Definisi Kerjasama
Kerjasama ialah sebuah pekerjaan yang
dilakukan oleh dua orang atau juga lebih agar bisa mencapai tujuan ataupun
target yang sebelumnya sudah direncanakan dan juga disepakati secara bersama.
Atau juga kerjasama bisa diartikan sebagai sebuah tindakan-tindakan di dalam
pekerjaan yang dilakukan oleh dua orang ataupun lebih agar bisa mencapai tujuan
serta demi keuntungan bersama.
Biasanya di dalam sebuah perusahaan atau juga
lembaga-lembaga kerjasama tim sudah menjadi sebuah kebutuhan agar dapat
mewujudkan keberhasilan di dalam mencapai tujuan. Kerjasama sebuah tim yang
akan menjadi sebuah dorongan sebagai energi ataupun motivasi bagi setiap
individu yang juga tergabung di dalam sebuah tim kerja. Jika sebuah kerjasama
tim bisa berjalan secara baik, maka sebuah kelancaran di dalam berkomunikasi
ataupun rasa bertanggung jawab kepada setiap individu yang ada di dalam sebuah
tim kerja akan dapat terbentuk.
Manfaat Kerjasama
Selain dari
penjelasan yang sudah diberikan ada juga sebuah manfaat yang didapatkan
dengan kerjasama, yaitu sebagai berikut :
- Mampu
mempererat ikatan kerjasama
- Dapat
menumbuhkan sebuah semangat persatuan
- Dalam
pekerjaan dapat lebih cepat selesai
- Dalam
pekerjaan menjadi lebih ringan
Macam-Macam Bentuk
Kerjasama
Selain
bagaimana cara untuk bisa membentuk kerjasama, tetapi ada juga
bentuk-bentuk dari kerjasama. yaitu sebagai berikut :
- Tawar menawar atau
Bargaining, yaitu membentuk
kerjasama tentang sebuah kesepakatan pertukaran produk atau juga jasa
antara dua orang atau juga lebih.
- Koalisi atau
Coalition, yaitu suatu gabungan
dari dua lembaga organisasi atau juga lebih yang mempunyai tujuan
yang sama, mereka bekerjasama supaya mencapai tujuan tersebut.
- Joint Venture,yaitu kerjasama suapay mengerjakan proyek-proyek
tertentu agar dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat
tercapai.
- Cooptation, yaitu suatu proses kerjasama penerimaan
dari berbagai unsur yang baru pada kepemimpinan sebuah organisasi, hal ini
dapat dijadikan sebuah cara suapaya menghindari terjadinya sebuah
kecurangan atau juga hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa terjadi.
- Atas dasar kerukunan, yaitu kerjasama yang didasari karena
sebuah kerukunan sesama manusia, biasanya sebuah kerjasama yang didasari
kerukunan tidak diharapkan imbalan atau juga upah.
Cara-Cara Untuk Membina
Kerjasama
Sebuah kerjasama dapat dilakukan jika cara
yang digunakan sudah tepat, untuk itu pembahasan yang selanjutnya ialah
membahas tentang cara membuat kerjasama yang akan di bahas berikut ini.
- Menentukan
Sebuah Tujuan
- Menyiapkan
profil
- Membuat
sebuah pesan yang positif
- Menghargai
setiap pendapat dan juga kebiasaan rekan kerja
- Selalu
fokus kepada kualitas
- Menawarkan
bantuan
- Menunjukan
antusiasme
Tips sukses membangun
kerjasama
1. Mulailah
dengan membuat visi dan misi bersama
Dalam bisnis apapun, penting bagi Anda dan mitra bisnis Anda untuk
menentukan visi dan misi usaha sebagai langkah pertama. Jika semua pikiran
tidak mengarah ke arah yang sama dengan cara yang sama, masalah pasti akan
timbul. Motif untuk masing-masing pasangan bisa berbeda, namun tujuan
keseluruhan dan metode tentunya harus sama.
2. Pastikan
kebutuhan dan harapan diungkapkan secara jelas
Setiap orang tentu memiliki alasan sendiri mengapa ia memerlukan mitra
bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Ada yang melaksanakan kerjasama usaha untuk
mendapatkan modal, terkadang untuk keahlian tertentu, atau juga memperluas
koneksi. Mungkin ini tidak selalu diungkapkan, namun ini merupakan alasan
penting yang mendasari kerjasama usaha tersebut. Jika tidak terpenuhi, hubungan
bisa menjadi renggang. Karena setiap keahlian, motivasi, dan kepribadian orang
berbeda-beda, maka penting untuk mendiskusikannya sebelum menjalankan komitmen
dengan kontrak. Karena kebutuhan dan harapan individu dapat berubah dari waktu
ke waktu, setiap perubahan rencana perlu untuk diungkapkan dan ditulis secara
rinci juga.
3. Identifikasi
dan manfaatkan kekuatan dari mitra
Mitra bisnis Anda bergabung karena berbagai alasan dan dengan berbagai
harapan, karena hal tersebut biasanya keahlian masing-masing individu malah terabaikan.
Pastikan Anda tidak mengabaikan keahlian masing-masing individu karena bisa
saja nantinya menimbulkan perbedaan besar perihal motivasi, komitmen bisnis
bahkan kesuksesan bisnis tersebut nantinya.
4. Melengkapi
kekurangan mitra
Dalam upaya menghemat keuangan perusahaan, Anda dan mitra bisnis Anda
tentunya harus memilah-milah hal yang perlu dan yang tidak diperlukan. Seiring
waktu, hal-hal tersebut benar-benar dapat menenggelamkan bisnis Anda sehingga
Anda harus segera mengetahui apa saja kekurangan Anda dan mitra Anda.
Kekurangan tersebut bisa saja terdapat pada strategi, pengembangan produk/jasa,
pemasaran dan penjualan, manajemen tim, manajemen keuangan dan administrasi, serta
operasional. Segera identifikasi kekurangan mitra bisnis Anda sehingga Anda
bisa segera mengantisipasi dengan merekrut tim yang tepat.
5. Tetapkan
tujuan individu dan perusahaan
Cara ideal bagi para mitra bisnis Anda untuk menentukan tujuan perusahaan
dapat dimulai dengan menentukan tujuan dari masing-masing individu yang
tentunya nanti akan menunjang tujuan perusahaan. Pastikan tujuan yang disusun
secara terstuktur dan mendukung ekspektasi terhadap bisnis tersebut.
6. Segera
tangani perselisihan, kekecewaan, dan frustasi
Di setiap kerjasama usaha,selisih paham dan perbedaan pendapat pasti
terjadi. Penanganan perselisiahan dalam kemitraan dengan efektif adalah kunci
untuk menjaga hubungan secara stabil dan menjaga kemitraan dengan baik. Jangan
biarkan perasaan benci tumbuh antara satu sama lain dari waktu ke waktu.
Buatlah aturan dimana masing-masing dapat melakukan pendekatan pada yang
lainnya ketika ada sesuatu yang perlu ditangani.
Daftar
Pustaka
Bobsusanto 2016. Pengertian Kerjasama Dan Manfaat Kerjasama
Terlengkap. Spengatahuan.com. dalam http://www.spengetahuan.com/2016/10/pengertian-kerjasama-dan-manfaat-kerjasama-terlengkap.html.
Diunduh 18 Oktober 2016.
Bitar 2016. Pengertian, Manfaat, Dan Bentuk Kerjasama
Beserta Contohnya Lengkap. Gurupendidikan.co.id. dalam http://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-manfaat-dan-bentuk-kerjasama-beserta-contohnya-lengkap/.
Diunduh 15 Desember 2016
Sribu 2014. 7 Tips Sukses Membangun Kerjasama Usaha dengan
Orang Lain. Blog.sribu.com. dalam http://blog.sribu.com/7-tips-sukses-membangun-kerjasama-usaha-dengan-orang-lain/.
Diunduh 17 Juli 2014
Tidak ada komentar:
Posting Komentar