Kamis, 29 November 2018

Berani Mengambil Resiko dengan Percaya Akan Kemampuan Diri

Oleh : Nia Wulandari (@K09-Nia)

Pembahasan
            Resiko dapat diartikan sebagai suatu ketidakpastian dimasa yang akan datang dan dapat diartikan juga sebagai suatu konsekuensi yang dapat memunculkan dampak yang belum pasti.
Sebelum mengambil sebuah resiko kita harus memperhitungkan matang-matang keputusan yang akan diambil. Pengambilan resiko erat kaitannya dengan kepercayaan diri. Semakin besar keyakinan pada kemampuan diri sendiri, semakin besar pula keyakinan dalam mempengaruhi hasil dan keputusan, serta semakin siap pula mencoba apa yang menurut orang lain penuh dengan resiko.

            Mengapa kita harus mengambil resiko dalam kehidupan ini? Jawabannya sudah pasti karena ada sesuatu yang ingin kita capai dan harus diperjuangkan dengan berbagai cara, dan alasan lain diantaranya :
1.     Mengambil Resiko Berarti Mengeksplor Kemampuan Diri
Berani mengambil resiko mengajarkan banyak sekali pelajaran tentang diri kita sendiri. Semakin nyaman kita dengan menjelajahi kemampuan baru dalam diri, akan membuat kita mengeksplor kemampuan yang ada dalam diri kita.
2.     Mengambil Resiko Berarti Memberikan Kesempatan Diri untuk Berkembang
Selain mengeksplor kemampuan diri, sikap berani mengambil resiko juga memberikan kesempatan kita untuk mengembangkan diri kita sendiri, karena kualitas diri kita ditentukan dari seberapa besar resiko yang berani kita ambil, semakin besar dan berat resiko yang kita ambil maka semakin berkualitas diri kita, dan sebaliknya.
3.     Mengambil Resiko Berarti Menciptakan Perubahan
Sangat menyenangkan apabila kita terus berada dalam zona nyaman diri kita sendiri, tetapi jika kita tidak ingin di titik itu saja dan melangkah maju, kita harus berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman kita, semakin besar resiko yang kita ambil, semakin besar pula perubahan yang kita ciptakan.
Akan tetapi ada saja hambatan yang datang pada saat kita berada dalam proses tersebut, diantaranya :
1.     Sedang Berada di Zona Nyaman yang Tidak Ingin Kita Tinggalkan
2.     Rasa Takut Gagal
3.     Tidak Ada Dukungan dari Orang Sekitar
Beberapa langkah untuk berani mengambil resiko, diantaranya :
1.     Percaya Akan Kemampuan Diri yang Kita Miliki
2.     Percaya Akan Peluang
3.     Memiliki Keinginan yang Kuat

Kesimpulan
            Di dalam kehidupan ini, kita selalu dihadapkan oleh banyak resiko. Apapun cita-cita atau impian kita, kita harus siap akan berbagai resikonya. Karena, ada seorang pepatah berkata “Dia yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan mencapai apa-apa dalam kehidupan”. Yuk, berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman demi meraih impian kita!

Daftar Pustaka
· Jonar, Artha Nugraha. 2017. Berani Mengambil Resiko. Dalam https://www.arthanugraha.com/berani-mengambil-resiko/ (Diakses pada 28 November 2018)
· Kadir, Syamsudin. 2012. Dalam https://akarsejarah.wordpress.com/2012/07/30/berani-mengambil-risiko/ (Diakses pada 28 November 2018)
·     Anonim. 2018. 5 Alasan Anda Harus Berani Mengambil Resiko. Dalam https://catatanmini.com/5-alasan-anda-harus-berani-mengambil-risiko/ (Diakses pada 28 November 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar