Selasa, 12 Desember 2017

Tusuklah Semangat ke Hatimu

Tusuklah Semangat ke Hatimu
@D30-Rafli
Oleh:Rafli Jabar Ainuna Azidan



 






Pernahkah tiba-tiba anda kehilangan semangat..? Misalnya kehilangan semangat kerja, semangat bergaul, bahkan semangat hidup. Kalau tiba-tiba anda mengalaminya, jangan biarkan berlarut-larut. Karena selama anda membiarkan diri dalam keadaan tak bersemangat, maka anda telah kehilangan banyak kesempatan berharga dalam hidup anda.
Apalagi jika selama ini anda dikenal sebagai pekerja yang produktif, seberapa banyak kerugian anda dan perusahaan jika anda kehilangan semangat kerja?
So, anda yang sedang 'down', bangkitkan semangat anda dengan melakukan hal-hal berikut:
- Ingatlah kembali saat anda mengalami kesuksesan
Penelitian membuktikan bahwa semangat seseorang yang mengendor seketika dapat bangkit kembali saat mengingat keberhasilan yang pernah dialaminya. Karena dengan mengingat saat-saat yang menyenangkan seperti mengingat 'keberhasilan' dapat memicu kelenjar adrenalin bekerja lebih aktif sehingga merangsang semangat, kreativitas dan kepercayaan diri.
- Bicara dengan sahabat
Saat semangat anda 'down' temuilah sahabat terbaik anda. Bicarakan hal-hal yang menyenangkan dalam hidup anda bersama sahabat. Obrolan ringan dan santai yang anda lakukan dengan sahabat akan menyegarkan kembali pikiran anda. Kemudian bicarakan masalah anda dengannya, siapa tahu sebagai sahabat ia punya solusi jitu untuk mengatasi masalah anda.
- Ganti penampilan
Saat anda merasa lesu dan kehilangan gairah, coba deh ubah penampilan anda menjadi sedikit lebih berani. Misalnya jika selama ini rambut anda dibiarkan panjang terurai, cobalah sesekali memangkasnya menjadi lebih pendek. Atau jika penampilan anda selama ini selalu 'tomboy' gantilah penampilan anda menjadi lebih feminim. Kenakan sepatu bertumit tinggi dan rok panjang dengan belahan sampai lutut. Perubahan baru yang anda lakukan konon dapat mengaliri energi baru yang akan membangkitkan semangat anda.
- Lakukan hobi
Saat sedang suntuk dan semangat mengendor, bunuh kelesuan anda dengan melakukan hobi. Misalnya menyanyi, bermain gitar, atau berkebun. Biasanya setelah puas melakukan hobi, semangat anda akan menyala kembali.

-          Buang segala beban. Nyantai aja dulu. Recharge yourself. Ada waktunya bekerja   giat kembali, bekerja keras, peras otak & keringat. Saat anda letih, istirahatlah dulu. Tenang & senangkan pikiran anda.
-          Relax dg lagu instrument atau suara alam, lagu2 tenang & sentimentil.
-          Minum kopi atau teh hangat
-          Ingatlah kebaikan Tuhan seumur hidupmu. Ketika engkau kecil, anak, remaja, kuliah, kerja, dewasa, & kebaikan Tuhan bulan kemarin.
-          Kelilingilah dirimu dg orang2 yg bersemangat, dg org2 yg mengasihimu, menyayangimu, menerima kamu apa adanya, & dapat memberi dorongan semangat baik langsung maupun tak langsung.
-          Milikilah harapan yg baru & mimpi yg baru. Itu akan menyegarkan hidupmu. Rencanakan masa depan yg baru. Think positive only!
-          Ciptakan suasana baru. Geser meja, lemari, tempat tidur, ubah tata letak, tambahkan hiasan/bunga. Menata hiasan dinding. Mengecat rumah. Mengurus taman rumah.
-          Bercengkerama dg sahabat. Ngobrol apa saja J
-          Nikmati keberhasilan-keberhasilan kecil: menyusun file, menyelesaikan 2-3 pekerjaan kecil, membuat telur mata sapi, membuat sendiri jus avocado+ bubuk coklat, membuat es kacang ijo susu, dll.
-          Lakukan hal2 kecil yg menyenangkan: Makan rujak, gado-gado, Pijat, Relaksasi, Pergi ke gunung, danau, atau laut.
-          Tolonglah sesama. Bermurah hatilah. Berikan apa yg dapat kamu berikan. Beramal. Memberi lebih banyak daripada menerima.
-          Berdoa & menyerahkan semua pada Tuhan.
Jadi, apapun alasannya, jangan biarkan semangat hidup anda mengendor apalagi sampai menghilang. Lakukan upaya untuk mengembalikan semangat dan gairah anda. Dengan semangat, hidup anda akan lebih berwarna dan bergairah. Anda pun akan akan lebih siap menyongsong masa depan yang cerah..!
Daftar Pustaka:
                                i.            Asvi.Erlangga, 2015, Cara Membangkitkan Semangat Hidup, Dalam http://solusisupersukses.com/cara-membangkitkan-semangat-hidup/
                              ii.            Ulwia.Rina, 2016, Pertimbangkan Dua Hal Ini Untuk Membangkitkan Semangat Hidup Anda, Dalam http://aquariuslearning.co.id/membangkitkan-semangat-hidup/
                            iii.            Wisdom.Daily, 2016, Mengembalikan Semangat Yang Hilang, Dalam http://wisdom-daily.blogspot.co.id/2012/11/mengembalikan-semangat-yang-hilang.html
                            iv.            Efendi.Deva, 2014, Mengatasi Kehilangan Semangat Hidup, Dalam http://defaefendi.blogspot.co.id/2014/08/mengatasi-kehilangan-semangat-hidup.html

                              v.            Riyanto.Agus, 2009, Membangkitkan Semangat Hidup, Dalam https://agusriyanto.wordpress.com/2009/05/11/membangkitkan-semangat-hidup/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar