atau benar-benar sesuai dengan realita yang terjadi.
     
       Sikap jujur merupakan apa yang keluar dari dalam hati nurani setiap manusia dan bukan merupakan apa yang keluar dari hasil pemikiran yang melibatkan otak dan hawa nafsu.

Pengertian jujur menurut islam
     
       Jujur berasal dari kata arab, yaitu As sidqu atau siddiq yang artinya benar, nyata atau berkata benar. Lawan katanya adalaha dusta atau dalam bahasa arab al kazibu.
Macam-macam jujur
1. Jujur dalam berbicara.
2. Jujur dalam niat dan kehendak.
3.  Jujur dalam berkeinginan dan dalam merealisasikan
4. Jujur dalam bertindak
5. Jujur dalam hal keagamaan
        
         Menurut saya, saya  sendiri masih kurang jujur dalam segala hal contoh nya saya masih suka berbohong kepada orang tua saya ketika minta uang jajan , suka pulang malam dengan alesan yg gajelas. Mulai sekarang saya akan berusaha untuk lebih baik lagi Karena berbohong merupakan tindakan yg tidak terpuji jangan dicontoh perilaku saya.

KESIMPULAN :
Dijama n yg modern ini kejujuran adalah suatu hal yg langka bahkan  bias dibilang hampir punah maka dari sekarang marilah ubah diri kita menjadi seseorang yg berpilaku jujur dalam segala hal karena kejujuran adalah hal yg sangat penting dalam kehidupan sehari hari .
“Biasakanlah untuk jujur, karena kejujuran itu menuntun kita pada kebaikan dan kebaikan itu menuntun kita pada keselamatan.” – Abdullah Gymnastiar


DAFTAR PUSTAKA :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar