Senin, 11 September 2017

Jujur Senjata Kehidupan


Jujur Senjata Kehidupan
 @D19-Ellyza, @ProyekB02
Oleh : Ellyza Anggraini

                Banyak orang mengatakan jujur merupakan keutamaan, jujur merupakan kunci hidup. Tapi pada kenyataanya, orang seakan hanya berbicara melalui mulut tidak dengan hati dan pikiran sehingga, apa yang dikatakannya tidak berarti dalam hidup hanya sebuah omong kosong belaka. Jujur menurut saya adalah perbuatan yang selaras dengan hati dan pikiran, bertujuan mulia dalam keadaan apapun, perbuatan yang tidak akan pernah diragukan untuk dilakukan bahkan dalam keadaan terdesak karna kemurniaan nya mencintai Tuhan. Banyak kepercayaan menjadi hancur ketika kita memilih untuk tidak jujur, banyak orang terjatuh karna tidak jujur, banyak pula orang yang secara tak sadar gagal menggapai kesuksesannya karna memilih tak jujur. Hal itu menunjukkan sulitnya untuk jujur, mengakibatkan banyak orang memilih menyembunyikan kebenaran daripada berkata yang sebenarnya.
Kita memang tidak tahu apa yang akan terjadi ketika kita memilih kejujuran dalam sebuah keadaan pelik, kadang kejujuran bahkan membawa kehancuran. Tapi ingatlah, Tuhan memiliki beribu alasan memperbaiki kehidupanmu jika engkau memilih-Nya diatas segala ribuan alasan untuk tidak. Jadikanlah kejujuran menjadi senjata tertajam dalam hidupmu agar kelak dirimu terjaga dari kebohongan.
“Aku menolak untuk menerima pandangan bahwa umat manusia begitu terikat dengan rasisme dan perang buta yang mengatakan bahwa cahaya perdamaian dan persahabatan tidak akan pernah jadi kenyataan… Aku percaya bahwa kejujuran dan cinta sejati akan membuahkan hasil.” – Martin Luther King
Bersikap jujur adalah keutamaan. Bersamanya ada ketenangan, ketentraman dan kebahagiaan. Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, "Kejujuran adalah ketenangan, sementara kebohongan adalah kegelisahan.” (HR. Turmudzi). (Akbar, 2013)
                Penerapan kejujuran dalam sehari-hari dapat dilakukan dari hal yang paling sederhana sampai hal yang paling kompleks sekalipun, contoh yang paling sederhana adalah berbohong dalam mengerjakan tugas, mengatakan bahwa membuatnya sendiri tetapi kebenaran menyatakan bahwa itu adalah hasil jerih payah temannya. Contoh yang paling kompleks adalah banyaknya mahasiswa yang membuat skripsi tidak berdasarkan ke aslian buatannya, skripsi yang ternyata hasil kerja orang lain.
Indahnya kejujuran dalam hidup membawa kita dalam kedamaian, keharmonisan, kerukunan antar satu sama lain. Terlepas dari apapun yang membawa kita dalam suatu kondisi sulit, pada akhirnya kejujuran akan membawa kedamaian. Seolah mutlak dikatakan oleh semua para ahli.
Manfaat kejujuran dalam hidup menurut Evhyhida yaitu:
1.    Perasaan enak dan hati tenang, jujur akan membuat pelakunya menjadi tenang karena ia tidak takut akan diketahui kebohongannya
2.   Mendapatkan keberkahan dalam usahanya
3.  Mendapat pahala seperti pahala orang syahid di jalan Allah SWT
4.  Selamat dari bahaya
5.  Dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya


DAFTAR PUSTAKA

1.       Akbar, Cholis. 2017. Jujur, Senjata Utama Selamat dari Neraka. https://www.hidayatullah.com/kajian/gaya-hidup-muslim/read/2013/12/02/7586/jujur-senjata-utama-selamat-dari-neraka.html

            2.   Evhyhida. Jujur Itu Indah. https://elhubeyyublog.wordpress.com/tag/manfaat-jujur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar