Kamis, 22 November 2018

MENGIKUTI PERUBAHAN


MENGIKUTI PERUBAHAN
            Dalam era globalisasi mengikuti perubahan menjadi salah satu faktor yang sudah dimaklumi. Di zaman sekarang ini dimana teknologi semakin canggih dan serba cepat, mengikuti perubahan  sangatlah penting agar tidak keterbelakangan atau gaptek (gagap teknologi).

            Indonesia merupakan negara dengan tinghkat populasi penduduk yang tinggi, akan sangat disayangkan jika masyarakatnya tidak mengikuti perubahan-perubahan yang ada. Setiap orang sudah semestinya mengikuti perubahan yang dirasa perlu, namu dalam mengikuti perubahan ini haruslah sudah di dasari dengan prinsip hidup yang telah diyakini. Melakukan perubahan tentu saja memiliki tujuan yang baik, seperti meningkatkan kualitas diri dengan merubah apa yang buruk menjadi lebih baik.
            Cara agar dapat menerima perubahan :
1. Terima perubahan
Perubahan ada di mana-mana. Untuk itu, terimalah perubahan tersebut. Mengapa? Karena perubahan di luar kendali Anda.
2. Buka pikiran Anda
Setelah menerima perubahan, buka pikiran Anda. Dengan pikiran terbuka, Anda akan:
1.      Mendapatkan pemikiran dan ide-ide baru
2.      Memperoleh peluang-peluang baru
3.      Memberi kesempatan pada diri sendiri untuk berubah
4.      Lebih menikmati hidup
3. Bersedia untuk belajar dan berpraktik
Perubahan biasanya membawa imu dan teknologi baru. Yakinkan diri Anda untuk besedia mempelajari ilmu dan teknologi baru tersebut. Bukan hanya itu, praktikkan apa yang Anda pelajari sehingga lebih berdaya guna. Ingat, orang yang praktik lebih baik daripada orang yang mengetahui. Dengan belajar dan berpraktik tersebut, kepercayaan diri Anda akan menguat dengan sendirinya.
4. Keluar dari zona nyaman
Orang yang menolak perubahan biasanya tidak mau keluar dari zona nyaman. Anda tidak harus seperti itu. Keluarlah dari zona nyaman dengan membuat tantangan baru.
5. Miliki tekad kuat
Perubahan itu tidak pandang bulu. Oleh karena itu, Anda harus memiliki tekad kuat untuk bertahan di perubahan tersbut. Cirinya, Anda tekun menyelesaikan pekerjaan atau mengatasi masalah. Dengan demikian, Anda terus bertindak sampai meraih sasaran Anda.

DAFTAR PUSTAKA
Yudiono, Herman. 2018. Tips Pengembangan Diri. Dalam https://www.tipspengembangandiri.com/adaptasi/
Anonym. 2018. Pengertian Perubahan. Dalamhttp://digilib.unila.ac.id/20984/15/BAB%20II.pdf 
Putri. R. A. 2010. Perlunya Penyesuaian Diri Dalam Kehidupan Manusia. Dalam https://shareppba.wordpress.com/2010/01/23/perlunya-penyesuaian-diri-dalam-kehidupan-manusia/ 




1 komentar:

  1. Your text let me have a feeling of purchasing items using Animal Crossing Bells. Simple, direct, effective. I hope you can share more.

    BalasHapus