Kamis, 29 November 2018

Kreativitas dalam Perubahan Hidup

dibuat oleh : Musela Carentia (@K11-Musela)



Abstrak : kreativitas apa itu? Mungkin sesuatu yang baru, unik, hal yang tidak biasa, atau jauh dari apa yang kita bayangkan sebelumnya. Berpikir kreatif adalah mengubah focus atau menggeser sudut pandang kita.
Proses kreatifitas berarti kita harus melakukan evolusi ide baru atau dibangkitkan dari ide sebelumnya sintesis dua atau lebih ide yang ada digabungkan menjadi satu ide baru lagi. Revolusi  benar-benar membuat perubahan baru dengan pola yang belum pernah ada.

Ide adalah bagaimana seseorang dapat memunculkan pemikiran-pemikiran baru untuk tujuan tertentu yang didapat dari proses mencari, menganalisa atau mendapatkan begitu saja dari suatu kejadian yang menciptakan keinginan untuk "mengolah dan membentuk" image yang berbeda dan menghasilkan sebuah pemikiran baru. 
Namun kadang tidak mudah bagi seseorang mendapatkan ide cemerlang sehingga harus mencari atau membuat "pemicu" sehingga akan timbul ide itu. Ada beberapa cara bagaimana mengelola proses berfikir kreatif sehingga akan timbul ide-ide baru yang kita inginkan :
  1. Perhatikan sesuatu dengan detail.
Kita harus memperhatikan semuanya, seperti dari hal kecil dan detail, tetapi bias menjadi ide baru yang belum terpikirkan orang lain.
  1. Cari tahu sesuatu dari lingkungan yang baru.
Pergi ketempat yang berbeda dari lingkungan anda, bersiaplah dengan keingin tahuan yang besar pada diri anda, dan dpatkan lebih banyak sesuatu yang baru dan memberikan inspirasi bagi anda.
  1. Mencoba berpikir dengan cara berbeda.
Ketika banyak orang melakukan hal yang sama atau cara berpikir yang tidak berbeda, mengapa saya harus seperti itu?saya punya pemikiran lain dan saya punya kebenaran untuk melakukan hal yang saya mau. Ingat satu hal : "kesalahan pemikiran adalah sebuah perbedaan hasil, bukan kekacauan  yang ditimbulkan, tergantung bagaimana memberi arah kepada tujuan utamanya" jadi berbeda itu tantangan untuk menambahkan sesuatu menjadi lebih luas.
  1. Menggabungkan 2 atau beberapa unsur.
Ada beberapa unsur yang kita ketahui dan sudah bekerja, mengapa kita tidak mencari hal baru dengan menyatukan itu menjadi sebuah konsep baru.
Jika seseorang dapat berpikir dengan cerdas dan kreatif, maka orang tersebut akan mendapat hasil-hasil tertentu. Jika pikiran-pikirannya tidak menentu dan tidak diarahkannya kepada suatu tujuan tertentu, maka hasilnya pun akan mengecewakan. Kekuatan yang dimiliki oleh setiap manusia yang sering disebut dengan daya khayal, dan dengan daya khayal inilah manusia dapat mencapai kemauan yang tinggi dan kesanggupannya dalam menemukan segala hal.
 Daya khayal dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu daya khayal sintesis dan daya khayal kreatif. Jenis, bentuk dan motif apapun apakah inovasi itu sederhana atau radikal merupakan sebuah bentuk kesadaran. Sebagian besr inovsi muncul lewat analisis peluang yang sisteatis dan bertujuan. Dalam upaya mempertahankan identitas dan kelangsungan hidup inovasi itu emerlukan pengetahuan, kemurnian, keteguhan, dan kerja keras.
Kesimpulan
Banyak cara-cara untuk menimbulkan gagasan baru dalam karya anda. Ide kreatif adalah bagaimana memikirkan sesuatu yang baru yang diyakini belum dipikirkan orang lain, membiaakan selalu mencari hal-hal baru dalam kegiatan anda, itu semua dapat membuat anda menjadi seorang creator yang hebat.
Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar