Kamis, 29 November 2018

Menjadi sukses dengan mengambil resiko




OLEH: LU'LU ILMAKNUN
Menjadi sukses dengan berani mengambil resiko
Abstrak
Bagaimana untuk menjadi sukses? Untuk menjadi sukses tentunya harus berani untuk mengambil resiko. Para pemimpin bisnis mengatakan bahwa resiko adalah bagian penting untuk melangkah maju di zaman sekarang. Banyak dari kita takut untuk keluar dari zona aman saat ini, tetapi jika kita berani untuk keluar dari zona aman, kita akan mendapat benefit yang lebih besar dari zona aman kita saat ini. Artikel berikut akan membahas tentang pengambilan resiko dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: resiko, sukses

Teori
            Resiko adalah bahaya, akibat, konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang. Manfaat yang bisa didapat dari mengambil lebih banyak resiko:
1.      Resiko menciptakan perubahan.
2.      Resiko membuat anda lebih hidup.
3.      Resiko menciptakan standar hidup yang lebih tinggi.
4.      Resiko sebagai jembatan untuk mengenal diri lebih dalam.
5.      Resiko mengajarkan anda tentang proses.
Dalam kasus mudhorobah (bagi-hasil) misalnya, jika pelaku usaha rugi karena gagal usaha, maka si pemodal pun harus menanggung kerugian. Karena jika si pemodal mendapat keuntungan ketika usaha mendapatkan profit, maka ketika mendapat rugi pun demikian, harus berani memikul resiko. Dalam kaedah fiqih disebutkan, “keuntungan adalah imbalan atas kesiapan menanggung kerugian”.
Budaya start-up yaitu “lakukan hal besar atau mundur saja” telah menumbuhkan mentalitas yang mengatakan bahwa hanya mereka yang mau mengambil resiko besar dapat menuai hasil besar. Mereka yang tidak berani mengambil resiko berada si jalan menuju “jaminan kegagalan”, menurut pendiri facebook, mark zuckerberg.
Dari penjelasan di atas, mengenai pengambilan resiko pada dasarnya merupakan nilai utama dari kewirausahaan. Untuk menjadi seorang wirausaha harus berani mengambil sebuah resiko demi mencapai sebuah kesuksesan dan mempunyai jiwa pantang  menyerah tanpa berhenti untuk selalu mencoba. Seorang wirausaha selalu berani untuk mengambil sebuah resiko yang dikatakan tidak terlalu tinggi atau tidak terlalu rendah dengan didukung sebuah komitmen yang kuat yang mendorong seorang wirausaha untuk selalu mencari peluang demi meraih sebuah kesuksesan. Tetapi pengambilan ini dilakukan dengan perhitungan yang tepat dan realistis tanpa mengada-ada  atau sekedar mengkhayal saja.
KESIMPULAN
Dari artikel di atas dapat disimpulkan, jika kita ingin menjadi sukses kita harus berani mengambil resiko apapun hasilnya. Telah terbukti banyak wirausaha muda yang sukses karena berhasil mengambil resiko walau mereka harus jatuh bangun dalam mendapatkan kesuksesan itu. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya tetapi jadikanlah kegagalan sebagai awal menuju kesuksesan.
DAFTAR PUSTAKA
·         https://www.bbc.com/indonesia/vert-cap-40329998 (diakses 28 November 2018)
·         http://aquariuslearning.co.id/5-manfaat-mengambil-risiko-lebih-banyak/ (diakses 28 November 2018)
·         https://id.wikipedia.org/wiki/Risiko (diakses 29 November 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar