Kamis, 29 November 2018

Perubahan adalah sebuah " KEHARUSAN "


ABSTRAK :
Perubahan adalah sebuah keharusan, karena perubahan adalah esensi dari kemajuan. Perubahan sering kali menjadi suatu hal yang mudah diucapkan dalam hal-hal yang bersifat teoritis, namun sulit dalam implementasinya. Perubahan bisa terjadi dalam banyak hal, salah satunya adalah perubahan pada diri sendiri. Dari yang awalnya tidak tahu menjadi tahu, dari yang awalnya tidak bisa menjadi bisa itu merupakan sebuah perubahan yang mengarah ke positif, sedangkan ada juga beberapa perubahan yang mengarah ke negatif. 


“Perubahan” dan “berubah” merupakan dua kata yang tidak dapat dipisahkan, sering kali bergandengan seperti perangko dan amplopnya. Dimana ada perubahan, pasti ada yang berubah. Seperti kehidupan, selalu ada yang namanya perubahan, tidak pernah tetap dan terus bergerak. Layaknya air di samudra, terkadang bergerak bersama-sama membuat sebuah ombak menjauhi lautan lepas, ada kalanya terombang ambing ditengah lautan diterpa angin badai dari segala arah. (Satwika, 2018)

CARA BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK

1. Perubahan dimulai dari diri sendiri
Tidak seorang pun yang dapat mengubah Anda kecuali diri Anda sendiri. Perubahan dapat mulai terjadi jika ada niat untuk berubah. Niat harus ada dari dalam diri Anda sendiri. Miliki keinginan untuk memperbaiki diri. Sadari jika perubahan akan membawa dampak positif dalam kehidupan Anda.

2. Biasakan mengulangi kalimat positif setiap hari
Misalnya, Anda adalah orang yang cepat marah dan sering melontarkan kata-kata yang menyakitkan hati orang lain. Untuk itu, coba biasakan menggunakan afirmasi positif seperti: ”Saya harus sabar dan menjaga perkataan saya. Saya bisa berubah.” Semakin sering Anda mengulangi kalimat positif, kalimat itu semakin terekam dalam otak Anda. Sehingga Anda lebih mampu menahan diri saat sedang emosi.

3. Mulai kebiasaan baik dari hal kecil
Perubahan tidak cukup hanya sekadar dalam pikiran dan perkataan. Cara berubah menjadi lebih baik harus disertai perbuatan. Sebelum Anda mengubah hal-hal besar, mulailah dengan melakukan kebiasaan baik dari hal-hal kecil.

4. Perhatikan keadaan orang lain
Jika Anda ingin berubah menjadi lebih baik, Anda tidak bisa hanya memikirkan diri Anda sendiri. Banyak orang melupakan hal ini dan menjadi egois. Jangan terlena dengan mengejar kesuksesan, sehingga melupakan kebutuhan orang sekitar.

5. Selalu belajar dari pengalaman  
Belajarlah dari pengalaman di masa lalu. Bukan untuk menyesali dan meratapi tanpa henti, melainkan untuk dijadikan pengalaman berharga dalam rangka mengevaluasi diri Anda. Untuk itu, selalu miliki waktu untuk introspeksi, sehingga Anda tahu apa saja yang sudah berubah dan belum berubah dari diri Anda. (Andry) 




MANFAAT PERUBAHAN 

1.Mampu menyesuaikan diri dengan situasi. Sehingga mudah berbaur dengan orang banyak sekalipun dalam tekanan.
2. Membawa damai.
3. Menguntungkan semua pihak.
4. Menyelesaikan persoalan/ masalah sosial.
5. Menyembuhkan fisik yang lemah (sakit).
6. Membuat orang lain bahagia.
7. Mensejahterakan secara ekonomi.
8. Pada dasarnya, minat dan semangat untuk mengubah diri akan membawa perkembangan dan kemajuan bagi setiap orang yang melakukannya.

PENYEBAB SESEORANG TIDAK MAU MENGUBAH DIRINYA


Akibat keterbatasan wawasan dan ilmu pengetahuan membuat seseorang tidak bisa berubah atau sekalipun bisa tapi lambat dalam melaksanakannya. Atau lebih sering menganggap bahwa dirinya sudah merasa nyaman dengan diri sendiri. Perasaan ini mungkin berhubungan erat dengan keyakinan seseorang yang sudah merasa berdiri di pihak yang benar. Ada juga karena mempunyai sikap sentimen/tidak senang kepada yang membawa pesan pembaharuan.



DAFTAR PUSTAKA

Dandy, Gede. 2016. Bagaimana cara melakukan perubahan yang lebih baik dalam diri secara terus-menerus? Dalam https://www.dictio.id/t/bagaimana-cara-melakukan-perubahan-yang-lebih-baik-dalam-diri-secara-terus-menerus/1335
Ganendra, Satwika. 2018. Perubahan Itu Pasti, Namun Berubah Itu Sebuah Pilihan. Dalam https://www.linkedin.com/pulse/perubahan-itu-pasti-namun-berubah-sebuah-pilihan-m-helvi-sukadis
Andry, Tri. 6 Cara Berubah Menjadi Lebih Baik Dalam Bisnis dan Kehidupan. Dalam http://entrepreneurcamp.id/cara-berubah-menjadi-lebih-baik/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar