Senin, 25 Desember 2017

Pengaruh Sikap Proaktif terhadap Sikap dan Tingkah laku

Pengaruh  Sikap Proaktif  terhadap Skap dan Tingkah laku
Oleh: Lucia Debby Gracella Sihombing
@E07-Lucia, @ProyekA14


        1.      Pengertian Proaktif
Beberapa pengertian proaktif :
Proaktif adalah sikap untuk betanggung jawab atas hidup diri kita sendiri. Hidup yang kita jalani berasal Dari berbagai macam keputusan yang kita buat dan kita sebagai manusia juga punya tanggung jawab dan berbagai inisiatif untuk membuat segalanya terjadi.                        (Stephen R.Covey: 1997)
Proaktif adalah suatu keyakinan bahwa penyebab sumber tingkah laku berasal dari dalam diri manusia itu sendiri. (E. Koswara: 1986).
Proaktif dapat juga diartikan sebagai sikap tang terlalu aktif, sangat aktif dalam menjalankan suatu kegiatan dalma sebuah peristiwa.
2.      Apa Manfaat Menjadi Proaktif ?
Manfaat proaktif dapat membuat diri kita lebih percaya diri bahwa kita bias melakukan apa yang kita harapkan dengan segala rencana kita tetapi selalu dalalm naungan nilai-nilai norma yang ada. Menjadi seorang yang proaktif bukannya malah menghabiskan waktu mejnjadi orang yang bertindak terlalu aktif tanpa bertanggung jawab, justru harus melakuka hal sebaliknya yaitu bertanggung jawab.
3.      Ciri-Ciri Orang Yang Proaktif
Beberapa ciri-ciri orag yang mempunyai sikap proaktif:
·         Inisiatif: gerak sadar diri sendiri ang sudah ada dalam diri dimana selalu duluan memberi sebelum diminta, segera mengajukan diri tanpa paksaan dengan sebuah komitmen dan pendirian yang ada dalam diri.
·         Bertanggung jawab: berani bertindak terhadapa apa yang telah dilakukan eklipun risikonya tinggi tetapi itulah dampak dari keputusan yang diambil.
·         Solutif: memberikan solusi terhadap suatu masalah yang dihadapi. Muncul dengan ide dan saran yang memberi jalan keluar.
·         Positif:berpikir dan bertindak secara positif, selalu melihat dari sudut pandang yang positif sehingga segala orientasi rencananya berjalan dengan suasana yang baik.
4.      Mengapa Penting Bersikap da Berpikir Proaktif?
Karena dengan kita berpikir secara proaktif , kita memiliki kompetensi yang lebih daripada orang lain . Sehingga untuk memenangkan persaingan tersebut kita memerlukan sikap proaktif ini. Kita perlu cepat dalam membuat suatu keputusan dan kita juga harus aktif melihat kondisi yang terjadi agar sesuatu bisa lebih dimanfaatkan dengan baik Kita bisa melihat contoh tokoh yang memiliki cara berfikir proaktif yaitu Carlos slim helu.
Carlos slim helu, merupakan orang terkaya didunia yang bisa mengalahkan kekayaan bill gates dan warren buffet. Ia seorang pengusaha asal meksiko yang lahir dari arab. Kekayaannya berasal dari hasrat orang- orang yang ingin berkomunikasi. Dia mendirikan usaha telekomunikasinya yaitu Telefonos de Mexico (Telmex). Dia dikenal sebagai orang nomor satu yang mempengaruhi industri telekomunikasi di Meksiko. Bukannya dia tidak pernah mengalami kegagalan dalam bisnisnya, Ia pernah membeli sebuah perusahaan yang bangkrut, namun ia berpikir kedepan dan berpikir secara proaktif, sehingga segala bisnisnya selalu ia pikirkan dengan baik. Ia selalu memikirkan hal- hal yang didepannya yang mungkin akan menjadi pengaruh buruk bagi perusahaan-perusahaannya dan memikirkan bagaimana soolusinya, sehingga perusahaan yang ia dirikan masih bisa berdiri sampai sekarang.
5.      Daftar pustaka
Hasanudin. 2015. Menjadi Proaktif. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/kanghasan/menjadi-proaktif_56079b3af67a616f05afa2ae. Diunduh 27 September 2015.
Ahmad, Muhtar. 2014. Proaktif dan Perubahan. Kompasiana. Dalam https://www.kompasiana.com/muhtarahmad/proaktif-dan-perubahan-ah-salah-saya_54f3bae7745513a22b6c7ceb. Diunduh 30 November 2014.
Oktavita, Frida. 2014. Pengaruh Kepribadian Proaktif terhadap Kinerja Belajar pada Mahasiswa Akuntansi dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Dalam http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=189242. Diunduh 18 Maret 2014.
Atamimi, Nuryati. 2016. Keterampilan Psikologis Model Bk Proaktif Untuk Mengembangkan Karakter Dan Kepribadian Guru SD Yang Humanis. Dalam http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=416562. Diunduh 20 April 2016.
Anonim. KBBI. Diakses pada 26 Desember 2017. Dalam https://kbbi.web.id/proaktif.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar